Rencana Strategis Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6473Abstract
Abstrak
Perencanaan pendidikan menjadi bagian tidak terpisahkan dari manajemen penyelenggaraan pendidikan Islam. Namun, sering diabaikan dan belum menjadi tradisi dalam pengembangan pendidikan Islam. Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral masyarakat muslim Indonesia. Dengan populasi muslim terbesar di dunia, perkembangan pendidikan Islam berdampak signifikan terhadap arah pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi negara. Artikel ini menyajikan strategi perencanaan pendidikan Islam, serta berbagai kemungkinan dan alternatif yang dapat dilakukan untuk mengembangkan pendidikan Islam masa depan. Artikel ini juga menyajikan beberapa model alternatif perencanaan pendidikan Islam, terutama terkait dengan dinamika masyarakat yang menjadi pemangku kepentingan dalam pendidikan. Dalam era di mana informasi mudah diakses melalui internet, penelitian ini membahas tentang bagaimana pendidikan Islam dapat membantu masyarakat memilah dan memahami informasi agama dengan bijak. Artikel ini menekankan bahwa perencanaan harus memiliki tujuan untuk memahami konsep, paradigma, strategi, dan langkah-langkah dalam perencanaan pendidikan Islam. Hasil yang diharapkan dari perencanaan ini adalah merumuskan tujuan yang ingin dicapai dan menjalankannya secara efektif dan efisien. Penting juga untuk memilih program yang tepat guna mencapai tujuan tersebut dan mengidentifikasi serta mengalokasikan sumber daya yang selalu terbatas.
Kata Kunci : Rencana Pendidikan, Setting Target, Efektif, Programing dan Sistem Penganggaran
Â
Abstract
Educational planning is an integral part of the management of Islamic education. However, it is often neglected and has not become a tradition in the development of Islamic education. Islamic education has an important role in shaping the character and morals of Indonesian Muslim society. With the largest Muslim population in the world, the development of Islamic education has had a significant impact on the direction of the country's social, cultural and economic development. This article presents an Islamic Education Planning Strategy, as well as various possibilities and alternatives that can be implemented to develop future Islamic education. This article also presents several alternative models of Islamic education planning, especially those related to the dynamics of the community who are stakeholders in education. In an era where information is easily accessible via the internet, this research discusses how Islamic education can help people sort and understand religious information wisely. This article emphasizes that planning must have the goal of understanding the concepts, paradigms, strategies, and steps in planning Islamic education. The expected result of this planning is to formulate the goals to be achieved and carry them out effectively and efficiently. It is also important to choose the right program to achieve these goals and to identify and allocate resources which are always limited.
Keyword :Â Education Planning, Target Setting, Effectiveness, Program Implementation, and Budgeting System
References
Buku
Ismayani, A. (2019). Metodologi Penelitian. Syiah Kuala University Press.
Muryani, E., Sulistiarini, E. B., Prihatiningsih, T. S., Ramadhana, M. R., Heriteluna, M., Maghfur, I., Hastuti, P., Ahdiyat, M., Desembrianita, E., & Purnomo, A. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. UNISMA PRESS.
Jurnal
Akilah, F. (2019). Manajemen Perencanaan Sumber Daya Manusia Di Bidang Pendidikan: Manifestasi Dan Implementasi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 81–94.
Ali, M., Surti, M., & Wahyudi, D. (2019). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Daya Tahan Budaya Lokal Indonesia di Era Global. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 3(2), 159–177.
Anwar, H. (2014). Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 37–56.
Astuty, W., & Suharto, A. W. B. (2021). Desain Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Daring dengan Kurikulum Darurat. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 81–96.
El Hakim, M. D., & Fahyuni, E. F. (2020). Pendidikan Islam dalam Perspektif Syed Naquib Al-Attas dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Islamika, 2(1), 46–62.
Hindun, H. (2015). Perencanaan Strategis dan Prilaku Manajerial Lembaga-lembaga Pendidikan. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 6, 56645.
Irawan, T., Hasan, M., & Fernadi, M. F. (2021). Supervisi Akademik Kepala Madrasah‎ dalam‎ Meningkatkan Mutu‎ Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah‎ Hidayatul Mubtadi’in Jati Agung Tahun‎ Pelajaran‎ 2020/2021‎. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 7(02), 47–67.
Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 19–25.
Kamrullah, M. H. I., & Samsahudi, M. H. I. (2020). Aktualisasi Universalitas Al-Qur’an. El_Huda, IAI Qomarul Huda Bagu NTB, 11(2), 40–55.
Kurniawan, S. (2015). Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits. Nur El-Islam, 2(2), 1–34.
Mansyur, M. H. (2018). Penguatan Manajemen Pendidikan Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(2).
Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16–34.
Supriani, Y., Tanjung, R., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338.
Wahyudin, W., & Sultan, N. (2023). Potret Insan Unggul Perspektif Al-Qur’an (Antara Postulat Al-Qur’an dan Harapan Pendidikan Islam). Education and Learning Journal, 4(1), 1–8.
Winarti, E. (2018). Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(1), 1–26.
Skripsi, Tesis, dan Disertasi
Doraini, A. I. (2018). Tafsir Ayat Pendidikan Dalam QS Al-‘Alaq Ayat 1-5 Menurut Quraish Shihab. UIN Raden Intan Lampung.
Muhlasin, M. (2019). Konsep Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an. Idarotuna, 1(2), 126–140.
Basis Data Daring
Mubarok, M. Z. (2019). Reorientasi Pendidikan Islam dalam Perspektif Masyarakat Madani Era Reformasi di Indonesia.
Sanaky, H. A. H. (n.d.). Konsep Manusia Berkualitas Menurut Al-Qur’an dan Upaya Pendidikan.