GENDER BASED PERCEPTION ON UNDERSTANDING MATHEMATICS CONCEPT BY USING PBL
DOI:
https://doi.org/10.30983/humanisme.v3i1.1061Abstract
Bagi siswa, untuk memahmi suatu konsep dalam pembelajaran matematika bukanlah suatu hal yang mudah karena pemahaman terhadap suatu konsep matematika dilakukan secara individual dan tidak tebang pilih antara laki-laki dan perempuan (gender). Oleh karena tu, pembelajaran di kelas-kelas matematika harus dikelola dengan baik oleh guru. Pengelolan pembelajaran yang baik di kelas-kelas matematika, akan memantapkan siswa laki-laki ataupun siswa perempuan dalam memahami konsep-konsep matematika. Dengan demikian penerapkan pembelajaran yang tepat oleh guru, dapat memaksimalkan pemahaman konsep matematika siswa dan akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau berdasarkan gender setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: pemahaman konsep matematika empat orang siswa laki-laki berkriteria sangat baik, empat orang siswa berkriteria baik dan dua orang siswa berkriteria pemahaman konsep matematika cukup baik. Sedangkan pemahaman konsep matematika siswa perempuan adalah dua siswa mendapatkan kriteria sangat baik, lima orang siswaberkriteria baik dan lima orang berkriteria cukup baik. Dengan menggunakan uji – t  pada selang kepercayaan 95% diperoleh thitung = 1.770 dan ttabel = 1.72. Dengan demikian dapat disimpulkan konsep matematika siswa laki-laki lebih baik daripada siswa perempuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas VIII SMP.
Kata kunci: Pemahaman Konsep, Problem Based Learning, Gender
References
Anas Sudijono, 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Aulia Zulfa, Dkk. 2019. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Gamping. Prosiding Unnes.
Badan Standar Nasional Pendidikan, Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (Jakarta: BSNP, 2003)
Emzir, 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Erman Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA
Isnaniah, dan M. Imamuddin, Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Berdasarkan Gender, HUMANISMA: Journal of Gender Studies IAIN Bukittinggi, Vol. 1 , No. 2, Juli-Desember 2017
Julia Cleves Mosse, 2003. Gender dan Pembangunan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Mansour Fikih, 2008. Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Yogyakarta: INSISTPress
M. Imamuddin dan Isnaniah, 2018. Profil Kemampuan Spasial Mahasiswa Camper Dalam Merekonstruksi Irisan Prisma Ditinjau Dari Perbedaan Gender, MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran UIN Alauddin, Volume 6, No 1, June 2018
M. Imamuddin dan Isnaniah, 2018. Kemampuan Spasial Mahasiswa Calon Guru Matematika Berjenis Kelamin Perempuan Dalam Mengkonstruksi Irisan Prisma. Math Educa: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, UIN Imam Bonjol, 2 (1) (2018)
M. Imamuddin dan Isnaniah, 2017. Kemampuan Spasial Mahasiswa Laki-laki dan Perempuan dalam Menyelesaikan Masalah Geometri, HUMANISMA: Journal of Gender Studies IAIN Bukittinggi, Vol. 1 , No. 2, Juli-Desember 2017
M. Imamuddin, 2016. Implementasi Model Pencapaian Konsep Pada Pembelajaran Matematika. Prosiding Semnasdik prodi pendidikan Matematika. FKIP Universitas Madura
M. Taufiq Amir, 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
M. Thobroni, 2015. Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Mohamad Syarif S., 2015. Strategi Pembelajaran, Jakarta: RajaGrafindo Persada
Nila Kesumawati, 2008. Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika, Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang
Pipit Firmanti, 2017. Penalaran Siswa Laki-laki dan Perempuan dalam Proses Pembelajaran Matematika, HUMANISMA: Journal of Gender Studies IAIN Bukittinggi, Vol. 1 , No. 2, Juli-Desember 2017
Sri Wardani, 2008. Analisis SI Dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: Pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidikan dan tenaga kependidikan matematika
Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Tampubolon, S., 2014. penelitian tindakan kelas. Jakarta: erlangga
Wina Sanjaya, 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Yoeanto,N.H. 2002. Hubungan kemampuan memecahkan soal cerita matematika dengan tingkat kreativitas siswa sekolah menengah umum. Jurnal psikolongi pendidikan: 4, 2 , 2002, 63 - 72
Zubaidah Amir, Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Vol XII No.1, (2017)
Downloads
Additional Files
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).