PENGARUH PROMOSI DAN STRATEGI PENJUALAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA PAKAIAN TOKO JAYA MAKMUR PASAR AUR KOTA BUKITTINGGI MENURUT PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH

Authors

  • Ferdi Prayoga Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Andis Febrian Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/krigan.v2i1.8205

Keywords:

Promosi, Strategi Penjualan, Perkembangan Usaha, Promotion, Strategy Sales, Business Development

Abstract

Persaingan usaha dibidang fesyen sangat kompetitif, apalagi pada bidang pakaian. Para pelaku usaha bersaing dalam mempromosikan produk yang mereka jual dengan berbagai teknik atau cara yang digunakan untuk menarik hati para pelanggan yang mereka tuju. Promosi dan strategi yang efektif adalah kunci utama pelaku usaha untuk bisa terus bertahan di dalam persaingan pasar. Metode penelitian kuantitatif dapat digunakan untuk mebuktikan mengenai permasalahan di atas ditambah dengan sampel yang sudah mencukupi untuk mendapatkan hasil yang akurat. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kusioner. Data tersebut diuji menggunakan uji hipotesis klasik dan analisis regresi linear berganda. Yang dibahas di sini adalah seberapa besar pengaruh promosi dan strategi penjualan terhadap perkembangan usaha. Pengujian yang digunakan adalah melalui SPSS 26 hasilnya di dasarkan pada taraf signifikansi 5%. Penemuan menunjukkan bahwa, promosi memberikan pengaruh signifikan dan posotif terhadap perkembangan usaha. Dengan koefisien beta 0,284 dan pengaruh variable promosi dan strategi penjualan terhadap perkembangan usaha (R2) adalah 0,496 atau 49,6% dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih rendah dari alfa (0,05). Dapat ditarik kesimpulan promosi dan strategi penjualan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perkembangn usaha Toko Jaya Makmur Pasar Aur Kota bukittinggi.

 

Busines Competition in the fashion sector is very Competitive, especially in the clothing sector business actors compete in promoting the products they sell with various techniques or methods used to attract the hearts of the costumers they target. Effective promotions and strategies are the main keys for business actors to continue to survive in market competition. Quantitative research methods can be used to prove the above problems plus sufficient samples to obtain accurate results. The research data was collected through a questionnaire. The data was tasted using classic hypothesis testing and multiple linear regression analisis. What is discussed here is how much influence promotions and sales strategies have on business development.  The test used was through SPSS 26, the result were based on a significance level of 5% the findings showed that, promotion had asignificant and positive influence on business development. With a beta coefficient of 0.284, and the influence of promotion variables and sales strategies on business development (R2) was 0.496 or 49.6% with a significance level of 0.000 lower than alpha (0.05). it can be concluded that promotion and sals strategies have a positive and significant influence on the business development of Toko Jaya Makmur , Aur Market, Bukittinggi City.

References

Ali, K. and Bus, B. (no date) Pengantar bisnis.

Anindita, N. and Universi, F.E. dan B. (no date) ‘PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BISNIS GAWASTA (Studi Kasus Pada Toko Perhiasan Gawasta di Madiun)’.

Ariyadi (2018) ‘BISNIS DALAM ISLAM Business in Islam’, Bisnis Dalam Islam, 5(1), pp. 13–26.

Arizal. N, D.O. (2021) ‘PENERAPAN BISNIS BERDASARKAN SYARIAH ISLAM (TINJAUAN TEORITIS)’, 1(1), pp. 1–11.

Astuti, A.R.T. (2022) Etika Bisnis Islam. Parepare.

Barus, E.E. and Nuriani (2016) ‘IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA RUMAH MAKAN WONG SOLO MEDAN)’, 2(September), pp. 125–146.

Darmadi, D. (2013) ‘Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Penjualan’, Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), pp. 21–28.

Desiaty (2017) ‘Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Pt. Columbia Kotamobagu’, Jurnal Administrasi Bisnis UNSRAT [Preprint].

Didik Harjadi, D.F. (2015) Pengantar Bisnis (Teori&Konsep). Jakarta Selatan: UNIKU Press.

Erwin (2023) DIGITAL MARKETING (Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Estijayandono, K.D., Siradjuddin and Haddade, A.W. (2019) ‘ETIKA BISNIS JUAL BELI ONLINE DALAM PERSPEKTIF ISLAM’, 3(1).

Feky Reken, Basri Modding, R.D. (2024) ‘Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar’, 11(1), pp. 49–61.

Gumilang, R.R. (2019) ‘Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri’, 10(1), pp. 9–14.

Ihwanudin, N. et al. (2022) Etika Bisnis Islam Dalam Islam. Bandung.

Jainuddin, itriadi, S.W. (2022) ‘Etika Bisnis Pedagang Muslim Pasar Ijabah Kota Samarinda dalam Perspektif Islam’, 1(2), pp. 151–160.

Jean Siska, I.S. (no date) ‘Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada The Effect of Product Diversification on Purchasing Decisions at’, (113).

Karimuddin Abdullah, D. (2022) Metodologi penelitian kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

LMH, Faisal Ahmad, A.R.S. et al. (2021) ‘STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI’, 1(3), pp. 94–100.

Nugraha, P.P. (2023) ‘KEUNIKAN MODEL MARKETING DARI MULUT KE MULUT DALAM ERA DIGITAL’, 2(10), pp. 3160–3169.

Saragih, B. (2021) ‘Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Bastard Clothing’, JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 6(3), p. 8.

Siti Majidah, I. (2023) ‘Analisis Strategi Bauran Pemasaran 4P di Era 5 . 0 Berbasis Maqā ṣ id Syarīah’, Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 6(1), pp. 69–76.

Syafriani, D. et al. (2023) BUKU AJAR STATISTIK UJI BEDA UNTUK PENELITIAN PENDIDIKAN (CARA DAN PENGOLAHANNYA DENGAN SPSS). CV.EUREKA MEDIA AKSARA.

Syafruddin, I.A.S. (2022) METODE RISET PRAKTIS REGRESI BERGANDA MENGGUNAKAN SPSS. Palangkaraya.

Syilfi, Dwi Ispriyanti, D.S. (2012) ‘ANALISIS REGRESI LINIER PIECEWISE DUA SEGMEN’, 1(1).

Togodly, E. (2020) ‘Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica Di Kabupaten Jayawijaya’, Jurnal Administrasi Bisnis, 1(July), pp. 1–23.

Yanti, I. and Idayanti, D. (2022) ‘Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju’, Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), pp. 1–13.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles

Citation Check