Analisis Framing Pembertitaan Perayaan Halloween di Riyadh Season Festival, Arab Saudi Tahun 2022 Pada Media Republika.co.id dan Kompas.com

Authors

  • Mhd Shaddam Prahadjie State Islamic University Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/al-jamahiria.v1i1.6426

Abstract

Riyadh Season Festival adalah festival budaya terbesar di Riyadh, Arab Saudi. Acara ini menampilkan beragam kegiatan seperti musik, seni, dan pameran untuk pengunjung dari dalam dan luar negara. Salah satu atraksi utama adalah "Weekend Scary," sebuah festival yang mengadopsi perayaan Halloween di Arab Saudi. Acara ini dirancang khusus untuk penggemar ketegangan dan horor. Berita tentang festival ini menyebar di Indonesia melalui Republika.co.id dan Kompas.com. Republika.co.id lebih fokus pada kontroversi dan kritik terkait perbedaan perlakuan terhadap perayaan tersebut, khususnya dalam konteks syariat Islam dan perayaan Maulid Nabi. Kompas.com lebih menekankan perubahan sosial dan budaya serta partisipasi positif masyarakat dalam merayakan Halloween di Arab Saudi sebagai bagian dari festival musiman. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan model analisis framing Robert Entman. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan observasi terhadap pemberitaan Republika.co.id dan Kompas.com mengenai Halloween di Arab Saudi. Analisis framing menunjukkan fokus yang berbeda, dengan Republika.co.id lebih menyoroti kontroversi dan kritik, sementara Kompas.com lebih menekankan perubahan sosial dan partisipasi masyarakat dalam perayaan Halloween sebagai bagian dari festival musiman di Arab Saudi.

Riyadh Season Festival is the largest cultural festival in Riyadh, Saudi Arabia. The event showcases various activities such as music, art, and exhibitions for visitors from within and outside the country. One of the main attractions is the "Weekend Scary," a festival that adopts Halloween celebrations in Saudi Arabia. This event is specifically designed for fans of suspense and horror. News about this festival spread in Indonesia through Republika.co.id and Kompas.com. Republika.co.id focuses more on controversies and criticism related to the differential treatment of these celebrations, particularly in the context of Islamic Sharia and the celebration of Prophet Muhammad's birthday. On the other hand, Kompas.com emphasizes social and cultural changes as well as the positive participation of the community in celebrating Halloween in Saudi Arabia as part of the seasonal festival. The research used a qualitative method with Robert Entman's framing analysis model. Data was collected through documentation and observation of the news articles on Republika.co.id and Kompas.com regarding Halloween in Saudi Arabia. The framing analysis reveals different focuses, with Republika.co.id highlighting controversies and criticisms, while Kompas.com emphasizes social changes and community participation in Halloween celebrations as part of the seasonal festival in Saudi Arabia.

References

Aulia, N. (2018). Konstruksi Realitas Sosial di Media Massa Organisasi Papua Merdeka dengan aparat Keamanan RI di Kompas.com. Jakart : UIN Syarif Hidayatullah.

DISNAKERTRANS, P. (2020). Sejarah Ikatan Cendekiawan Muslim di Indonesia.

Eriyanto. (2002). Analisis Framing : Kontruksi, Ideologi, dan Politik Media. Lkis.

Frimansyah, T. (2022). Saudi Bolehkan Hallowen, Benarkah Larang Maulid ?

Halloween. (n.d.).

Hutton, R. (2001). Stations of the Sun: A History of the Ritual Year in Britain. Oxford Paperback.

Kompas. (n.d.). Profil Kompas.

Pinontoan, N. A., & Wahid, U. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Banjir Jakarta Januari 2020 Di Harian Kompas.Com Dan Jawapos.Com. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 12(1), 11–24. https://doi.org/10.23917/komuniti.v12i1.9928

Prabandari, A. I. (2021). 5 Fungsi Media Massa, Sebagai Opini Publik hingga Sarana Pengawasan Pemerintah.

Pratiwi, A. (2018). KONSTRUKSI REALITAS DAN MEDIA MASSA (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN LGBT DI REPUBLIKA DAN BBC NEWS MODEL ROBERT N. ENTMAN. THAQÃFIYYÃT, 19(1).

Psupita, T. (2021). Apa Itu Framing Effect.

PUERATAMA, A. G. (2020). Analisis Framing Berita Tentang Aisyah Istri Rasulullah Dalam Republika Online Dan Kompas. Com.

Puji, S. (2016). Konstruksi Sosial Media Massa Puji Santoso Dosen Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Al-Balagh, 1(1), 34.

Puspitasari, D. A. (2020). ANALISA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SISFO) DAN JARINGAN DI UNIVERSITAS BINA DARMA.

Romeltea. (2020). Pengertian Online atau Darinng.

Sadiman, A. F. (2017). Komunikasi dan Teknologi Informasi. Pustaka Setia.

Tamburaka, A. (2012). Agenda Setting Media Massa. RajaGrafindo Persada.

Tamburaka, A. (2013). Literasi Media : Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. PT. Raja Grafindo Persada.

Visitors, S. (n.d.). Riyadh Season 2022 : All You Need to Know Abouth Riyadh Season Activities.

Downloads

Published

2023-06-30

Citation Check