ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCACATAN SIPIL DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN
DOI:
https://doi.org/10.30983/es.v1i1.445Abstract
One of the main functions of the government is to serve the community then the government needs to keep on improving the quality of service. The measure of the success of service delivery is determined by the level of satisfaction of the service recipient. Community satisfaction as a service recipient becomes a benchmark to assess the level of service quality provided. The participation of the public in assessing the quality of service of the government apparatus is the right step in the involvement of society towards the public service policy taken. Salah satu fungsi utama pemerintaha adalah melayani masyarakat maka pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Ukuran keberhasilan penyelenggaraan pelayanan ditentukan oleh tingkat kepuasan penerima pelayanan. Kepuasan masyarakat sebagi penerima pelayanan menjadi tolak ukur untuk menilai tinmgkat kualitas pelayanan yang diberikan. Partisipasi masyarakat dalam menilai kualitas pelayanan aparatur pemerintah merupakan langkah tepat dalam keterlibatan masyarakat terhadap kebijakan pelayanan publik yang diambil.References
Afriza, Ketua RT 03 RW 04 Kelurahan Gurun Laweh Kec. Nanggalo Kota Padang, Wawancara, di Gurun Laweh, 13 Desember 2015.
Ahmad F. Taufiq, SE, Koordinator Pendampingan UMKM Kota Padang, Wawancara, di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, 16 Desember 2015.
Basril, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kota Padang, Wawancara, 21 Desember 2015.
dr. Winanda, Kepala Puskesmas Padang Barat, Wawancara, 13 Desember 2015.
Drs. Barlius, MM, Kabid Dikmen Kota Padang, Wawancara, di ruangan Kabid Dikmen Kota Padang, 21 Desember 2015.
Eri Surya Jaya, SH., MH, Kabid. Operasional Dinas Perhubungan dan Komimfo Kota Padang, Wawancara, di Kantor Dinas Perubungan dan Komimfo Kota Padang, 22 Desember 2015.
H. Endrizal, SE., M.Si, Kepala Dinas Pasar Kota Padang, Wawancara, di Kantor Kepala Dinas Pasar Kota Padang, 08 Desember 2015.
Ilham , Garin dan Guru TPQ Mesjid Nurul Hidayah Kelurahan Indarung, Wawancara, di Mesjid Nurul Hidayah Indarung, 24 Desember 2015.
Ismail Sutan Sairi, Ketua RT 01 RW.03 Lubuk Begalung, Wawancara, di Gurun Laweh Kecamatan Lubuk Begalung, 19 Desember 2015.
Kaharuddin Gonjok, Ketua RW 03 Gurun Laweh, Wawancara, di Gurun Laweh, 14 Desember 2015.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2004 tentang Pendayagunaan Aparatur Negara.
Medi Iswandi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Wawancara, melalui alat komunikasi, 23 Desember 2015.
Mukhtar, Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif, Jakarta: GP Pres Group, 2013.
Nasril, Tokoh Masyarakat Kelurahan Anduring, Wawancara, di Anduring, 13 Desember 2015.
Nurhidayati Liesta, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, Wawancara, di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, 16 Desember 2015.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara No. 13 Tahun 2009, Pedoman Peningkatan Kualitas Pelayanan ublik dengan Partisipasi Masyarakat, Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, 2009
Perda Kota Padang No. 6 Tahun 2014, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2014 – 2019, Bappeda Kota Padang, 2014
Rekapitulasi Bantuan Santunan Kematian Tahun 2015, diperoleh dari Hendri Satriawan, S.Sos, Kasubag Bina Kesra, 14 Januari 2016.
Ria, Warga Air Pacah, Wawancara, di kelurahan air pacah, 24 Desember 2015.
Rian, Penjaga Pintu masuk Objek Wisata Pntai Air Manih, Wawancara, di Pantai Air Manih, 26 Desember 2015.
Riswandi, S.Pd., M.Pd, Kabid Dikdas Kota Padang, Wawancara, di ruangan Kabid Dikdas Kota Padang,18 Desember 2015.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pedekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2007.
Downloads
Submitted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).