Youth’s Favorite Activities During the Covid-19 Pandemic at SMA X Lampung Selatan

Authors

  • Fairuz Salsabila Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nurus Sa'adah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30983/humanisme.v5i2.4818

Keywords:

Teenagers, Favorite Activities, Pendemi Period,

Abstract

COVID-19 is not over yet. This long-lasting pandemic certainly impacts teenagers, including the intensity of the use of gadgets in adolescents to increase and trigger boredom to trigger stress in adolescents. To overcome this, the thing that teenagers do is do their favorite activities. In this study, the author explains teenagers' favorite activities in class XI IPA at SMA X South Lampung during the pandemic concerning the theory of symbolic interaction. This research uses descriptive qualitative with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The study's result shows that the dominant and favorite activity of teenagers during the COVID-19 pandemic is playing with their gadgets by browsing social media such as Instagram, Facebook, youtube, and others. There are other favorite activities, which are physical activities such as volleyball, soccer, and marathons in addiction, as well as activities that contain religious elements such as reading the Qur'an and reading Islamic novels. Thus, teenagers' favorite activities are essential and for teenagers so that they can develop their potential.

 

COVID-19 belum berakhir. Pandemi yang berlangsung lama ini tentu membawa dampak bagi remaja, di antaranya intensitas penggunaan gawai pada remaja menjadi meningkat dan memicu timbulnya rasa bosan hingga memicu terjadi stress pada remaja. Untuk mengatasi hal tersebut, hal yang dilakukan remaja yakni melakukan kegiatan favoritnya. Dalam penelitian ini penulis menjelaskan kegiatan favorit apakah yang dilakukan remaja kelas XI IPA 5 di SMA X Lampung Selatan pada masa pandemi dalam kaitannya dengan teori interaksi simbolik. Adapun metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang dominan dan menjadi favorit remaja pada masa pandemi COVID-19 ini ialah bermain dengan gawainya dengan menelusuri media sosial seperti instagram, facebook, youtube, dan lainnya. Di samping itu masih ada kegiatan favorit lain, yakni kegiatan fisik atau berolahraga seperti olahraga volly, sepak bola dan marathon. serta kegiatan yang mengandung unsur keagamaan seperti membaca Al-Qur’an dan membaca novel Islami. Dengan demikian, kegiatan favorit remaja merupakan hal yang penting dan bagi remaja sehingga mereka mampu mengembangkan potensi dirinya.

References

Journal ;

Ahmadi, D. Interaksi Simbolik : Suatu pengantar. Jurnal Komunikasi. Vol. 9, No. 2. 2008. h, 303.

Arifa, F,N. Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah dalam Masa Darurat Covid19. Kajian Singkat terhadap Isu Aktual dan Strategis. Vol. 12, No. 7. 2020. h, 15.

Astawa, I.N.T. ‘Perubahan Perilaku Remaja Hindu dalam Menjalankan Aktivitas Keagamaan di Kota Denpasar’, Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, Vol. 5 No.1 2018.

Aylie, N.S., Mekonen, M.A., Mekuria, R.M. The Psychology Impacts of COVID-19 Pandemic among Univercity Students in Bench-Sheko Zone, South-West Ethiopia: a Community-Based Cross-Sectional Study. Psychol. Res. BehaviorManaged. 13. 2020. 813-821.

Baber, H. Modeling the Acceptance of E-learning During the Pandemic of COVID-19- A Study of South korea. Journal of Management Education. Vol. 19, No. 2. 2021.

Banggur, M.D.V, Situmorang, R. & Rusmono. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 20, No. 2. 2018.

Basilaia, G. & Kavavadze, D. Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Journal of Pedagogical Research. Vol. 5, No. 4. 2020.

Batubara, B.M. The Problems of the World of Education in the Middle of the Covid-19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute-Journal. Vol. 4, No. 1. 2021.

Budiman, A. Aktivitas Olahraga Tradisional pada Kalangan Remaja di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Physical and Outdoor Education. Vol. 3, No. 1. 2021.

Budiyati, G,A. & Eka, O. Stres dan Resiliensi Remaja Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan. Vol. l, No. 2. 2020. h, 13.

Bujang, J.S. Sulastri. & Pradita, I.A. ‘Olahraga Volly Sebagai Sarana Mengurangi Game Online bagi Remaja di desa Jambat Akar Kabupaten Saluma’. Jurnal Dharma Pendidikan dan Keolahragaan, Vol. 1 No. 1. 2021.

Chaidirman, Indriastuti, D., & Narmi. Fenomena Kecanduan Penggunaan Gawai (Gedget) pada Kalangan Remaja Suku Bajo. Journal of Holistic Nursing and Health Science. Vol. 2, No. 2. 2019.

Clark, M. & Adams, D. The Self-identified Positive Attributes and Favorite activities of children on the autism spectrum. Elsevier. 2020.

Elanda, Y. The Construction of an Ideal Mother Amid the Covid-19 Pandemi : Gender Injustice Experienced by Career Women While Working From Home. Humanisma: Journal of Gender Studies. Vol. 5, No. 1. 2021.

Felita, P. dkk. Pemakaian Media Sosial dan Self Concept pada Remaja. Jurnal Ilimiah Psikologi MANASA. Vol. 5, No. 1. 2016. h, 32.

Goldschmidt. The COVID-19 Pandemic: Technology Use to Support the Welbeing of Chlidren. Journal of Pedriatic Nursing. 2020.

Haris, A. Asrinda, A. Makna dan Simbol dalam Proses Interaksi Sosial (Sebuah Tinjauan Komunikasi). Jurnal Risalah. Vol. 29, No. 1. 2018. h, 18.

Jasni. ‘Partisipasi Remaja Putri terhadap Aktivitas Nasyiatul Aisyiyah di Sunga Pinang Kecamatan Hulu Kuantan’. Jurnal Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. Vol. 4 No. 3. 2018.

Lee, A. Wuhan Novel Coronavirus (COVID-19): Why Global Control is Challenging?. Public Health. 179. A1-A2. 2020.

Lestari, P.A.S & Gunawan. The Impact of Covid-19 Pandemic on Learning Implementation of Primary and Secondary School Levels. Journal of Elementary and Childhood Eduction. Vol. 1, No. 2. 2020.

Makarova, E. A. Aggressive Behavior in Online Games and Cybervictimization of Teenagers and Adolescents. International Electronic Journal of Elementary Education. Vol. 12, No. 2. 2019.

Nurhasanah. Women Student Motivation in Learning Arabic Language During the Covid-19 Pandemic. Humanisma : Journal of Gender Studies. Vol. 5, No. 1. 2021.

Putra, R.S & Irwansyah, I. Media Komunikasi Digital, Efektif Namun Tidak Efisien, Studi Meida Richness Theory dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol. 1, No. 2. 2020.

Putra, Y,W. & Amalia, S,R. Indekx Massa Tubuh (IMT) Mempengaruhi Aktivitas Remaja Putri SMP Negeri 1 Sumberwangi. Jurnal Aiska-University. Vol. 16, No. 1. 2018. 107.

Putri, R.A. Lestari, P. Nilawati, I. ‘Gerakan Remaja Sehat dan Produktif (GERATIF) sebagai Upaya Preventif Perilaku Beresiko Remaja’, Indonesian Journal of Community Empowerment, Vol. 2 No. 1. 2020.

Rokhmawan, T. Dkk. Pengembangan Kegiatan Seni dan Budaya Islami Sebagai Bentuk Kegiatan Positif Remaja Pada Masa Pandemi diDesa Sumber Dawe Sari Kecamatan Greti Kabupaten Pasuruan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1, No. 2. 2020.

Rohr, S., Mullier, F., Jung, f., Apfelbacher, C., Seidler, A., Riedel-Heller, S.G. Psychosoziale Folgen von Quarantanemabnahmen bei schwerweigenden Coronavirus-Ausbruchen: ein Rapid Review. Psychiatr. Vol. 47, No.4. 2020.

S. Royant Parola, V. Londe, S. Trehout & S. Harley. (2018). ‘The Use of Social Media Modifies Teenagers’ Sleep-Related Behavior’. Elsevier. 44(1).

Saputra, D. Muh, A. & Ambo, U. Potret Sosial Remaja Masa Kini (Study pada Remaja Pengguna Smartphone di Kelurahan Kambu Kambu Kota Kediri). Jurnal Neo Societal. Vol. 3, No. 3. 2018. h, 550.

Siregar, N, S,S. Kajian Tentang Interaksionisme Simbolik. Jurnal Ilmu Sosial. Vol. 1, No. 2. 2016. h, 103.

Sultan,M. ‘Studi Paradigma Naratif Walter Fisher Pada Aktivitas

“Nongkrong†Di Kalangan Remaja Madya’. Jurnal Al-Khitabah. Vol. 3 No. 1. 2017.

Van Bavel, J.J., Baicker, K., Bogio, P.S., Capraro, V., Cichocka, A., Cikara, M., Crockett, M.J., Crum, A.J., Douglas, K.M., Druckman, J.N. Drury, J. Using Social and Behavioral Science to Supprot COVID-19 Pandemic Respons. Nat.Hum. Behavior. Vol. 4, No. 5. 2020. 460-471.

Wardhani, R,A. Euis, S. & Istiqlaliyah, M. Ancaman, Faktor Profektif, Aktivitas dan Resiliensi Remaja : Analisis Berdasarkan Tipologi Sosiodemografi. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. Vol. 10, No. 1. 2017. 49.

Yonandi, R. & Mochamad, N. Kecanduang Game Online (Profil Pecandu, Faktor Penyebab dan Penanganannya. Jurnal BK UNES. Vol. 11, No. 5. 2020. 766.

Books;

Ali, M. & Mohammad,A. (2014). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Elizabeth, Hurlock B. (1980). Psikologi Perkembangan Sebuah Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima. Erlangga.

Sanusi, A. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta Selatan: Selemba Empat.

Article;

Herlina,https://nasional.kontan.co.id/news/update-corona-indonesia-senin264-tambah-5944-kasus-hindari-kerumunan. Diakses pada tanggal 26 April 2021.

WH0,https://www.who.int/emergencies/disease/novel-coronavirus-2019.WHOCoronavirus(covid-19)Dashboard. Diakses pada tanggal 22 April 2021.

Interview

TN, (Siswa SMA X Lampung Selatan), Wawancara, { Kamis, 29 April 2021}

DA, (Siswa SMA X Lampung Selatan), Wawancara, { Kamis, 29 April 2021}

AF, (Siswa SMA X Lampung Selatan), Wawancara, { Kamis, 29 April 2021}

LA, (Siswa SMA X Lampung Selatan), Wawancara, { Kamis, 29 April 2021}

SY, (Siswa SMA X Lampung Selatan), Wawancara, { Kamis, 29 April 2021}

TO, (Siswa SMA X Lampung Selatan), Wawancara, { Kamis, 29 April 2021}

ZN, (Siswa SMA X Lampung Selatan), Wawancara, { Kamis, 29 April 2021}

IM, (Siswa SMA X Lampung Selatan), Wawancara, { Kamis, 29 April 2021}

AA, (Siswa SMA X Lampung Selatan), Wawancara, { Kamis, 29 April 2021}

NA, (Siswa SMA X Lampung Selatan), Wawancara, { Kamis, 29 April 2021}

Downloads

Submitted

2021-09-24

Accepted

2021-12-13

Published

2021-12-31