Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah terhadap Partisipasi Orang Tua Murid
DOI:
https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i2.7470Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sistem informasi manajemen pendidikan terhadap penerimaan peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Bandung. Populasi penelitian ini adalah orang tua siswa di MAN 1 Kabupaten Bandung dan MAN 2 Kabupaten Bandung. Jumlah populasinya adalah 1764 orang tua siswa. Sampel penelitiannya adalah 100 orang tua siswa, yang masing-masing 47 orang tua di MAN 1 Kabupaten Bandung dan 53 orang tua di MAN 2 Kabupaten Bandung. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan rumus Slovin dan Proportionate Stratified Random Sampling. Sampel ini diambil untuk mewakili populasi penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, linear, tidak mengalami multikolinearitas, dan tidak mengalami heteroskedastisitas. Uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa akuntabilitas dan transparansi pengelolaan RKAM memiliki pengaruh positif terhadap partisipasi orang tua dengan signifikansi yang tinggi (p<0,05). Analisis determinasi menunjukkan bahwa 63,3% variasi partisipasi orang tua dapat dijelaskan oleh variabel akuntabilitas dan transparansi. Temuan ini menunjukkan bahwa implementasi sistem informasi manajemen pendidikan berpengaruh positif terhadap partisipasi orang tua dalam pembiayaan pendidikan di MAN Kabupaten Bandung. Oleh karena itu, disarankan agar lembaga pendidikan lebih meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan sekolah untuk mendorong partisipasi orang tua dalam mendukung pendidikan anak-anak mereka.
Â
This research aims to examine the influence of education management information systems on the acceptance of students in State Islamic Senior High Schools (Madrasah Aliyah Negeri, MAN) in Kabupaten Bandung. The population of this study consists of parents of students in MAN 1 Kabupaten Bandung and MAN 2 Kabupaten Bandung, totaling 1764 parents. The research sample includes 100 parents, with 47 parents from MAN 1 Kabupaten Bandung and 53 parents from MAN 2 Kabupaten Bandung. The research sample was selected using the Slovin formula and proportionate stratified random sampling, aiming to represent the research population. The results of data analysis indicate that the data is normally distributed, linear, not experiencing multicollinearity, and not exhibiting heteroskedasticity. Multiple linear regression analysis reveals that accountability and transparency in the management of RKAM positively influence parental participation with high significance (p < 0.05). The determination analysis shows that 63.3% of the variation in parental participation can be explained by the variables of accountability and transparency. These findings suggest that the implementation of education management information systems has a positive impact on parental participation in financing education in MAN Kabupaten Bandung. Therefore, it is recommended that educational institutions enhance transparency and accountability in school financial management to encourage parental involvement in supporting their children's education.
References
Ali, H., & Saputra, F. (2023). Pengaruh Transparan, Akuntabilitas dan Tanggung Jawab terhadap Good Corporate Governance. Jurnal Ilmu Multidisplin, 2(2), 130–139.
Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Pengelolaan Anggaran. 1(July), 1–23.
Anggraini, R. D. (2013). Transparansi, Partisipasi, dan Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dalam Program Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) di SDN Pacarkeling VIII Surabaya. Universitas Airlangga.
Boy, D., & Siringoringo, H. (2009). Analisis Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah (Apbs) Terhadap Partisipasi Orang Tua Murid. Jurnal Ekonomi Bisnis, 14(12), 79–87.
Boy, D., & Siringoringo, H. (2011). Analisis pengaruh akuntabilitas dan transparansi pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja sekolah (APBS) terhadap partisipasi orang tua murid. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 14(2).
Lindawaty, D. S., Dharmaningtias, D. S., Ardiyanti, H., & Katharina, R. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Mulyasa, E. (2013). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. PT Bumi Aksara.
Ningsih, S., Puspitasari, S., & Romdhoni, A. H. (2022). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi Sekolah dan Pengelolaan Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah Terhadap Partisipasi Orang Tua Siswa. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 23(1).
Prihasantyo Siswo Nugroho , Panca Wahyuningsih, S. A. (2019). Jurnal Akuntansi dan Pajak. Akuntansi Dan Pajak, 1, 1–7. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap
Radhitya, Y., & Hakim, F. N. (2016). Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa Dengan Metode SAW. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 8(2).
Rakhmawati, I. (2018). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dengan Partisipasi Stakeholder Sebagai Variabel Moderasi. AKTSAR: Jurnal Akuntansi Syariah, 1(1), 95–112.
Riski, A. (2019). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Di Indonesia.
Rosdiana, A. (2006). Partisipasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini : Survei pada Kelompok Bermain di Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 1(2), 62–72. https://media.neliti.com/media/publications/259930-partisipasi-orangtua-terhadap-pendidikan-89a4e534.pdf
Sabri, A., & Monia, F. A. (2023). Manajemen Pendidikan Islam. Global Eksekutif Teknologi.
Septa, P. (2018). Pengaruh penyajian laporan keuangan dan aksesibilitas laporan keuangan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan kabupaten ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Tuzzahra, R., Wahyuni, L., & Maison, W. (2022). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi dan Partisipasi Stakeholders terhadap Efisiensi Pengelolaan Dana Pendidikan (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung). Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(5), 2313–2330.