HASIL BELAJAR DAN SIKAP SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM MERINGKAS TEKS DENGAN MIND MAP

Authors

  • Deswalantri Deswalantri IAIN Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30983/jh.v2i1.245

Abstract

Hasil belajar antara siswa laki-laki dan perempuan dalam meringkas teks eksplanasi dengan mind map menunjukkan perbedaan. Rata-rata nilai perrempuan lebih tinggi daripada laki-laki. Hal yang sama terdapat pada penilaian sikap religius, jujur, dan santun. Namun, penilaian sikap tanggung jawab memperlihatkan hasil yang unik, keduanya mempunyai nilai yang sama.

References

Atkinson, Rita L, et al. 2010 .Pengantar Psikologi I. edisi VIII. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Arifin, Zaenal E. dan S. Amran Tasai. 2010. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressendo.

Aziz, R. 1999. “Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Penyesuaian Diri dengan Kecenderungan Berprilaku Delinkuen pada Remajaâ€, Tesis, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Handayani, C.S. & Novinato, A. 2004. “Kuasa Wanita Jawaâ€. LkiS.

Keraf, Gorys. 2001. Komposisi. Flores NTT: Nusa Indah.

Kurniasih, Beni dan Berlian Sani (2014). RPP yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Penrbit Kata Pena.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain PembelajaranBahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawitasari, J.E., &Kahn, M.W. 1985. Personality Differences and Sex Similarities in American and Indonesian Collage Students, The Journal of Social Psychology.

Riduwan, 2009. Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Umar, Nasaruddin, 1999. Argumen Kesetaraan Jender Perspektif Al-Qur'a.n Jakarta: Paramadina.

Widiasworo, Erwin. 2017. Study Smart: Rahasia Sukses Belajar dengan Mudah, Nyaman, Tanpa Stress, dan tetap Menyenangkan. Jakarta: PT Kompas Gramedia.

Widura. 2008. Mind Map: Langkah demi Langkah. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Nasaruddin Umar, Argumen Kesetaraan Jender Perspektif Al-Qur'an (Jakarta:Paramadina, 1999), h. 35

Downloads

Submitted

2017-05-24

Accepted

2018-12-17

Published

2018-12-30

Issue

Section

Articles