Peningkatan Pembelajaran Seni Tari Melalui Pendekatan Supervisi Teman Sejawat dengan Metode Demonstrasi

Authors

  • Rina Sinatra SMAN 2 IV Koto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6591

Abstract

Abstrak

Seni budaya berperan penting dalam pengembangan daya cipta, kepekaan, dan kesadaran sosial. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas metode demonstrasi dalam pembelajaran seni tari dengan pendekatan supervisi teman sejawat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kuantitatif di SMAN 2 IV Koto Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 5 yang berjumlah 15 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap interaksi guru dan siswa selama proses pembelajaran serta dokumentasi dengan mengumpulkan karya seni tari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa terkendala dalam pembelajaran, namun setelah diterapkan metode demonstrasi dan pendekatan supervisi teman sejawat, terjadi peningkatan signifikan terhadap antusiasme dan keterampilan siswa. Supervisi teman sejawat berperan dalam memberikan dukungan, umpan balik, dan motivasi kepada sesama siswa sehingga meningkatkan hasil pembelajaran dan lingkungan pembelajaran yang positif dan produktif. Dalam konteks pendidikan seni, supervisi teman sejawat dengan metode demonstrasi dijadikan alternatif yang efektif untuk meningkatkan pembelajaran. Pada siklus pertama, tidak semua siswa memiliki keterampilan yang tinggi karena masih ada yang belum fokus dan sibuk dengan kegiatan lain. Namun, setelah siklus kedua dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, hampir semua siswa mengikuti pembelajaran dengan antusias sehingga menguasai keterampilan tari.

Kata Kunci : Supervisi, Metode Demonstrasi, Keterampilan

 

Abstract

Cultural arts play an important role in the development of creativity, sensitivity and social awareness. This study aims to analyze the effectiveness of the demonstration method in learning dance with a peer supervision approach. This research is a Classroom Action Research with a quantitative approach at SMAN 2 IV Koto, Agam Regency, West Sumatra. The research subjects were 15 students of class XI IPS 5. The instruments used are observation sheets, documentation, and questionnaires. Data collection techniques were carried out through observing the interaction of teachers and students during the learning process as well as documentation by collecting dance works of art. The results showed that students were constrained in learning, but after applying the demonstration method and peer supervision approach, there was a significant increase in student enthusiasm and skills. Peer supervision plays a role in providing support, feedback, and motivation to fellow students thereby increasing learning outcomes and a positive and productive learning environment. In the context of art education, peer supervision using the demonstration method is used as an effective alternative to improve learning. In the first cycle, not all students have high skills because some are still not focused and busy with other activities. However, after the second cycle was carried out through the stages of planning, implementing, observing, and reflecting, almost all students participated enthusiastically in learning so that they mastered dance skills.

Keyword : Supervision, Demonstration Methods, Skills

References

Buku

Ali, M. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. In Metode Penelitian. Bumi Aksara.

Jurnal

Afianmagbon, B. E. (2007). Clinical Supervision and Teacher Effectiveness in the Management of Secondary Schools in Abia and Imo States. International Journal of Educational Planning and Administration, 1(3), 94–107.

Aguokagbuo, C. N. (2002). Micro-Teaching Theory and Practice Nsukka. Mike Social press.

Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan metode pembelajaran kreatif dan inovatif. Bandung: Satu Nusa.

Asykuryati, Ismunandar, & Istiandini Winda. (2015). Peningkatan Keterampilan Memperagakan Gerak Dasar Tari Dayak Melalui Metode Demonstrasi di SMP. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (Vol. 4, Issue 2, pp. 1–19). Tanjungpura University.

Aulia, A., Diana, D., & Setiawan, D. (2022). Pentingnya Pembelajaran Musik untuk Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(1), 160–168.

Bahri, S. (2014). Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Visipena, 5(1), 100–112.

Fatimah, Shah, N. F. M., & Halim, W. (2018). Pengaruh Personaliti Lima Faktor terhadap Tingkah Laku Kewargaan Organisasi (TKO) dalam Kalangan Guru. Jurnal Psikologi Malaysia, 32(2), 1–11.

Hanafie Das, S. W., Halik, A., Zulfianah, Z., & Naim, M. (2018). Strategies of Islamic Education Teachers to Increase Students’ Interest in Learning and Practicing in State Junior High School (SMPN) 1 Lanrisang, Pinrang. Madania, 22(2), 253–264.

Handayani, L., Madjdi, A. H., & Suad, S. (2021). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Rekan Sejawat di SMP Negeri Se-Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 317–334.

Hayati, S. N. (2010). Analisis terhadap Pentingnya Pmbelajaran Seni (Rupa) di Tingkat Pendidikan Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 39(1).

Nawir, Arafah, K., & Pristiwaluyo, T. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Keterampilan Melukis Peserta Didik Kelas XII IPA 3 SMA Negeri Donri Donri Kabupaten Sopeng. In Jurnal Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–8). Pascasarjana.

Nurhayati, N., Fadilah, S., & Mutmainah, M. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Animasi Software Phet terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Listrik Dinamis Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(2), 1–7.

Oliva, P. F., & Pawlas, G. E. (2004). Supervision for Today’s Schools. ERIC.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Jurnal Genta Mulia, 9(2).

Zaitun, S. H. (2013). Implementasi Sholat Fardhu sebagai Sarana Pembentuk Karakter Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang. Taklim, 355.

Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Anugrah, A. D. D. (2019). Minat Siswa Laki-Laki Kelas X Terhadap Pembelajaran Seni Tari dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 2 Wajo. In Repository Universitas Negeri Makassar (pp. 1–13). Fakultas Seni dan Desain.

Azurada, A. (2020). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas III Madrasah Ibtidayah Negeri 01 Lebong. IAIN BENGKULU.

Utami, D. S., & Risminawati, M. P. (2019). Pengelolaan Ekstrakurikuler Tari Tradisional di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles

Citation Check