The Effect of Knowledge, Psychological Factors, Technology and Culture in Adopting Islamic Banking

Authors

  • Kumaidi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Asyari Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30983/es.v8i1.8622

Keywords:

Knowledge, psychological, technology, culture, minangkabau, islamic bank

Abstract

This study was conducted to analyze the extent to which knowledge, psychological factors, technology, and culture influence the preferences of the Minangkabau community in conducting transactions with Islamic banks. The design of this research is quantitative correlational. The population in this study consists of the Minangkabau ethnic community in Bukittinggi, aged between 15 and 34 years, with a total population of 48,106 individuals. A sample size of 397 Minangkabau respondents was selected using Slovin’s formula with a critical value of 5%. The sample was determined through combination sampling to ensure the data collected represented all districts in Bukittinggi. Data were gathered through the distribution of questionnaires and analyzed using multiple linear regression analysis techniques. The results of the study indicate that knowledge has a negative but not significant effect on the intention of the community to transact with Islamic banks. Meanwhile, the variables of psychological factors, technology, and Minangkabau culture have a significant positive influence on the Minangkabau community's intention to transact with Islamic banks.

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh pengetahuan, psikologis, teknologi dan budaya terhadap preferensi masyarakat Minangkabau untuk bertransaksi di bank syariah. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Bukittinggi yang beretnis Minangkabau dengan kisaran usia dari 15-34 tahun dengan jumlah populasi 48.106 orang. Dalam penelitian ini diambil jumlah sampel sebanyak 397 responden masyarakat Minangkabau yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dengan nilai kritis 5%. Selanjutnya penentuan pengambilan sampel dilakukan secara combination sampling agar data yang diperoleh menyebar mewakili secara area sampling kesetiap kecamatan yang ada di Bukittinggi. Data dikumpulkan melalui metode penyebaran angket kuisioner yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap intensi masyarakat untuk bertransaksi di bank syariah. Sedangkan variabel Psikologis, Teknologi dan Budaya Minangkabau mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap intensi masyarakat Minangkabau untuk bertransaksi di bank syariah.

 

References

Alfath, K. (2020). Pendidikan Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Al-Manar, 9(1), 125–164. https://doi.org/10.36668/jal.v9i1.136

Alvi Khikmatin, & Putri Setianingsih. (2021). Analisis Peluang Dan Tantangan Lembaga Keuangan Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Terhadap Lembaga Keuangan Konvensional Di Indonesia. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 49–62. https://doi.org/10.51339/iqtis.v3i1.257

Andespa, R. (2017). Pengaruh budaya dan keluarga terhadap minat menabung nasabah di bank Syariah. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(1), 35–49.

Asyari, A. (2014). KEWIRAUSAHAAN Membangun Jiwa Entrepreneurship Dengan Pendekatan Ajaran Islam. STAIN Bukittinggi.

Asyari, A. (2016). Religiosity, Cultural Belief and Economic Behavior in Contemporary Moslim Minangkabau West Sumatera. International Journal Applied Business and Economic Reseacrh (IJABER), 14(13), 8813.

Asyari, A. (2024). Determinan Perilaku Anti Food Waste.

Asyari, Hoque, M. E., Hassan, M. K., Susanto, P., Jannat, T., & Mamun, A. Al. (2022). Millennial generation’s Islamic banking behavioral intention: the moderating role of Profit-Loss sharing, perceived financial risk, knowledge of Riba, and marketing relationship. Journal of Risk and Financial Management, 15(12), 590.

Awaluddin, A., Asyari, A., Nuruddin, A., & Siregar, S. (2021). Developmental model of islamic microfinance institution in minangkabau muslim community using analytical network process (anp). Islam Realitas: Journal of Islamic and Social Studies, 7(1).

Budiarto, K. (2009). Pengantar Bisnis (p. 1). Mitra Wacana Media.

Choidab, A. R., Mudakir, A., Mubarok, A. S., Ramadazanto, A., & Supriadi, B. (2020). Interaksi Agama dan Budaya di Masyarakat (E. Yulaiha & M. T. Rahman (eds.); I). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Crowe, S., Cresswell, K., Robertson, A., Huby, G., Avery, A., & Sheikh, A. (2011). The case study approach. BMC Medical Research Methodology, 11(1), 100. https://doi.org/10.1186/1471-2288-11-100

Daniswara, R. A., & Risko Faristiana, A. (2023). Tranformasi Peran Dan Dinamika Keluarga Di Era Digital Menjaga Keluarga Dalam Revolusi Industri 4.0 Tantangan Dalam Perubahan Sosial. JISPENDIORA: Jurnal Ilmu Sosial, 2(2), 29–43.

Daryusti. (2018). Falsafah Adat Minangkabau Sumatera Barat: Kajian Estetika Tari. MENARA Ilmu, XII(80), 143–151.

DEMINA, D. (2016). Membumikan Nilai Budaya Lokal Dalam Membangun Karakter Bangsa. Ta’dib, 16(1).

Dewi, N. P. S., Hidayat, F., Doriza, S., Budi, Y., Santosa, P., Azzarah, M. A., Suradi, A., Fadjarajani, S., Ariyani, R., & Krisdiyanto, K. (2023). Dasar metode penelitian. PT MAFY MEDIA LITERASI INDONESIA.

Fardius, Y. E. (2017). Nilai-Nilai Filosofis ABS-SBK di Minangkabau. Majalah Ilmu Pengetahuan Dan Pemikiran Keagamaan Tajdid, 20(2), 68–79.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, A., Azman, H. A., & Ismail, I. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Memilih Bank Syariah Dengan Faktor Religiusitas Sebagai Moderating Variable. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 3(1), 1–19.

Handrianto, C. (2012). Paradigma Kepemimpinan “Tungku Tigo Sajarangan” di Minangkabau. Youth Leadership Conference, September 2012, 2.

Hapsari, T. P. (2018). Peran Lingkungan Kampus Dalam Memoderasi Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Wirausaha. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 197–214.

Hendra, M. N. (2023). Kinerja Perbankan di Sumbar Tumbuh Positif, Bank Syariah Paling Moncer.

Kasmir. (2009). Pengantar Manajemen Keuangan: Edisi Kedua. Kencana.

Kusnandar, S. (2012). Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU), Pendapatan Asli Daerah (PAD), Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) dan Luas Wilayah Terhadap Belanja Modal. Jakarta. Universitas Indonesia.,(32), 1–20.

Miftahurrahmah, Hapsara, O., & Hamidah, S. (2023). KONSEP BISNIS ISLAM. Mafy Media Literasi Indonesia.

Ningsih, R., Asyari, A., & Izmuddin, I. (2020). Pengaruh Islamic Human Capital Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 4(2), 163–178.

Nurastuti, W. (2017). Teknologi perbankan.

Pakpahan, D. R. (2017). Pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap perilaku masyarakat pada Bank Syariah di wilayah kelurahan Sei Sikambing d. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 345–367.

Puteri, H. E., Parsaulian, B., & Azman, H. A. (2022). Potential demand for Islamic banking: examining the Islamic consumer behavior as driving factor. International Journal of Social Economics, 49(7), 1071–1085. https://doi.org/10.1108/IJSE-10-2021-0614

Putri, H. E. (2020). Menentukan Populasi dan Sampel puteri 2020. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28776.01285

RIZKIANA, B. (n.d.). PENGARUH ILMU EKONOMI ISLAM, KELUARGA DAN TEKNOLOGI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH STUDI PADA PERANGKAT DESA DI KECAMATAN WONOSARI.

Rozikin, A. Z., & Sholekhah, I. (2020). Islamic Financial Literacy, Promotion, and Brand Image Towards Saving Intention in Sharia Bank. Iqtishadia, 13(1), 95. https://doi.org/10.21043/iqtishadia.v13i1.6489

Rusyaida, R., & Marh, N. F. (2020). Peranan Bundo Kanduang Mengembangkan Wisata Halal Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal di Tirtasari Tilatang Kamang. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 4(2), 179. https://doi.org/10.30983/es.v4i2.3704

Sarwita, H. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung (Studi Kasus Pada Perumda BPR Majalengka). MAKSI Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 4, 36–45.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2).

Wahyulkarima, A., Nurlaeli, I., & Makhrus, M. (2018). Pengaruh Budaya, Psikologis, Pelayanan, Promosi, dan Pengetahuan tentang Produk Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 1(1), 51–79.

Widianita, R., Asyari, A., & Izmuddin, I. (2017). Rasionalitas konsumsi rumah tangga muslim kota bukittinggi. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 1(2).

Zukriman, Z., & Lubis, M. S. (2014). Persepsi Kelompok Rujukan Tigo Tungku Sajarangan Tentang Produk Bank Syariah di Pasaman Barat. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 2(1), 1–14.

Downloads

Submitted

2024-09-18

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles