Korelasi antara Literasi Bahasa Indonesia dan Literasi Numerasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika


Authors :
(1) Saddam Al Aziz Mail (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
(2) Yesi Septriyanti Mail (MTsN 9 Padang Pariaman, Indonesia)

Abstract


This research includes ex post facto correlation research, which aims to determine the correlation of the independent (free) variable, namely Indonesian Language Literacy (X), with the dependent variable (tied), namely Mathematical Numerical Literacy (Y). The research was conducted in the January-June 2023 semester in 1 class VIII containing 30 students at a junior high school in Padang. Data was collected by testing one-story test questions. The sampling technique is purposive sampling. Data were analyzed using the Spearman Rank Correlation using the Kolmogorov-Smirnov normality test and hypothesis testing. The correlation coefficient value of Indonesian language literacy with the mathematical numeracy literacy variable is "positive 0.953". So that the relationship/correlation of the two variables is categorized as significant, vital, and in the same direction, this can be interpreted that if the Indonesian language literacy of class VIII students in the sample increases, the numeracy literacy of students in solving math problems will also increase, and vice versa.

 

Penelitian ini termasuk penelitian korelasi expost facto yang bertujuan mengetahui korelasi  variabel independen (bebas) yaitu Literasi Bahasa Indonesia (X) dengan variabel dependen (terikat) yaitu Literasi Numerasi Matematika (Y). Penelitian dilakukan semester Januari-Juni 2023 pada 1 kelas VIII berisi 30 siswa pada suatu SMP di kota Padang. Dikumpulkan data dengan mengujikan 1 soal tes cerita. Teknik pengambilan sampelnya purposive sampling. Data dianalisis dengan uji normalitas Kolmogorov Smirnov dan uji hipotesis menggunakan Korelasi Spearman Rank. Nilai koefisien korelasi literasi bahasa Indonesia dengan variabel literasi numerasi matematika bernilai “positif 0,953”. Sehingga hubungan/korelasi kedua variabel tersebut dikategorikan signifikan, kuat, dan searah. Hal ini dapat diartikan bahwa jika literasi bahasa Indonesia siswa kelas VIII pada sampel semakin meningkat maka literasi numerasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal matematika juga akan semakin meningkat, begitu pula sebaliknya. 


Keywords


Literasi Bahasa Indonesia; Literasi Numerasi Matematika

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/lattice.v3i1.6324

References

R. Rahayu, S. Iskandar, and Y. Abidin, “Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia,” J. Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 2099–2104, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2082.

L. Hewi and M. Shaleh, “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini),” J. Golden Age, vol. 4, no. 01, pp. 30–41, 2020, doi: 10.29408/jga.v4i01.2018.

L. Pritchett and M. Viarengo, “Learning Outcomes in Developing Countries: Four Hard Lessons from PISA-D,” no. April, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.35489/BSG-RISE-WP_2021/069

F. Rachmah, “ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PISA : FORMULATE DAN EMPLOY,” vol. 3, no. 2, pp. 56–64, 2022.

I. Pratiwi, “Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 4, no. 1, p. 51, 2019, doi: 10.24832/jpnk.v4i1.1157.

A. T. Hasibuan and A. Prastowo, “Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi,” MAGISTRA Media Pengemb. Ilmu Pendidik. Dasar dan Keislam., vol. 10, no. 1, pp. 26–50, 2019, doi: 10.31942/mgs.v10i1.2714.

Masjaya and Wardono, “Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM,” Prism. Pros. Semin. Nas. Mat., vol. 1, pp. 568–574, 2018.

H. N. Dinni, “HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika,” Prisma, vol. 1, pp. 170–176, 2018.

S. R. Janah, H. Suyitno, and I. Rosyida, “Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21,” Prism. Pros. Semin. Nas. Mat., vol. 2, pp. 905–910, 2019, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305

P. Nurhidayati, N. A. Noor, and N. Nurwiatin, “Hubungan Penguasaan Literasi Matematika dengan Kemampuan Berpikir Matematis,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. STKIP Kusuma Negara III, pp. 172–179, 2021.

Z. Hijjayati, M. Makki, and I. Oktaviyanti, “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 3b, pp. 1435–1443, 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i3b.774.

A. P. Bungsu and F. Dafit, “Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar,” vol. 4, no. 3, pp. 522–527, 2021.

R. Hermawan, N. Rumaf, and S. Solehun, “Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong,” J. Papeda J. Publ. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 56–63, 2020, doi: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.411.

U. Timor, P. Bahasa, J. Km, and K. Sasi, “PENGEMBANGAN SOAL LITERASI MEMBACA MODEL PISA DEVELOPMENT OF PISA MODEL READING LITERACY QUESTIONS BASED ON,” vol. 7, pp. 42–50, 2022.

L. Tahmidaten and W. Krismanto, “Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya),” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 10, no. 1, pp. 22–33, 2020, doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

OECD, “Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 Result Indonesia,” Oecd 2019, pp. 79–79, 2019.

C. Chairunnisa, “PENGARUH LITERASI MEMBACA DENGAN PEMAHAMAN BACAAN (Penelitian Survei pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta),” J. Tuturan, vol. 6, no. 1, p. 745, 2018, doi: 10.33603/jt.v6i1.1584.

F. Indrawati, “Peningkatan kemampuan literasi matematika di era revolusi industri 4.0 [Improving mathematical literacy skills in the era of the industrial revolution 4.0],” Proceeding Semin. Nas. Sains, vol. 1, no. 1, pp. 382–386, 2020, [Online]. Available: http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4064

Y. Abidin, T. Mulyati, and H. Yunansah, Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis, 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

A. Rosita and S. Bina Nusantara Semarang, “Unnes Journal of Mathematics Education Research Discovery Learning-PMRI in Improving Mathematics Literacy of Junior High School Students Article Info,” Anik Rosita, Wardono, Kartono/ Unnes J. Math. Educ. Res., vol. 7, no. 1, pp. 35–39, 2018, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

S. Nugrahanto and D. Zuchdi, “Indonesia PISA Result and Impact on The Reading Learning Program in Indonesia,” vol. 297, no. Icille 2018, pp. 373–377, 2019, doi: 10.2991/icille-18.2019.77.

N. R. Aini, D. T. Suharto, Erfan Yudianto, and T. B. Setiawan, “Analisis Berpikir Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Pokok Bahasan Pola Bilangan Berdasarkan Kecerdasan Majemuk,” Kadikma, vol. 9, pp. 127–135, 2018.

I. Aritonang and I. Safitri, “Pengaruh Blended Learning Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 735–743, 2021.

M. F. Atsnan, R. Y. Gazali, and M. L. Nareki, “Pengaruh pendekatan problem solving terhadap kemampuan representasi dan literasi matematis siswa The effect of problem solving approach toward students ’ mathematical representation and literacy skill,” vol. 5, no. 2, pp. 135–146, 2018.

V. C. Fatwa, A. Septian, and S. Inayah, “Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 3, pp. 389–398, 2019, doi: 10.31980/mosharafa.v8i3.535.

F. Tasman, A. Dewanti, D. W. Hutapea, P. Ayu, K. Sn, and A. S. Lubis, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING TO LEARN PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT Universitas Negeri Padang , Padang , Indonesia SMP Negeri 6 Padang Panjang , Padang Panjang , Indonesia Abstrak PENDAHULUAN Literasi matematika merupakan kemampuan seseorang untuk ,” vol. 11, no. 3, pp. 1749–1759, 2022.

F. G. Fauzi, F. Melyana, D. Rahmawati, S. Yasmin, and A. Nurrahmah, “Analisis Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII Di SMP Petri Jaya Jakarta Timur Pada Konten Aljabar,” Orig. Res., vol. 1, no. 2, pp. 83–91, 2021.

S. Rismen, W. Putri, and L. H. Jufri, “Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 348–364, 2022, doi: 10.31004/cendekia.v6i1.1093.

F. S. Siskawati, F. E. Chandra, and Tri Novita Irawati, “Profil Kemampuan Literasi Numerasi di Masa Pandemi Cov-19,” Pedagog. J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 101, p. 258, 2020, [Online]. Available: http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1673

I. Salsabilla and Y. M. Hidayati, “Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS),” JKPD J. Kaji. Pendidik. Dasar, vol. 6, no. 1, pp. 92–107, 2021.

M. D. Pamungkas and Y. Franita, “Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 3, pp. 493–502, 2019.

T. B. Handayani, N. Ratnaningsih, and P. Lestari, “Analisis Literasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Metacognitive Awareness,” GAUSS J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 53–66, Dec. 2022, doi: 10.30656/gauss.v5i2.5622.

M. Suwarno and R. A. Ardani, “Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan PISA Level 4,” Sq. J. Math. Math. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 107–115, 2022, doi: 10.21580/square.2022.4.2.12401.

M. Tohir, “Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015,” Pap. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 1–2, 2019, [Online]. Available: https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/

I. Pratiwi, L. Solihin, G. Atamadiredja, and B. Utama, “Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018,” Pusat Penelitian Kebijakan, 2021.

R. Purwasih, N. R. Sari, and S. Agustina, “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar,” Numeracy, vol. 5, no. 1, pp. 67–76, 2018.

P. Astuti, “Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi,” Prism. Pros. Semin. Nas. Mat., vol. 1, pp. 263–268, 2018.

T. Kartika, A. I. Mutiudin, and L. Marlina, “Hubungan Kemampuan Literasi Matematis Dengan Pemahaman Baca Dan Intensitas Penggunaan Gadget Siswa Tingkat SMP,” vol. 6, no. 2, pp. 1002–1011, 2022.

D. Y. Madyaratri, Wardono, and A. P. B. Prasetyo, “Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar,” Prism. Prosicing Semin. Nas. Mat., vol. 2, pp. 648–658, 2019.

E. Suharyono and R. Rosnawati, “Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika SMP ditinjau dari Literasi Matematika,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 3, pp. 451–462, 2020, doi: 10.31980/mosharafa.v9i3.819.

A. Rizky Anisa, A. Aprila Ipungkarti, and D. Kayla Nur Saffanah, “Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia,” Conf. Ser. J., vol. 01, no. 01, pp. 1–12, 2021.

K. Saputri, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Membaca Bahasa Indonesia Yang Berkemajuan,” J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar FKIP Unsyiah, vol. 2, no. 1, pp. 98–104, 2017.

H. R. Aulia, “Korelasi Antara Literasi Membaca Dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Smp,” ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Semin. Nas. Pendidik. Mat. Univ. Pekalongan), vol. 3, no. 1, pp. 439–444, 2022.

A. D. K. P. Astuti, “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bobotsari,” AlphaMath J. Math. Educ., vol. 4, no. 2, p. 37, 2020, doi: 10.30595/alphamath.v4i2.7359.

T. R. Hayati and K. Kamid, “Analysis of Mathematical Literacy Processes in High School Students,” Int. J. Trends Math. Educ. Res., vol. 2, no. 3, p. 116, 2019, doi: 10.33122/ijtmer.v2i3.70.

N. Nurlaili, A. Fauzan, Y. Yerizon, E. Musdi, and H. Syarifuddin, “Analisis Literasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Integral,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 3, pp. 3228–3240, 2022, doi: 10.31004/cendekia.v6i3.1734.

K. Y. Noviana and B. Murtiyasa, “Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP,” JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, p. 195, 2020, doi: 10.33603/jnpm.v4i2.2830.

E. Stiadi, A. Putra, and R. Lestary, “Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Komponen Content Ketika Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Pisa Di Smpn 4 Kota Bengkulu,” J. Penelit. Pembelajaran Mat. Sekol., vol. 6, no. 3, pp. 440–449, 2022, doi: 10.33369/jp2ms.6.3.440-449.

R. Masfufah and E. A. Afriansyah, “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, pp. 291–300, 2021, doi: 10.31980/mosharafa.v10i2.825.

N. Anditiasari, “Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita,” Mathline J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 183–194, 2020, doi: 10.31943/mathline.v5i2.162.

A. Z. Wahdah and P. N. Malasari, “Studi Ex Post Facto: Apakah Kecerdasan Emosional Berkontribusi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa,” vol. 4, no. 2, pp. 123–138, 2022, doi: 10.30762/factor.

I. Lenaini, “Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling,” J. Kajian, Penelit. Pengemb. Pendidik. Sej., vol. 6, no. 1, pp. 33–39, 2021.

D. Firmansyah and Dede, “Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review,” J. Ilm. Pendidik. Holistik, vol. 1, no. 2, pp. 85–114, 2022, doi: 10.55927/jiph.v1i2.937.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/lattice.v3i1.6324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Saddam Al Aziz, Yesi Septriyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

The Journal Indexed by:
MORAREF GARUDA Google Scholar Crossref

Creative Commons License
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License