Analisis Kemudahan Penggunaan, Efisiensi dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan BSM Mobile Banking Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Payakumbuh


Authors :
(1) Sandra Dewi Mail (IAIN Bukittinggi)
(2) Sabri Sabri Mail (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Haji Agus Salim Bukittinggi)
(3) Vina Pandu Winata Mail (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Haji Agus Salim Bukittinggi, Indonesia)

Abstract


This study aims to determine the effect of ease of use, efficiency and security on the interest in transactions using BSM Mobile Banking. To conduct discussions and research, using primary data directly obtained from the object of research through a structured list of statements or questionnaires that have been answered by respondents, this study uses the help of SPSS version 15, and data testing techniques use binary logistic regression analysis. The results of the analysis show that ease of use, efficiency and security have a positive and significant influence on the interest in transacting using BSM Mobile Banking, both partially and simultaneously. The most dominant variable influencing the interest in transacting using BSM Mobile Banking is efficiency.

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/es.v2i2.723

References

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT Adi Mahasatya, Jakarta.

Anastasia, Diana, 2001, Mengenal E-Business,Yogyakarta.

Chopipah, Fifip, 2013,Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Klik BCA Terhadap Kepuasan Nasabah, Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Huda, Ahmad, 2010,Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Dan Tingkat Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Kantor Cabang Pembantu Jamsostek Jakarta, Skripsi ABFII Perbanas Jakarta.

Herawati, Jajuk, 2011, Pengaruh Dimensi Internet Banking Service Quality dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah, Jurnal Ekonomi.

Jogiyanto, 2007,Sistem Teknologi Keperilakuan, Penerbit Andi.Yogyakarta.

Mayasari, Feronika, 2011, Anteseden Dan Konsekuen Sikap Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM), Jurnal Ekonomi.

Rahardjo, Budi, 2001, Aspek Teknologi dan Keamanan dalam Internet Banking, Jakarta.

Supranto, 2006,Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan,Penerbit Rineka. Jakarta.

Supriyono, Maryanto, 2010, Buku Pintar Perbankan, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Suparyanto, 2013, Sekilas Tentang Minat, http://dr-suparyanto.blogspot.com (diunduh pada tanggal 28 Januari 2017)

Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Bisnis, Bandung.

Maharsi, S, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking Dengan Menggunakan Kerangka Techbology Acceptance Model (TAM), Jurnal Ekonomi.

Tjiptono, 2007, Pemasaran Jasa, Bayumedia Publishing, Malang.

Turban, Efraim dkk, 2005, Pengantar Teknologi Informasi, Edisi Ketiga, Penerjemah: Deny Arnos Kwary dkk, Salemba Infotek, Jakarta.

Umar, 2000, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen . PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Yusnaini, 2009, Pengaruh Kualitas Pelayanan Internet Banking Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pada Bank Swasta, Jurnal Ekonomi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/es.v2i2.723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sandra Dewi, Sabri Sabri, Vina Pandu Winata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________
Academia.Edu

Ekonomika Syariah : Journal of Economic Studies
e-ISSN / p-ISSN : 2614-81292614-8137
Organized by : LPPM Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/febi

E : fuaduna.ejurnaliainbkt@gmail.com - fuaduna@iainbukittinggi.ac.id
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

"View Stats"