IMPLEMENTASI PROGRAM SERTIFIKASI HALAL GRATIS (SEHATI) DALAM MENDORONG MINAT PELAKU UMKM INDONESIA MENGAJUKAN SERTIFIKASI HALAL


Authors :
(1) Irma Yuliani Mail (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia)

Abstract


Salah satu program strategis yang dikeluarkan pemerintah dalam rangka menumbuh-berdayakan UMKM di Indonesia pasca covid-19 adalah sertifikasi halal. Pada tahun 2022 Kementerian Agama bersama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) meluncurkan produk 10 Juta sertifikasi halal. Program sertifikasi halal ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing produk UMKM, baik di tingkat nasional maupun internasional. Penelitian ini merupakan studi eksploratif untuk menemukan faktor pendorong minat pelaku UMKM mengajukan sertifikasi halal khususnya bagi pelaku usaha di bawah dampingan LP3H UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Berdasarkan analisis piramida terbalik, penelitian ini menemukan bahwa faktor yang mempengaruhi minat pelaku UMKM mengajukan sertifikasi halal diantaranya: 1) faktor mandatory attributes, 2) faktor tingginya permintaan pasar akan sertifikasi halal,3)  faktor self branding, 4) pengaruh sosial, 5) halal awareness, dan 6) faktor paling sedikit adalah halal life style. Meski demikian, implementasi progam sertifikasi halal gratis (SEHATI) pada LP3H UIN Sunan Kalijaga sudah cukup berhasil. Hal ini didasarkan pada kemampuan LP3H UIN Sunan Kalijaga dalam mengelola sumberdaya yang ada sehingga mampu mengimplementasikan program dengan cukup efektif dan efisien. Fakta ini didasarkan pada kemampuan LP3H UIN Sunan Kalijaga dalam memfasilitasi pendamping P3H sehingga melahirkan pendamping dalam kuantitas banyak dan memiliki kapasitas yang memadai, selain itu, kesuksesan LP3H UIN Sunan Kalijaga juga dapat dibuktikan dari jumlah sertifikasi halal yang telah terbit pada pelaku usaha.

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/krigan.v1i2.7630

References

Agit, A., Putra, I., Putra, G. K., Prameswari, F. D., Hani, U., Pudjiastuti, A., Nugroho, M., Astuti, F. Y., Pratiwi, N. A., & Nuryakin, R. A. (2024). Pengantar Manajemen Usaha. PT Penamuda Media.

Ambali, A. R., & Bakar, A. N. (2014). People’s awareness on halal foods and products: potential issues for policy-makers. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 121, 3–25.

Amri, A. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 123–131.

BAPPENAS. (2015). Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah Indonesia. BAPPENAS.

Basyirah, L., Hapsara, O., & Hamidah, S. (2023). KONSEP BISNIS ISLAM. Mafy Media Literasi Indonesia.

Djatmiko, A., & Pudyastiwi, E. (2020). Obstacles And Challenges Of Indonesia’s Micro, Small And Medium Enterprises (UMKM) In Facing The Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(3), 117–123.

Harbit, A. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minar Pelaku Usaha Untuk Mengajukan Sertifikasi Halal Produk UMKM di Kota Balikpapan. Politeknik Negeri Jakarta.

Irawan, A. (2020). Challenges and opportunities for small and medium enterprises in eastern Indonesia in facing the Covid-19 pandemic and the new normal era. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 4(2), 79–89.

Khalek, A. A. (2014). Young consumers’ attitude towards halal food outlets and JAKIM’s halal certification in Malaysia. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 121, 26–34.

Khan, M. I., & Haleem, A. (2016). Understanding “halal” and “halal certification & accreditation system”-a brief review. Saudi Journal of Business and Management Studies, 1(1), 32–42.

Kusumastuti, R. D., & Rachmawati, R. (2017). Motives and challenges of small businesses for halal certification: the case of Indonesia. World Journal of Social Sciences, 7(1), 136–146.

Majid, M. A. A., Abidin, I. H. Z., Majid, H., & Chik, C. T. (2015). Issues of halal food implementation in Malaysia. Journal of Applied Environmental and Biological Sciences, 5(6), 50–56.

Mannan, M. A., & Nastangin, M. (1997). Teori dan praktek ekonomi Islam. Pt. Dana Bhakti Prima Yasa.

Mobarakeh, N. S. (2011). The relation between the organizational culture and creativity of managers and experts of Khuzestan physical education organization. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 3648–3650. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.350

Nasucha, A. F. (2022). Klik ptsp.halal.go.id Untuk Daftar Rekrutmen Pendamping PPH Kemenag, Dibuka hingga 31 Agustus 2022. https://www.tribunnews.com/nasional/2022/08/15/klik-ptsphalalgoid-untuk-daftar-rekrutmen-pendamping-pph-kemenag-dibuka-hingga-31-agustus-2022

Noordin, N., Noor, N. L. M., Hashim, M., & Samicho, Z. (2009). Value chain of Halal certification system: A case of the Malaysia Halal industry. European and Mediterranean Conference on Information Systems, 2008, 1–14.

ORGANISATION OF ISLAMIC COOPERATION. (2018). Strategic Roadmap for Development of Islamic Tourism in OIC Member Countries (Issue July).

Pramuji, S. (2022). BPJPH: Akselerasi 10 Juta Sertifikasi Halal Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional. https://www.kemenag.go.id/nasional/bpjph-akselerasi-10-juta-sertifikasi-halal-dukung-pemulihan-ekonomi-nasional-7tyclr

Rosihana, R. E., Simanjuntak, M., Wahyuni, S., Hidayat, F., Hastalona, D., Nainggolan, E., Januarty, W., Elmizan, G. H., Salmiah, S., & Mistriani, N. (2024). Pengantar Ekonomi. Yayasan Kita Menulis.

Rusydiana, A. S., & Firmansyah, I. (2018). Strategi pengembangan lembaga keuangan mikro syariah di Indonesia: pendekatan matriks IFAS EFAS. Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 46–74.

Setyaningsih, E. D., & Marwansyah, S. (2019). The effect of halal certification and halal awareness through interest in decisions on buying halal food products. Syiar Iqtishadi: Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 3(1), 65–79.

Standard, D. (2019). State of the global Islamic economy report 2019/20. Dubai International Financial Centre, 1–174.

Wannasupchue, W., Mohamad, S. F., Ishak, F. A. C., & Ungku Zainal Abidin, U. F. (2023). Challenges to obtain halal certification among restaurants in northeast Thailand. Journal of Islamic Marketing, 14(2), 607–621.

Widiastuti, T. (2020). Hambatan dan Strategi Pengembangan Industri Halal di Indonesia. UNAIR News.

Yuli, S. B. C., & Wojtyla, E. (2020). Challenges and strategies in developing human resources for the halal industry: Evidence from Indonesia. Journal of Innovation in Business and Economics, 4(02), 77–86.

Yuliani, I., & Khuwarazmi, A. (2022). Does Hijrah Trends Create a Different Decision on Behavior Consumption of Indonesian Muslims? Bulletin of Islamic Economics, 1(1), 9–23.

Yusuf, A. H., Shukor, S. A., & Bustamam, U. S. A. (2016). Halal certification vs business growth of food industry in Malaysia. Journal of Economics, Business and Management.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/krigan.v1i2.7630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________________________________________________________________
Academia.Edu

Krigan: Journal of Management and Sharia Business
e-ISSN : 3025-7603
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/
krigan
E : krigan.journal@uinbukittinggi@gmail.com
"View Krigan Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License