The Rhetoric of Preaching by Ustadz Yusuf Mansur: Inspiring the Spirit of Almsgiving Through YouTube Daqu Channel

Retorika Dakwah Ustadz Yusuf Mansur: Menggerakkan Semangat Sedekah Melalui YouTube Daqu Channel

Authors

  • Abdul Manan Nasution Universitas Al-Qalam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/al-jamahiria.v2i1.8437

Keywords:

Da'wah Rhetoric, Ustadz Yusuf Mansur, Alms, Youtube, Daqu Channel

Abstract

Ustadz Yusuf Mansur adalah seorang pendakwah yang sempat viral di media sosial karena video ceramahnya yang selalu menekankan keajaiban sedekah. Melalui retorika dakwah, ia berhasil mendorong jamaahnya untuk berinvestasi uang atas nama sedekah. Penelitian ini mengkaji retorika dakwah Ustadz Yusuf Mansur dalam menginspirasi semangat sedekah melalui YouTube Daqu Channel. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis berdasarkan teori retorika dakwah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga video ceramah tentang sedekah yang dianalisis, gaya bahasa yang paling sering digunakan oleh Ustadz Yusuf Mansur adalah gaya bahasa percakapan. Gaya bahasa khas yang digunakan dalam ceramah tentang sedekah termasuk gaya bahasa penegasan, dengan varian dominan seperti klimaks, anti klimaks, paralelisme, dan antitesis. Selain itu, ada empat jenis langgam yang digunakan dalam video ceramahnya, yaitu langgam agama dan langgam percakapan. Dalam penyusunan pesan, ditemukan tiga jenis komposisi pidato yang digunakan oleh Ustadz Yusuf Mansur dalam video ceramahnya, yaitu kesatuan, pertautan, dan titik berat. Bentuk imbauan motivasional dan imbauan ganjaran (reward) adalah yang paling sering digunakan oleh Ustadz Yusuf Mansur.

 

Ustadz Yusuf Mansur is a preacher who went viral on social media because of his video lectures that always emphasize the miracle of alms. Through preaching rhetoric, he succeeded in encouraging his congregation to invest money in the name of alms. This study examines Ustadz Yusuf Mansur's da'wah rhetoric in inspiring the spirit of almsgiving through the YouTube Daqu Channel. The method used is a descriptive analysis based on the theory of da'wah rhetoric. The results showed that of the three video lectures on almsgiving analyzed, the language style most often used by Ustadz Yusuf Mansur is conversational. Typical language styles used in lectures on almsgiving include affirmation language styles, with dominant variants such as climax, anti-climax, parallelism, and antithesis. In addition, there are four types of styles used in his video lectures, namely religious styles and conversational styles. In the arrangement of messages, Ustadz Yusuf Mansur uses three types of speech composition in his video lectures: unity, linkage, and emphasis. Ustadz Yusuf Mansur most often uses forms of motivational appeals and appeals for rewards.

References

Alfianika, Ninit. 2015. “Bahasa Betawi Dan Gaya Bahasa Repetisi Dalam Ceramah Ustad Yusuf Mansur Program Wisata Hati Di Antv.” Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat 1 (1). https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i1.1161.

Astuti, Widya. 2018. “Resepsi Masyarakat Terhadap Pesan Dakwah Iklan Paytren.” Skripsi. UIN Alauddin Makassar.

Bahroni, Bahroni. 2018. “Analisis Wacana Retorika Dakwah K.H. Muhammad Arifin Ilham Dan K.H. Yusuf Mansur.” INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication) 3 (1): 39. https://doi.org/10.18326/inject.v3i1.39-58.

Gesit, Gesit, and Muhammad N. Abdurrazaq. 2023. “Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Buku The Miracle of Giving Karya Yusuf Mansur.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 10 (2): 515–28. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v10i2.31972.

Harista, Eva. 2018. “Pengunaan Bahasa Persuasi Di Media Sosial Dalam Berdakwah Pada Akun Facebook ‘Yusuf Mansur (Official).’” Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan 8 (2): 308–24. https://doi.org/10.32923/maw.v8i2.778.

Hidayat, Mansur. 2018. “Sedekah Online Yusuf Mansur: Otoritas Dan Bahasa Agama Di Media Sosial.” FIKRAH 6 (1): 1. https://doi.org/10.21043/fikrah.v6i1.2602.

Kholidah, Umi, and Rohmah Tussolekha. 2018. “Tindak Tutur Ceramah Ustaz Yusuf Mansur Pada Acara ‘ Wisata Hati ’ Antv.” Pesona 4 (2): 61–70. https://ejournal.umpri.ac.id.

“KOMUNIKASI DAN DAKWAH USTADZ YUSUF MANSUR Hermansyah Dan Waluyo Supriadi.” n.d.

Naufal, M. 2022. Retorika Dakwah Ustad Yusuf Mansur Dalam Platform Kuliah Wisatahati. Repository.Uinjkt.Ac.Id. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/66925%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/66925/1/MUHAMMAD NAUFAL-FDK.pdf.

Nurhidayah. 2018. “Dalam Buku the Miracle of Giving.” UIN Raden Intan Lampung.

Pariworo, Tri Djoko. 2019. “Komersialisasi Dan Transformasi Orientasi Praktek Keagamaan : Analisa E-Payment ‘Paytren’ Ustadz Yusuf Mansur.” Studia Philosophica et Theologica 18 (2): 119–37. https://doi.org/10.35312/spet.v18i2.28.

Pramita, Puri. 2015. “Retorika Dakwah Yusuf Mansur Dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Berbicara Dalam Bentuk Cd Interaktif Untuk Siswa Sma.” Ranah: Jurnal Kajian Bahasa 4 (2): 115. https://doi.org/10.26499/rnh.v4i2.28.

Pratiwi, B. 2008. “Strategi Dan Metode Dakwah Ustadz Yusuf Mansur Di Media Televisi.” IAIN Walisongo Semarang.

Rafiq, Mohd. 2016. “Urgensi Retorika Dalam Aktivitas Dakwah.” FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 1 (1): 131–46. https://doi.org/10.24952/fitrah.v1i1.331.

Saleh, Muhammad, and Risma Listia. 2022. “Urgensi Retorika Dalam Perspektif Komunikasi Islami.” Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Masyarakat Islam 12 (1): 61–71.

Siregar, Yudi Andhika, Ahmad Tamrin Sikumbang, and Muktarruddin Muktarruddin. 2023. “Pesan Dan Kontroversi Sedekah Oleh Ustaz Yusuf Mansur Dalam Channel Youtube JIATV.” Asian Journal of Islamic Studies and Da’wah 1 (2): 203–14. https://doi.org/10.58578/ajisd.v1i2.1898.

Subkhan, M. 2015. “The Commodification of Islam in Ustadz Yusuf Mansur’S Product Advertisements Posted on Yusuf Mansur’S Facebook Fanpage,” 56–64. https://repository.unair.ac.id/14639/%0Ahttps://repository.unair.ac.id/14639/9/DAFTAR PUSTAKA.pdf.

Tayibnapis, Radita Gora, Munadhil Abdul Muqsith, Ana Kuswanti, Tri Dian Hapsari, and Hermina Manihuruk. 2023. “Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Buku The Miracle of Giving Karya Yusuf Mansur.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 10 (2): 497–514. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v10i2.28923.

Tvonenews.com, Tim. 2024. “Sindiran Telak Aa Gym Pada Ustaz Yusuf Mansur Bos Paytren Yang Izinnya Baru Saja Dicabut OJK: Kalau Dengar Ceramah Beliau, Bisa Habis Tuh Harta Kita Artikel Ini Sudah Tayang Di Tvonenews.Com Pada Hari Rabu, 15 Mei 2024 - 14:50 WIB Judul Artikel : Sindiran.” Tvone, 2024. https://www.tvonenews.com/lifestyle/trend/210338-sindiran-telak-aa-gym-pada-ustaz-yusuf-mansur-bos-paytren-yang-izinnya-baru-saja-dicabut-ojk-kalau-dengar-ceramah-beliau-bisa-habis-tuh-harta-kita.

Zap. 2023. “Sederet Kasus Yusuf Mansur Bikin Geger Satu Negara.” CNBC Indonesia, June 29, 2023. https://www.cnbcindonesia.com/market/20230629094008-17-450047/sederet-kasus-yusuf-mansur-bikin-geger-satu-negara.

Downloads

Published

2024-06-30

Citation Check