Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Cooperative Learning Tipe Pair Check


Authors :
(1) Tuti Widya Mail (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Bukittinggi, Indonesia)
(2) Aniswita Aniswita Mail (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Bukittinggi, Indonesia)
(3) Intan Sari Mail (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Bukittinggi, Indonesia)

Abstract


overcome this problem is to use the Pair Check type Cooperative Learning model in learning mathematics. The purpose of this study was to find out how the activities of class VIII students of SMPN 4 Lareh Sago Halaban in the 2019/2020 academic year using the Cooperative Learning model of the Pair Check type and to find out how the mathematics learning outcomes of students who used the Cooperative Learning model of the Pair Check type were better than conventional learning. in class VIII of SMPN 4 Lareh Sago Halaban for the 2019/2020 academic year. This type of research is a pre-experimental research design, namely The Static Group Comparison: Randomized Control Group Only Design. The population in this study were all eighth grade students of SMPN 4 Lareh Sago Halaban for the 2019/2020 school year. Sampling was done randomly, obtained class VIII 1 as the experimental class and class VIII 2 as the control class. Activity data was obtained from observation sheets and learning outcomes were obtained from students' mathematics learning test results. Based on the analysis of student activity observations, overall student activities with the Pair Check type Cooperative Learning model are classified as active with an average of 70.19%. From the hypothesis test, it was obtained that tcount = 2.11 and ttable = 1.68, because tcount > ttable, H0 was rejected and H1 was accepted. And from the calculation of SPSS16 obtained a significant value of 0.041, = 0.05 and a significant value <α so that H0 is rejected. It can be concluded that students' mathematics learning outcomes with the Pair Check type of Cooperative Learning Model are better than conventional learning in class VIII of SMPN 4 Lareh Sago Halaban for the 2019/2020 school year".

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa saat pembelajaran  matematika, dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase jawaban ulangan harian siswa kelas VIII SMPN 4 Lareh Sago Halaban Tahun Pelajaran 2019/2020. Terdapat kategori hasil belajar rendah dengan persentase 68,25%. Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Pair Check pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa kelas VIII SMPN 4 Lareh Sago Halaban Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Pair Check dan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model Cooperative Learning tipe Pair Check  lebih baik dari pada pembelajaran konvesional di kelas VIII SMPN 4 Lareh Sago Halaban Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison: Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Lareh Sago Halaban tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, diperoleh kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Data aktivitas diperoleh dari lembar observasi dan hasil belajar diperoleh dari hasil tes belajar matematika siswa. Berdasarkan analisis observasi aktivitas siswa, secara keseluruhan aktivitas siswa dengan model Cooperative Learning tipe Pair Check tergolong aktif dengan rata-rata 70,19%. Dari uji hipotesis diperoleh thitung = 2,11 dan ttabel= 1,68, karena thitung > ttabel  maka H0 ditolak dan H1  diterima. Dan dari perhitungan SPSS16 diperoleh nilai signifikan 0,041,  dan nilai signifikan  sehingga H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika Siswa dengan Model Cooperative Learning tipe Pair Check lebih baik daripada Pembelajaran Konvensional dikelas VIII SMPN 4 Lareh Sago Halaban tahun pelajaran 2019/2020”.


Keywords


Aktivitas, Hasil Belajar, Cooperative Learning Tipe Pair Check

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/lattice.v1i2.5090

References

Ahmad Fandi, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Checks dalam meninggkatkan Motivasi dan Hasil belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Tabulahan Kab. Mamasa, Jurnal Sainsmat, Volume V, Nomor 2.

Aqib Zainal, dkk, 2017, Penelitian Tindakan Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto Suharsimi, 1999, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Istarani dan Muhammad Ridwan, 2015, 50 Tipe, Strategi dan Teknik Pembelajaran Kooperatif, Medan: Media Persada.

Kikot Rasni, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani, Sulawesi Tengah, Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, Volume 6, Nomor 3.

Majid Abdul, 2017, Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rusman, 2016, Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktif Dan Penilaian, Jakarta: PT RajaGrafindoPersada.

Rusmono, 2014, Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu, Bogor: Ghalia Indonesia.

Sanjaya Wina, 2008, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Sardiman, 2012, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Shoimin Aris, 2014, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin Robert E, 2005, Cooperative Learning, London: Allymand Bacon.

Suherman Erman, 2003, Strategi Pembelajaran Kontemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sunarti & Selly Rahmawati, 2014, penilaian dalam kurikulum 2013, Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Suryabrata Sumadi, 2014, Metodologi Penelitian, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Walpole Ronald, 1988, Pengantar Statistika, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Wena Made, 2011, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara.

Yuzianah Dita, Model Pembeajaran Kooperatif untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo, Volume 6, Nomor 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/lattice.v1i2.5090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tuti Widya, Aniswita, Intan Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

The Journal Indexed by:
MORAREF GARUDA Google Scholar Crossref

Creative Commons License
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License