PENGARUH LABEL HALAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN MAHASISWA IAIN BUKITTINGGI T.A 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.30983/es.v1i1.448Abstract
There are many kind foods product in Indonesia that have been declared halal or already labeled halal issued by the Food and Drugs Assessment Institute of Indonesian Ulema Council (LPPOM-MUI), one of them is instant noodle. This study aims to analyze the effect of halal label on purchasing decisions, the influence of religiosity on purchasing decisions and the effect of halal label and religiosity together on purchasing decisions. The sample in this study is the students of IAIN who purchased instant noodles in the past week that consits of 384 students. The data was colledted by using questionnaire analyzed by using t-test, F-test and SPSS version 16. From the research result, halal label had an effect of 18.2% to purchase decision, religiosity influenced 4.2% to purchase decision and jointly label halal and religiosity influence 19.6% of purchasing decisions. This result implies to the future, that students should be more open to halal label and apply the religion in everyday life. Produk makanan di Indonesia yang sudah dinyatakan halal atau sudah berlabel halal yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Makanan Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) sangat beraneka ragam jenisnya, salah satunya produk makanan mie instan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian, pengaruh religiusitas terhadap keputusan pembelian dan pengaruh label halal dan religiusitas secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa IAIN bukittinggi yang membeli mie instan dalam seminggu terakhir dengan jumlah sampel 384 mahsiswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan data dianalisis dengan mengunakan uji-t, uji-F dan SPSS versi 16. Dari hasil penelitian diperoleh label halal berpengaruh sebesar 18.2% terhadap keputusan pembelian, religiusitas berpengaruh sebesar 4.2% terhadap keputusan pembelian dan secara bersama-sama label halal dan religiusitas berpengaruh sebesar 19.6% terhadap keputusan pembelian. Hasil ini berimplikasi kedepannya mahasiswa harus lebih terbuka terhadap label halal dan lebih mengaplikasikan ilmu agama dalam kehidupan sehari-hari.References
Ady Syahputra & Haroni Doli Hamoraon, 2014. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Masyarakat Kecamatan Perbaungan dalam Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol.2 No.8 hal. 475-487. 2014. Departemen Ekonomi Pembangunan USU
Ancok, Djamaludin dan Fuat Nasori Suroso. 2011. Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi, Cetakan VIII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Anton Bawono, 2011. Kontribusi Religiusitas dalam Perilaku Pengambilan Keputusan Konsumsi. Jurnal Muqtasid Volume 2 Nomor 1, Juni 2011, hal. 115-134
Departemen Agama RI, 2003. Panduan Sertifikasi Halal. Jakarta
Dewi Kurnia Sari & Ilyda Sudardjat, 2013. Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol. 1, No.4, Maret 2013 Departemen Ekonomi Pembangunan USU
Departemen Agama RI, 2000/2001. Pedoman Pangan Halal bagi Konsumsi, Importir dan Konsumsi di Indonesia. Jakarta: Tim Penerbit Buku Pedoman Pangan Halal
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji, 2003. Petunjuk Teknis Pedoman System Produksi Halal, Jakarta: Departemen Agama
Dwiwiyati Astogini, dkk, 2011. Aspek Religiusitas dalam Keputusan Pembelian Produk Halal. JEBA, Vol.13, No.1, Maret 2011. Universitas Jenderal Soedirman
Eri Agustian H & Sujana, 2013. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Wall’s Conello). JIMKES Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 1 No. 2, 2013 hal. 169-178 ISSN 2337 – 7860 STIE Kesatuan Bogor
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Universitas Diponegoro
Kotler, Philip & Amstrong, Gary., 2004. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Moh. Pabundu Tika, 2006. Metodologi Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara
Sarwono, J. 2010. Riset Akutansi Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suharso dan Yudi Sutarso, 2010. Marketing in Practice. Yogyakarta : Graha Ilmu
Sumarwan, Ujang, 2001. Perilaku Konsumen. Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Yuli Mutiah Rambe & Syaad Afifuddin, 2012. Pengaruh Pencantuman Label Halal pada Kemasan Mie Instan Terhadap minat Pembelian Masyarakat Muslim. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 1, No. 1, Desember 2012. Departemen Ekonomi Pembangunan USU
Yusuf qardhawi, 2000. Halal dan Haram dalam Islam, Surakarta: Era Intermedia.
Downloads
Submitted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).