Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (Pmri) dalam Membangun Karakter Peserta Didik


Authors :
(1) Dwi Mila Febrian Mail (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Indonesia)
(2) Iltavia Iltavia Mail (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia)
(3) Ergusni ergusni Mail (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Indonesia)

Abstract


In the world of education, the cognitive, psychomotor, and affective  realms are three interrelated domains. Therefore, efforts to educate students in the realities of daily life must be balanced with character education. The formulation of the problem in this study is how to describe PMRI in building student character? The purpose of this study is to describe PMRI in building student character.

This type of research is library research, namely critically reviewing arguments or findings regarding PMRI in building student character in a literature. The data collection technique in this research is documentation. The author uses two literatures as the main source of research data and three literatures as sources of supporting research data. The data that has been collected is then analyzed so that conclusions can be drawn to solve the topic of the problem in this study.

Based on the research results show that PMRI can build students' character. PMRI can build student character through a philosophical foundation (strong interest, appreciation, and humanity), PMRI principles (motivation, high curiosity, hard work, honesty, confidence, courage to defend opinions, be responsible, accept friends' opinions, independence and creative thinking), PMRI characteristics (curiosity, independence, creative thinking, honesty, independence, persistence, and hard work), and PMRI steps (independent, friendly/communicative, honest, working hard in solving problems), creative, democratic, and high curiosity) ensure that PMRI has the potential to grow and build these characters.

 

Dalam dunia pendidikan, ranah kognitif, ranah psikomotor, ranah efektif adalah tiga bidang terkait. Jadi upaya pendidikan siswa di dalam realita kehidupan sehari – harinya yang harus diseimbangkan dengan pendidikan yang mengutamakan karakter. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana mendeskripsikan PMRI dalam membangun karakter siswa?. Adapun tujuan didalam penelitian ini adalah untuk dapat  mendeskripsikan PMRI dalam membangun karakter peserta didik.

Jenis penelitian dalam kegiatan  ini adalah penelitian kepustakaan (library research) adalah mampu meninjau secara kritis argumen atau temuan mengenai PMRI dalam membangun karakter peserta didik dalam sebuah literatur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Penulis memakai dua buah dokumen sebagai sumber data penelitian utama dan tiga buah dokumen sebagai sumber data pendukung penelitian. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis agar dapat dibuat kesimpulan untuk menjawab topik masalah dalam penelitian.

Hasil penelitian adalah  menunjukan bahwa PMRI dapat membangun karakter siswa. PMRI yang dapat membangun karakter siswa melalui landasan filosofis (minat yang kuat, apresiasi, dan humanis), prinsip – prinsip PMRI (motivasi, rasa ingin tahu yang tinggi, berkerja keras, jujur, keyakinan, keberanian mempertahankan pendapat, bertanggungjwab, menerima pendapat teman, mandiri dan berpikir yang kreatif), karakteristik PMRI (rasa ingin tahu, mandiri, berpikir yang kreatif, kejujuran, kemandirian, kegigihan, dan kerja keras), dan langkah – langkah PMRI (mandiri, bersahabat/komunikatif, jujur, bekerja keras dalam kegiatan penyelesaian masalah, kreatif, demokratis, dan rasa ingin tahu yang tinggi) menjamin bahwa PMRI sangatlah potensial dalam menumbuhkan dan membangun karakter siswa di sekolah


Keywords


PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK; PEMBELAJARAN MATEMATIKA; PMRI

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/lattice.v3i1.6560

References

G. Kencanawaty, “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Pelajaran Matematika,” MathEducation Nusant., vol. 2, no. 2, pp. 194–200, 2019.

P. Panoyo, Y. Riyanto, and W. Handayaningrum, “Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Menengah Atas,” Halaqa Islam. Educ. J., vol. 3, no. 2, pp. 111–117, 2019, doi: 10.21070/halaqa.v3i2.2714.

I. A. Rakhmawati and N. N. Alifia, “Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika sebagai Penguat Karakter Peserta didik,” J. Elektron. Pembelajaran Mat., vol. 5, no. 2, pp. 186–196, 2018.

F. Rahmi, I. Iltavia, and R. H. Zarista, “Efektivitas Pembelajaran Berorientasi Matematika Realistik untuk Membangun Pemahaman Relasional pada Materi Peluang,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 3, pp. 2869–2877, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i3.673.

M. Sari and Asmendri, “Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA,” Nat. Sci. J. Penelit. Bid. IPA dan Pendidik. IPA, vol. 6, no. 1, pp. 41–53, 2020.

U. Fatmahanik, “MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI MI”.

A. Prabowo, “Memahat Karakter Melalui Pembelajaran Matematika,” Proc. Fourth Int. Conf. Teach. Educ., no. November, pp. 165–177, 2010.

N. Kesumawati, “Kreativitas Berpikir Matematis Dalam Pembelajaran Berkarakter,” Delta-Pi J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2014.

I. Kusmaryono, “PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN METODE OUTDOOR MATHEMATICS,” J. Penelit. Pendidik. Pendidik Sekol. Dasar, vol. 6, no. August, p. 128, 2016.

A. Prabowo and P. Sidi, “Potensi PMRI sebagai inovasi dalam pembelajaran matematika,” Pdf-Archive.Com, 2011, [Online]. Available: http://www.pdf-archive.com/2011/03/16/12-agung-prabowo-pramono-sidi/12-agung-prabowo-pramono-sidi.pdf

U. Fatmahanik, “Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi),” Cendekia J. Kependidikan dan Kemasyarakatan, vol. 14, no. 1, p. 109, 2016, doi: 10.21154/cendekia.v14i1.550.

W. A. Najwa, “Pendekatan PMRI sebagai Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran Matematika,” Prism. Prosicing Semin. Nas. Mat., vol. 1, pp. 575–581, 2018.

R. Dewi, R. Ilma, I. Putri, and Y. Hartono, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis PMRI Materi Jajargenjang,” J. Mat. Kreat., vol. 9, no. 1, pp. 78–83, 2018, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano

G. F. Purba, A. Rohana, F. Sianturi, M. Giawa, E. Manik, and A. S. Situmorang, “Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Konsep Merdeka Belajar,” SEPREN J. Math. Educ. Appl., vol. 04, no. 01, pp. 23–33, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1

Novitasari, “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA”.

S. Ningsih, “Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah,” J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, p. 73, 2014, doi: 10.18592/jpm.v1i2.97.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/lattice.v3i1.6560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dwi Mila Febrian, Iltavia Iltavia, Ergusni Ergusni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

The Journal Indexed by:
MORAREF GARUDA Google Scholar Crossref

Creative Commons License
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License