PROFIL PENDIDIK DALAM LINGKARAN TERMINOLOGI AYAT-AYAT ALQURA
DOI:
https://doi.org/10.30983/it.v1i2.474Keywords:
Profil Pendidik, Subjek Pendidik Ayat AlquranAbstract
Pendidik atau Guru menjadi komponen terpenting dalam sebuah sistem pendidikan karena guru ibarat menjadi jantung yang mengedarkan darah ke seluruh jaringan tubuh, begitu pula posisi guru yang menjadi sentral transformasi, internalisasi dan eksternalisasi nilai-nilai dan materi pendidikan dalam sebuah sistem pendidikan. Kajian tentang pendidik atau guru baik dalam ranah konseptual maupun ranah aktual selalu menarik dan penting dilakukan terutama oleh para ahli atau intelektual yang concern dengan pendidikan. Makalah ini disusun juga sebagai bagian dari upaya intelektual untuk menjelaskan konsep pendidik dalam perspektif Alquran. Beberapa sub pokok kajian yang akan penulis jelaskan antara lain: pengertian pendidik, subjek-subjek pendidik yang tertuang dalam Alquran berikut tafsir terhadap ayat-ayat yang membicarakan konsep pendidik tersebut, dan beberapa karakter ideal pendidik dalam konteks pendidikan Islam.References
Al-Abrasy, Muhammad Athiyah dalam al-Tarbiyah al-Islâmiyah wa Falâsifatuhâ, (Dar al-Fikr : tp. Tt)
Al- Baghdadi, Alauddin Ali ibn Muhammad ibn Ibrahim dalam tafsir al-Khâzin : Lubâb al-Ta`wîl fî Ma’ânî al-Tanzîl, Maktabah Syamilah
Al-Maraghi, Ahmad Musthafa Tafsir al-Maraghi, Maktabah Syamilah.
Al-Mawardi, Tafsir al-Mawardi dalam Maktabah Syamilah
Azra, Azyumardi Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1999
Az-Zamakhsyari dalam al-Kasysyâf ‘an Haqâ`iq Ghawâmid al-Tanzîl, Maktabah Syamilah, al-Tafâsîr
Gojali, Nanang Tafsir dan Hadits tentang Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia, 2013
Hermawan, A. Heris Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Dirjen Pendis Kemenag RI, 2012, cet. II
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta : RajaGrafindo Persada, 2005. Cet. Ke-1
Nata, Abuddin Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta : Gaya Media Pratama, 2005)
-------------------------, Paradigma Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Grasindo, 2001
Ramayulis, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta : Kalam Mulia, 2009)
Shihab, Quraish Tafsir al-Mishbah, (Jakarta : Lentera Hati, 2002), vol. 8
Terjemah Alquran Departemen Agama RI
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, (Bandung : Fokusmedia, 2009)
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).