The Library Development Based on Social Inclusion: SWOT Analysis and Socio-Religious Role


Authors :
(1) Moch Lukluil Maknun Mail (Kementerian Agama - Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang, Indonesia)
(2) Umi Muzayanah Mail (Kementerian Agama - Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang, Indonesia)
(3) Muhamad Khusnul Muna Mail (Kementerian Agama - Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang, Indonesia)
(4) Andjar Prasetyo Mail (Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang, Indonesia)
(5) Milta Eliza Mail (Perpustakaan Muda Bhakti, Indonesia)

Abstract


Rural libraries have an essential role in providing information services for rural communities. The heterogeneity of rural communities from social, economic, and religious aspects is the basis for the importance of social inclusion-based library services. This study uses qualitative methods to describe the implementation of an inclusion-based village Perpustakaan Muda Bhakti (Permubha) Ngablak Village, Srumbung District, Magelang Regency and its role in the social, economic, and religious life of the village community. Through a SWOT analysis, this study resulted in several research findings. First, three things become Permubha's strengths in providing services: information disclosure and access policies, communication in services, and circulation of library facilities. Second, Permubha's weakness is the unavailability of a computer-based library catalog. Third, the opportunities/opportunities that exist in Permubha are descriptive and normative officer ethics, responsibility in providing services, the role of citizen donations, and infrastructure. Fourth, Permubha has several challenges ahead in terms of service evaluation, increasing the competence and qualifications of officers, and increasing responsibilities. Fifth, in addition to library services, Permubha plays a role in social, economic, and religious activities through programs that can be participated in by the Ngablak Village community, such as the salak library program, Suluh Libraries, satellite reading, and commemoration of Islamic holidays.

 

Perpustakaan desa memiliki peran penting dalam memberikan layanan informasi bagi masyarakat desa. Heterogenitas masyarakat desa dari aspek sosial, ekonomi, dan agama menjadi dasar pentingnya layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyelenggaraan perpustakaan desa berbasis inklusi pada Perpustakaan Muda Bhakti, (Permubha) Desa Ngablak Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang serta perannya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan keagamaan masyarakat desa. Melalui analisis SWOT, penelitian ini menghasilkan beberapa temuan penelitian. Pertama, ada tiga hal yang menjadi kekuatan Permubha dalam memberikan layanan, yaitu keterbukaan informasi dan kebijakan akses, komunikasi dalam layanan, dan sirkulasi sarana perpustakaan. Kedua, kelemahan yang dimiliki Permubha adalah belum tersedianya katalog pustaka berbasis komputer. Ketiga, peluang/kesempatan yang ada di Permubha adalah adanya etika petugas secara deskriptif dan normatif, tanggungjawab dalam memberikan layanan, adanya peran donasi warga, dan sarana prasarana. Keempat, Permubha memiliki beberapa tantangan ke depan dalam hal evaluasi layanan, peningkatan kompetensi dan kualifikasi petugas, dan peningkatan tanggung jawab. Kelima, selain layanan pustaka, Permubha berperan dalam kegiatan sosial, ekonomi, dan keagamaan melalui program-program dapat diikuti oleh masyarakat Desa Ngablak, seperti program salak pustaka, suluh pustaka, satelit baca, dan peringatan PHBI.



Keywords


Rural library;Social inclusion; SWOT analysis

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/fuaduna.v5i2.4915

References

Adhi, H S. “Peran Pustakawan Dalam Mewujudkan Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Melalui Program Proliterasiku.” Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia). ipi.web.id, 2018.

Antoro, Billy. Gerakan Literasi Sekolah: Dari Pucuk Hingga Akar. 1st ed. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. https://doi.org/10.1017/S0033291700036606.

Darmayanti, R. “Membangun Budaya Literasi Informasi Bagi Masyarakat Kampus.” IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e …. jurnal.uinsu.ac.id, 2016.

Eliza, Milta. “Pofil Perpustakaan Muda Bhakti Desa Ngablak, Kec. Srumbung, Kab. Magelang.” Kabupaten Magelang: Perpustakaan Muda Bhakti, 2019.

Haryanto, Feri Dwi. “Strategi Pengembangan Minat Baca Di Perpustakaan Muda Bhakti.” E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan 8, no. 5 (2019).

Hill, T, and R Westbrook. “SWOT Analysis: It’s Time for a Product Recall.” Long Range Planning, 1997.

Houben, G, K Lenie, and K Vanhoof. “A Knowledge-Based SWOT-Analysis System as an Instrument for Strategic Planning in Small and Medium Sized Enterprises.” Decision Support Systems, 1999.

Ihsan, M. “Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi Pesantren.” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 6, no. 1 (2018): 175. https://doi.org/10.21043/libraria.v6i1.3832.

Iswanto, Agus, Moch. Lukluil Maknun, Mustolehudin, Umi Masfiah, Subkhan Ridlo, and Roch. Aris Hidayat. “Praktik Literasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Di Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Dan Kalimantan Selatan.” Semarang, 2018.

Jackson, S E, A Joshi, and N L Erhardt. “Recent Research on Team and Organizational Diversity: SWOT Analysis and Implications.” Journal of Management, 2003.

Jananto, A. Pandangan Sekolah Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di Kabupaten Bangka Barat. repository.upi.edu, 2016.

Kailani Er, Muh, ed. Daftar Tajuk Subyek Islam Dan Sistem Klasifikasi Islam: Adaptasi Dan Perluasan DDC Seksi Islam. Jakarta: Puslitbang Lektur Agama Badan Litbang Agama Departemen Agama, 2003.

Khairunisa, K, and W Dastina. “Strategi Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah (DPAD) Provinsi Jambi Dalam Mengembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Untuk Mewujudkan Masyarakat ….” … Ilmu Perpustakaan …, 2020.

Kimiaissa’adah, N. Implementasi Gerakan Literasi Membaca Dalam Menumbuhkembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Di TK IT Mutiara Hati Semarang. lib.unnes.ac.id, 2019.

Kurttila, M, M Pesonen, J Kangas, and M Kajanus. “Utilizing the Analytic Hierarchy Process (AHP) in SWOT Analysis—a Hybrid Method and Its Application to a Forest-Certification Case.” Forest Policy and Economics, 2000.

Meinita, Hanna. “Rayakan Hari Jadi Ke-41 Tahun, Perpusnas Punya 10 Modal Wujudkan SDM Unggul.” https://www.perpusnas.go.id/, 2021.

Muslimin. “Penumbuhan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Masyarakat Desa.” Cakrawala Pendidikan 37, no. 1 (2018): 107–18.

Noor, M U. “Aplikasi Layanan Informasi Berbasis Internet Untuk Menumbuhkan Inklusi Sosial Di Perpustakaan Daerah.” JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 2019.

NS, Sutarno. Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: CV. Sagung Seto, 2006.

———. Tanggung Jawab Perpustakaan Dalam Mengembangkan Masyarakat Informasi. Jakarta: Panta Rei, 2005.

Pickton, D W, and S Wright. “What’s Swot in Strategic Analysis?” Strategic Change, 1998.

Prasetyo, W D, and D Utami. “Penguatan Perpustakaan Untuk Pembangunan: Sebuah Konsep Transformasi Berbasis Inklusi Sosial.” Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia). ipi.web.id, 2020.

Rachman, R A, and D Sugiana. “Strategi Sukses Transformasi Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial Untuk Masyarakat Sejahtera (Studi Pada Perpustakaan Desa Gampingan Gemar ….” Seminar Nasional MACOM …. researchgate.net, 2019.

Rahmah, Elva. Akses Dan Layanan Perpustakaan: Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.

Rohman, A S, and S Sukaesih. Transformasi Perpustakaan Desa Untuk Pemberdayaan Masyarakat: Studi Kasus Di Desa Margamukti-Pangalengan Bandung. repository.pertanian.go.id, 2018.

Ruchani, Bisri, Subkhan Ridlo, Roch. Aris Hidayat, Umi Masfiah, and Moch. Lukluil Maknun. Katalog Naskah Keagamaan Madura Volume 1 Sumenep. Edited by Moch. Lukluil Maknun and Bisri Ruchani. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran, 2017.

Saefulloh, Asep. “Minat Baca Dan Literatur Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Di Kota Tangerang, Banten.” Journal Dialog 41, no. 1 (2018). https://doi.org/https://doi.org/10.47655/dialog.v41i1.283.

Sembiring, G B B. “Taman Baca Pustaka Sebagai Perluasan Layanan Perpustakaan Khusus Berbasis Inklusi Sosial.” … Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 2020.

Sumardji, P. Mengelola Perpustakaan. 17th ed. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2013.

Surachman, A. “Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007: Peluang Dan Tantangan Bagi Pustakawan.” repository.ugm.ac.id, 2009.

Utami, D, and W D Prasetyo. “Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Untuk Pembangunan Sosial-Ekonomi Masyarakat.” … Informasi Antar Perpustakaan, 2019.

Widyanto, R. Arri, Fadilah Hasti Cahyaningtyas, Frida Wiryani, Balgis Riski Ramadhani, Dwi Ochtaviani, and Arina Amalia. “Pengelolaan Perpusdes Dengan Ingkubasi Wirausaha Di Perpustakaan Muda Bhakti Desa Ngablak Srumbung: Laporan Akhir Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT) Universitas Muhammadiyah Magelang.” Universitas Muhammadiyah Magelang, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/fuaduna.v5i2.4915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhamad Khusnul Muna, Moch Lukluil Maknun, Umi Muzayanah, Andjar Prasetyo, Milta Eliza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________
Academia.Edu

Jurnal Fuaduna: Jurnal Kajian Keagamaan dan Kemasyarakatan
e-ISSN / p-ISSN : 2614-8129 2614-8137
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/fuaduna

E : fuaduna.uinbukittinggi@gmail.com - fuaduna@uinbukittinggi.ac.id
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

"View Stats"