Sistem Komunikasi Kepemimpinan Di Pesantren Avissina

Authors

  • Ellyda Retpitasari Institut Agama Islam Negeri Kediri, Indonesia
  • Nur Rohman Bagus Wicaksono Institut Agam Islam Negeri Kediri, Indonesia
  • Selvira Diva Ardhinda Institut Agam Islam Negeri Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/al-jamahiria.v1i2.7533

Abstract

Studi ini membahas sistem komunikasi kepemimpinan di Pondok Pesantren Avissina yang relevan dengan gaya dan pola komunikasi kepemimpinan serta menganalisis kelebihan dan kekurangan komunikasi pemimpin pengurus kepada anggota pengurus Pondok Pesantren Avissina sehingga mampu meningkatkan efektivitas kepengurusan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Avissina Ngronggo Kota Kediri. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan sistem komunikasi kepemimpinan pada pengurus Pondok Pesantren Avissina kurang efektif dikarenakan kurangnya kontribusi dari anggota maupun pemimpin pengurus dan kurangnya koordinasi yang dilakukan, serta kurangnya kemampuan pemimpin dalam penyampaian kebijakan menjadikan faktor yang sangat berpengaruh dalam sistem komunikasi kepemimpinan yang ada di Pondok Pesantren Avissina. Hal ini mengakibatkan kurangnya pemahaman dan kesadaran anggota terhadap peraturan dan kurangnya penegakan hukuman yang konsisten. Perbaikan dalam sistem komunikasi kepemimpinan dan penegakan peraturan yang lebih tegas dapat membantu meningkatkan efektivitas dan keberhasilan Pondok Pesantren Avissina.

 

 

This study discusses the leadership communication system at the Avissina Islamic boarding school that is relevant to the style and pattern of leadership communication and analyzes the advantages and disadvantages of communication between the management leader and the board members of the avissina Islamic boarding school so as to increase management effectiveness. This study uses qualitative research with a phenomenological approach. This research was conducted at the Avissina Ngronggo Islamic Boarding School, Kediri City. The data collection technique used in this study was through observation and in-depth interviews. The results of this study indicate that the leadership communication system for the management of the avissina Islamic boarding school is less effective due to the lack of contribution from members and leaders of the board and the lack of coordination carried out, as well as the lack of leadership skills in conveying policies, making it a very influential factor in the leadership communication system in the Avissina Islamic Boarding School. This resulted in members' lack of understanding and awareness of the rules and lack of consistent enforcement of penalties. Improvements in leadership communication systems and stricter enforcement of rules can help increase the effectiveness and success of Avissina Islamic Boarding Schools.

References

Afriansyah, A., Sitorus, A. R., Lubis, A., Anggreni, I., Lubis, Y. M., & Lubis, H. (2022). Pengaruh Sistem Komunikasi, Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan Terhadap Kepuasan Kerja Guru Pondok Pesantren. Journal of Business and Economics Research (JBE), 3(3), 364–372. https://doi.org/10.47065/jbe.v3i3.2435

Al-Farabi. (1995). Arâ’ Ahl al-Madînah al-Fâdhilah wa Madhâdâtiha (1st ed.). Daar Maktabah al-Hilal.

Amin, M. (2019). Kepemimpinan dalam Islam. Resolusi: Jurnal Sosial Politik. https://doi.org/10.32699/resolusi.v2i2.1034

Amiroh, K., & Afrianti, A. Y. (2022). Komunikasi Dalam Kepemimpinan Di Pondok Pesantren Ribathul Qur’an Wal Qiraat Malang. Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 266. https://doi.org/10.32478/leadership.v3i2.1150

Bagaskara, T. A. P. S. A. L. M. A. R. A. S. P. D. B. (2023). Pemerataan Infrastruktur Telekomunikasi untuk Kesejahteraan Digital. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) 9, 7, 9–17. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/

Chaniago, S. A. (2017). Kepemimpinan Islam dan Konvensional (Sebagai Studi Perbandingan). Religia, 13(2). https://doi.org/10.28918/religia.v13i2.184

F.Charis, M., Amar, M., Wijongko, D., & A. Faza, M. (2020). Kategori Kepemimpinan dalam Islam. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 171–187.

Hafidhuddin, D., & Tanjung, H. (2003). Manajemen Syariah dalam Praktik. Gema Insani Press.

Howe, N., Strauss, W., & Matson, R. J. (2000). Millennials Rising: The Next Great Generation. Tandem Library. https://books.google.co.id/books?id=6JNRPwAACAAJ

Husna, N. (2017). Dampak media sosial terhadap komunikasi interpersonal pustakawan di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Libria, 9(2), 183–196.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia dan Badan Pusat Statistik. (2018). Statistik Gender Tematik, Profil Generasi Milenial Indonesia. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia dan Badan Pusat Statistik.

Maria, S. (2022). Gaya Komunikasi Kepemimpinan Jazilul Fawaid terhadap Persepsi Santri NU. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 14037–14042. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4663%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/4663/3938

Neprializa. (2015). Manajemen Budaya Sekolah Neprializa. Manager Pendidikan, 9(3), 419–429.

Putri, N. E., & Kusumadinata, A. A. (2023). Keterampilan Komunikasi Budaya Di Pesantren. Karimah Tauhid, 2(4), 901–908.

Raya, M. K. F. (2017). Perbandingan Pendidikan Formal Dengan Pendidikan Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1 SE-Articles), 22–46. https://ejournal.uiidalwa.ac.id/index.php/jpi/article/view/30

Rois, M. (2020). Komunikasi Interpersonal Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Santri. Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 77–92.

S.Harahap, S. (2011). Etika bisnis dalam perspektif islam. Salemba.

Sari, F. M., Yusnadi, Y., & Samosir, H. E. (2023). Struktur Sosial Komunikasi Organisasi dalam Perspektif Klasik, Humanis, Integratif, dan Kontemporer. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 4(2), 334. https://doi.org/10.29103/jspm.v4i2.12415

Sinn, A. I. A. (2017). Manajemen Syariah Sebuah Kajian Historis dan Kontemporer. Raja Grafindo Persada.

Sudahri, S. (2018). Tradisi Komunikasi Di Pondok Pesantren Tradisional Dan Pondok Pesantren Modern. MEDIAKOM, 1(2). https://doi.org/10.32528/mdk.v1i2.1573

Suryani, L. (2015). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Kepemimpinan(Pemimpin, Pengikut) Terhadap Motivasi Karyawan Dalam Memasarkan Produk PT Telkom Indonesia Graha Telkom BSD. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 2(2), 36–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/Inovasi.v2i2.p%25p.644

Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097

Syarifudin, E. (2004). TEORI KEPEMIMPINAN. ALQALAM, 21(102), 459. https://doi.org/10.32678/alqalam.v21i102.1644

Wasta Utami, N. (2018). Komunikasi Interpersonal Kyai dan Santri dalam Pesantren Modern di Tasikmalaya, Sebuah Pendekatan Interactional View. Jurnal Komunikasi, 12(2), 141–152. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol12.iss2.art4

Yudiaatmaja, F. (2013). Kepemimpinan : Konsep, Teori dan Karakternya. Procedia - Social and Behavioral Sciences, IV(2), 29–38. http://dx.doi.org/10.1016/j.intman.2016.11.002%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.tele.2017.10.007%0Ahttp://ilp.ut.ac.id/index.php/JOM/article/view/432%0Ahttp://dx.doi.org/10.3926/jiem.1530%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.bushor.2017.11.007%0Ahttps://doi.org/10.10

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764

Zulfikar, Z. (2020). Komunikasi Organisasi Antara Dewan Guru Dengan Pimpinan Dayah:(Studi Di Dayah Jamiah Al-Aziziyah Kecamatan Samalanga). Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 7(1), 18–29.

Downloads

Published

2023-12-31

Citation Check