Moderasi Islam (Wasathiyyah) di Tengah Pluralisme Agama Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30983/fuaduna.v3i1.1152Abstract
Negara Indonesia merupakan Negara yang majemuk dari sisi agama, budaya, dan suku. Hal ini dapat menjadi potensi kemajuan bangsa dan sebaliknya juga dapat mengancam eksistensi Negara. Persoalan yang sering menjadi sorotan adalah pluralisme agama, karena agama merupakan sesuatu yang lebih sensitive dibandingkan dengan perbedaan lainnya. Islam di Indonesia merupakan agama mayoritas yang harus mengambil peran dalam menstabilkan kehidupan bernegara. Pandangan yang moderat tentang keragaman agama di Indonesia harus selalu dipupuk untuk menjadikan Indonesia menjadi Negara yang damai dalam kemajemukan. Oleh karena itu diperlukan upaya bagaimana menjadikan moderasi Islam sebagai cara untuk mengakomodir pluralisme agama di Indonesia. Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa Islam tidak menganggap semua agama itu sama tapi memperlakukan semua agama itu sama dengan mengedepankan  tasamuh (toleransi), kemudian syura (musyawarah) antar agama, dan punya sikap musawah (tidak diskriminatif).
References
Achmad. ‘Pluralisme Dalam Problema’. Jurnal Sosial Humaniora 7, no. 2 (2014): 189–204.
El-Fadl, Khaled Abou. Selamatkan Islam Dari Muslim Puritan. Jakarta: Serambi, 2005.
Fatonah Dzaki. ‘Meluruskan Pemahaman Pluralisme Dan Pluralisme Agama Di Indonesia’ 9, no. 1 (2014): 79–94.
Husaini, Adian. Wajah Peradaban Barat: Dari Hegemoni Kristen Ke Dominasi Sekular-Liberal. Jakarta: Gema Insani Press, 2005.
Mujani, Wan Kamal, Ermy Azziaty Rozali, and Nor Jamaniah Zakaria. ‘The Wasatiyyah (Moderation) Concept: Its Implementation In Malaysia’. Mediterranean Journal of Social Sciences 6, no. 4 (2015): 66–72. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n4s2p66.
Nashiruddin, Muhd. FIKIH MODERAT DAN VISI KEILMUAN SYARI’AH DI ERA GLOBAL (Konsep Dan Implementasinya Pada Fakultas Syari’ah IAIN Surakarta). Surakarta: IAIN Surakarta, n.d.
Nur, Afrizal, and Mukhlis Lubis. ‘Konsep Wasathiyah Dalam Al-Quran; (Studi Komparatif Antara Tafsir Al-Tahrir Wa At-Tanwir Dan Aisar At-Tafasir)’. An-Nur 4, no. 2 (2015): 21.
Rahmatullah. ‘Islam Moderat Dalam Perdebatan’. Dialog 71, no. 1 (2011): 40–48.
Ramli, Mohd Annuar, Muhamad Sayuti Mansor, and Lutfi Juwaini. ‘Pendekatan Wasatiyyah Bagi Menangani Ikhtilaf Fiqh Dalam Kalangan Masyarakat Islam Nusantara’. Pattani Thailand: UM Research Repository, 2015. http://eprints.um.edu.my/14748/.
Ruslan, Idrus. ‘Etika Islam Dan Semangat Pluralisme Agama Di Era Global’. Al-AdYan 5, no. 1 (2010): 7.
Said, Nur. ‘Nalar Pluralisme John Hick Dalam Keberagaman Global’. Fikrah: Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan 3, no. 2 (2015): 22.
Sarluf, Baco. ‘Pluralisme Adalah Fundamentalisme’. Dialektika 11, no. 2 (2018): 66–74.
Syauqi, Muhammad Labib. ‘Islam (Di) Nusantara; Esensi, Genealogi Serta Identitasnya Islam (In) Archipelego; Its Essence, Genealogy, And Identify’. ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman 15, no. 2 (2015): 321–30.
Sumbulah, Umi. Pluralisme Agama: Makna Dan Lokalitas Pola Kerukunan Antar Umat Beragama. 4th ed. Malang: UIN Maliki Press, 2013.
Usman, Abd. Malik. ‘Islam Rahmah Dan Wasathiyah (Paradigma Keberislaman Inklusif, Toleran Dan Damai)’. Humanika 15, no. 1 (2015): 1–12.
Yunus, Firdaus M. ‘Agama Dan Pluralisme’. Jurnal Ilmiah Futura 13, no. 2 (2014): 213–19. https://doi.org/10.22373/jiif.v13i2.72.
https://id.wikipedia.org/wiki/Multikulturalisme. Diakses 27 Des 2018
http://www.academia.edu/17106614/Pluralisme_menuru_para_ahli . Diakses 21 Des 2018
http://sorotindonesia.com/suku-minang-sumatera-barat/. Diakses 21 Des 2018
http://muhammadiyahstudies.blogspot.com/2012/04/hamka-tentang-ayat-62-al-baqarah-dan.html. Diakses 22 Des 2018
https:/www.uinjkt.ac.id/id/ragam-ekspresi-beragama/. Diakses 29 Des 2018
https://student.cnnindonesia.com/inspirasi/20180115100508-454-268836/pluralisme-adalah-aset-bangsa-indonesia. Diakses 29 des 2018
muslim.or.id/Alquran lisan-rahmatan lil-alamin.html. Diakses 22 des 2018
http://regional.kompas.com/read/2011/04/21/17544955/Majapahit.Awal.Peradaban.Nusantara. Diakses 22 Des 2018
https://umrohhajiwisata.com/kerajaan-Islam-di-indonesia/amp/ Diakses 22 Des 2018
http://m.kumparan.com/muhamad-alief-raflie/sejarah-masuknya-Islam-di-indonesia.amp. Diakses 22 des 2018
Teori Masuknya Islam ke Nusantara, Blog.ruangguru.com. Diakses 22 Des 2018
wordpress.com. Teori Masuknya Islam ke Indonesia, Diakses 22 Des 2018
https;//support.muslimpro.com/hc/id/articles/115002006087-Top-10-Populasi-Umat-Muslim-Terbesar-di-dunia?mobile_site=true. Diakses 15 Des 2018
https://www.uin.malang.ac.id/blog/post/read/131101/relativitas-dalam-ajaran-agama-agenda-kerukunan-antarumat-dan-interumat-beragama.html. Diakses 29 des 2018
https://aslibumiayu.net/11944-tidak-ada-paksaan-untuk-memeluk-Islam-lalu-kenapa-terjadi-peperangan.html. Diakses 29 des 2018
https://id.wikipedia.org/wiki/Pernyataan_Umum_tentang_Hak-Hak_Asasi_Manusia. Diakses 29 Des 2018
Downloads
Additional Files
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).