Strategi Komunikasi Lembaga Barka Training dan Consulting Indonesia dalam Pelaksanaan Pelatihan
DOI:
https://doi.org/10.30983/al-jamahiria.v1i1.6503Abstract
Kajian ini untuk melihat bagaiamana strategi komunikasi lembaga BARKA Trainingg & Consulting dalam pelaksanaan pelatihan. Kajian ini menggunakan pendekatan penelitian metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dookumentasi yang kemudian dianalisis dengan tiga tahapan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komnikasi lembaga BARKA menerapkan konsep strategi komunikasi model Philip Lesly dengan tahapan riset, perencanaan program, pelaksanaan komunikasi, umpan balik, dan evaluasi program pelatihan. Komunikasi yang dibangun lembaga BARKA dalam pelatihan mengedepanka prinsip komunikasi dua arah dengan model partisipatif antara trainer dan peserta pelatihan.
This study is to see how the communication strategy of the BARKA Training & Consulting institution is in implementing the training. This study uses a descriptive qualitative research method approach. Data collection was carried out by observation, interviews and documentation which were then analyzed using the three stages of data analysis by Miles and Huberman's model. The results of the study show that the communication strategy of the BARKA institution applies the Philip Lesly model communication strategy concept with the stages of research, program planning, communication implementation, feedback, and training program evaluation. The communication built by the BARKA institution in training puts forward the principle of two-way communication with a participatory model between trainers and training participants.
References
Artanti, Evy Febri, and Alwi Suddin. 2019. “Pengaruh Kompetensi, Komunikasi, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Dosen Di Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta.†Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia 13: 261–69.
BARKA. 2013. “Dokumen Pendirian Lembaga Barka Training & Consulting.†Padang Panjang.
Ibekwe-Sanjuan, Fidelia. 2018. “Combining an Arts-Informed and Textual Approach to Teaching Information and Communication Theories.†Education for Information 34 (1): 39–53. https://doi.org/10.3233/EFI-189005.
Kamus Lengkap. n.d. “Input Kata Consulting.†Kamuslengkap.Com.
kamuslengkap. n.d. “Input Kata Training.†Kamuslengkap.Com.
Karyaningsih, Ponco Dewi. 2009. Ilmu Komunikasi. 1st ed. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
MA, Nurcholis. 2020. “Ada Kartu Pra-Kerja, Menaker Minta Optimalkan Training Center.†Detik.Com. 2020.
Mubarrak, Zakki, and Indri Rachmawati. 2019. “Strategi Komunikasi Bidang Perlindungan Anak DP2KBP3A Kabupaten Bandung Dalam Mencegah Kasus Kekerasan Anak Communication Strategy of DP2KBP3A for Child Protection in Bandung Regency for Preventing Cases of Child Violance Rights of the Child ( 1989 ), Kek.†In Prosiding Manajemen Komunikasi, 496–502. Bandung: Universitas Islam Bandung.
Nurdianti, Siti Rahma. 2014. “Analisis Faktor-Faktor Hambatan Komunikasi Dalam Sosialisasi Program Keluarga Berencana Pada Masyarakat.†Jurnal Ilmu Komunikasi 2 (2): 149.
Rijali, Ahmad. 2018. “Analisis Data Kualitatif.†Alhadrah 17 (33): 81–95.
Rosita, Diana, and Nunin Indah Pratiwi. 2018. “Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Literais Media Di Dinas Komunikasi Dan Informasi (Diskominfo) Bali.†Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial 2 (1): 1–12.
Rustan, Ahmad Sultra, and Nurhakki Hakki. 2017. Pengantar Ilmu Komunikasi. 1st ed. Yogyakarta: Deepublish.
Suyitno. 2018. Metode Penelitian Kualitatif: Konsep, Prinsip, Dan Operasionalnya. Akademia Pustaka. 1st ed. Tulung Agung: Akademia Pustaka.
“Wawancara Bidang Konsorsium Dan SOP BARKA Abdul Halim AL Farisi.†2022. Padang Panjang.
“Wawancara Bidang Operasional Dan GA BARKA Ilhamdi Putra.†2022. Padang Panjang.
“Wawancara Direktur BARKA Maisar Setiawan Munaf.†2022. Padang Panjang.
Wijaya, Ida Suryani. 2015. “Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam Kegiatan Pembangunan.†Lentera 18 (1): 53–61.
———. 2017. “428-Article Text-1096-1-10-20160423.†Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam Kegiatan Pembangunan XVIII (VOL 17, NO 1 JUNI (2015): LENTERA): 53–61.
Yusuf, Muhammad Fahruddin. 2021. Pengantar Ilmu Komunikasi. 1st ed. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.