Upaya Pemimpin dalam Meningkatkan Motivasi dan Kinerja Guru di SDN 09 V Koto Kampung Dalam
DOI:
https://doi.org/10.30983/al-marsus.v2i2.8531Keywords:
Pemimpin, Motivasi Guru, Kinerja GuruAbstract
Abstrak
Guru memiliki tanggung jawab mulia sebagai pendidik. Maka, penting bagi kepala sekolah meningkatkan motivasi dan kinerja guru secara konsisten melalui strategi yang tepat dan efektif. Penelitian ini bertujuan melihat upaya pemimpin dalam memotivasi peningkatan kinerja guru dengan menggunakan metode kualitatif studi kasus, dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara di SDN 09 V Koto Kampung Dalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepala sekolah memberikan motivasi positif untuk meningkatkan kinerja guru dengan menekankan sifat mulia profesi pengajar, menghindari keluhan, mengapresiasi hubungan positif di antara guru, dan mendorong lingkungan kerja yang menyenangkan. (2) Pendekatan lain adalah memberikan motivasi melalui pengakuan dan penghargaan, memastikan bahwa guru mempertahankan sikap positif, memahami konteks dan budaya, dan mengoptimalkan semua upaya profesional mereka. (3) Kepala sekolah menggunakan strategi untuk meningkatkan kinerja guru yang berfokus pada mempertahankan keseimbangan kerja dan kehidupan yang sehat, merangkul inovasi tanpa takut, secara aktif memotivasi guru, memberikan manfaat yang cukup, dan secara konsisten menawarkan kesempatan untuk pengembangan diri seperti pelatihan, kursus, dan pengembangan profesional lainnya. (4) Guru terlibat dalam pengembangan diri dan mengejar kemajuan profesional. (5) Membangun tim kolaboratif dalam komunitas belajar dengan melibatkan semua peserta. Kesimpulannya, peran kepala sekolah sebagai motivator efektif dalam mendukung peningkatan motivasi dan kinerja guru. Disarankan kepala sekolah terus meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan mengevaluasi efektivitas strategi motivasi secara berkala.
Abstrak
Teachers have a noble responsibility as educators. So, it is important for school principals to increase teacher motivation and performance consistently through appropriate and effective strategies. This research aims to look at leaders' efforts in motivating improvements in teacher performance using qualitative case study methods, and data collection techniques through observation and interviews at SDN 09 V Koto Kampung Dalam. The research results show that: (1) School principals provide positive motivation to improve teacher performance by emphasizing the noble nature of the teaching profession, avoiding complaints, appreciating positive relationships between teachers, and encouraging a pleasant work environment. (2) Another approach is to provide motivation through recognition and rewards, ensuring that teachers maintain a positive attitude, understand the context and culture, and optimize all their professional efforts. (3) Principals use strategies to improve teacher performance that focus on maintaining a healthy work-life balance, embracing innovation without fear, actively motivating teachers, providing sufficient benefits, and consistently offering opportunities for self-development such as training, courses, and other professional development. (4) Teachers engage in self-development and pursue professional advancement. (5) Building collaborative teams in learning communities by involving all participants. In conclusion, the role of the principal as an effective motivator in supporting increased teacher motivation and performance. It is recommended that school principals continue to improve their leadership abilities and evaluate the effectiveness of motivation strategies periodically.
References
Akhyar, M., Iswantir, M., Febriani, S., & Gusli, R. A. (2024). Strategi Adaptasi dan Inovasi Kurikulum Pendidikan Islam di Era Digital 4 . 0. Instructional Development Journal (IDC), 5(1), 18–30. http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.29452
Amna, E. (2016). Strategi Peningkatan Kinerja Guru Yang Profesional. Lantanida Journal, 4(2), 111–117.
Anizar. (2023). Dampak Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kerja. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 205–215. http://dx.doi.org/10.30983/al-marsus.v1i2.6486
Asmara, J., & Wahyudi. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru terhadap Mutu Layanan pendidikan pada MTs Swasta di Kecamatan Sui Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(7), 1–15. https://doi.org/10.26418/jppk.v5i7.16176
Astuti, W., & Nugroho, T. (2020). Manajemen Pendidikan Efektif: Tantangan Guru dan Solusinya. Gramedia.
Azizah, J. (2017). Jurnal Manajemen Kinerja. Jurnal Manajemen Kinerja, 3(1), 57–63.
Diharja, U., & Hadiwinarto. (2021). The Implementation of Character Education at the Elementary School Level. Jurnal Basicedu, 5(6), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1860
Djafar, & Nurhafizah. (2018). Pengaruh Motivasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Dan Pegawai di SMK Muhammadiyah 3 Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 24–36. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5064
Elfrida, D., Santosa, H., & Soefijanto, T. A. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru dan Implementasi Kurikulum Asing terhadap Kinerja Guru di Sekolah Internasional Jakarta Utara. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(1), 53. https://doi.org/10.29240/jsmp.v4i1.1358%0D
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Gusli, R. A., Hanani, S., Akhyar, M., & Lestari, K. M. (2024). Perspektif Auguste Comte Tentang Perkembangan Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 404–411. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v4i2.284
Gusli, R. A., Junaidi, Supriadi, Lestari, K. M., Akhyar, M., & Gusli, R. A. (2024). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan Melalui Gaya Servant Leadership Di SMKN 1 Sungai Limau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 14(1), 87–106. https://doi.org/10.30829/alirsyad.v14i1.20146
Gusli, R. A., Sesmiarni, Z., Akhyar, M., & Lestari, K. M. (2024). Pendekatan Efektif dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. Dirasah Jurnal Study Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 477–488. https://doi.org/https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i2.1324
Gusli, R. A., Zakir, S., Ilmi, D., Gusli, ramadhona A., Lestari, K. M., & Akhyar, M. (2024). Evaluasi Program Pendidikan Islam di MTsN 1 Kota Pariaman. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(2), 262–271. https://doi.org/10.32832/idarah.v5i2.16621
Haris, R. (2021). Fasilitas Pendidikan dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Modern, 8(2), 45–58.
Hartawan, H. A. (2020). Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kepala Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 386. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29087
Hasbullah, M. (2018). Manajemen Pendidikan Berbasis Komunitas. Alfabeta.
Haslina, Y. N. U. (2017). Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Sma Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 5(4), 211–217.
Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1018–1027. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061%0D
Junaidi. (2019). Kunci Keberhasilan Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah. Aura Anugrah Utama Raharja.
Kusen, K., Hidayat, R., Fathurrochman, I., & Hamengkubuwono, H. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dan Implementasinya dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 175. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.7751
Lestari, K. M., Junaidi, Supriadi, & Gusli, R. A. (2024). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SMAN 3 Bukittinggi. Alirsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 14(1), 107–120. https://doi.org/10.30829/alirsyad.v14i1.20148
Lestari, K. M., Sesmiarni, Z., & Gusli, R. A. (2024). Strategi Kepala Sekolah dalam Memotivasi Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan. Andragogi Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 713–722. https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i2.1227
Marce, S., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. DAWUH: Islamic Communication Journal, 76–81.
Mulyasa, E. (2015). Managemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Noprika, Yusro, & Sagiman. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224–243. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational Behavior. Pearson.
Roihanun, Zamroni, & Salehudin. (2024). Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah wanita dan manajemen sekolah berbasis digital terhadap kompetensi guru madrasah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(1), 159–173.
Rustam, Murniati, N. A. N., & Wuryandini, E. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Disiplin Kerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1079–1082. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1298
Santika, I. G. N. (2017). Kepala Sekolah dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 7(1).
Setyawati, V. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29–44.
Shunhaji, A., Nawawi, A. M., & Khoirunnisa, U. Q. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) Pada Madrasah Aliyah Unggulan (Studi Kasus Man 4 Jakarta). Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 368–382. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.64
Sianturi, & Simanjuntak. (2024). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital. Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi, 2(1), 180–190.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Bandung. Alfabeta.
Supriyanto, A. (2020). Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Digital. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(1), 78–91.
Syahril. (2015). Implikasi Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dan Kompetensi Lulusan. Kontingensi, 3(2), 90–103.
Widiastuti, L. (2019). Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 4(3), 12–20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ramadhoni Aulia Gusli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.