HASIL BELAJAR DAN SIKAP SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM MERINGKAS TEKS DENGAN MIND MAP
DOI:
https://doi.org/10.30983/jh.v2i1.245Abstract
Hasil belajar antara siswa laki-laki dan perempuan dalam meringkas teks eksplanasi dengan mind map menunjukkan perbedaan. Rata-rata nilai perrempuan lebih tinggi daripada laki-laki. Hal yang sama terdapat pada penilaian sikap religius, jujur, dan santun. Namun, penilaian sikap tanggung jawab memperlihatkan hasil yang unik, keduanya mempunyai nilai yang sama.References
Atkinson, Rita L, et al. 2010 .Pengantar Psikologi I. edisi VIII. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Arifin, Zaenal E. dan S. Amran Tasai. 2010. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressendo.
Aziz, R. 1999. “Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Penyesuaian Diri dengan Kecenderungan Berprilaku Delinkuen pada Remajaâ€, Tesis, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Handayani, C.S. & Novinato, A. 2004. “Kuasa Wanita Jawaâ€. LkiS.
Keraf, Gorys. 2001. Komposisi. Flores NTT: Nusa Indah.
Kurniasih, Beni dan Berlian Sani (2014). RPP yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Penrbit Kata Pena.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain PembelajaranBahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Prawitasari, J.E., &Kahn, M.W. 1985. Personality Differences and Sex Similarities in American and Indonesian Collage Students, The Journal of Social Psychology.
Riduwan, 2009. Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Umar, Nasaruddin, 1999. Argumen Kesetaraan Jender Perspektif Al-Qur'a.n Jakarta: Paramadina.
Widiasworo, Erwin. 2017. Study Smart: Rahasia Sukses Belajar dengan Mudah, Nyaman, Tanpa Stress, dan tetap Menyenangkan. Jakarta: PT Kompas Gramedia.
Widura. 2008. Mind Map: Langkah demi Langkah. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.
Nasaruddin Umar, Argumen Kesetaraan Jender Perspektif Al-Qur'an (Jakarta:Paramadina, 1999), h. 35
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).