RASIONALITAS KONSUMSI RUMAH TANGGA MUSLIM KOTA BUKITTINGGI
DOI:
https://doi.org/10.30983/es.v1i2.432Abstract
Teori perilaku konsumen rasional dalam paradigma ekonomi konvensional didasari pada prinsip-prinsip dasar utilitarianisme, tujuannya adalah untuk memaksimalkan kepuasan (utility) dengan mengutamakan kepentingan individu (self interest). Sedangkan tujuan konsumsi dalam Islam tidak hanya terpenuhinya kebutuhan materi tetapi juga spritual, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pribadi tetapi juga untuk kepentingan orang lain, dalam hal inilah adanya konsumsi sosial dalam Islam (konsumsi akhirat). Karena tujuan utama dari syariat Islam adalah terciptanya maslahah bagi individu dan masyarakat. Penelitian ini menyajikan sebuah survey empiris mengenai penerapan perilaku konsumsi Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah perilaku konsumsi seorang muslim. Apakah dalam melakukan kegiatan konsumsi seorang muslim telah rasional sesuai dengan prinsip dan ajaran agama Islam ataukah belum. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh rumah tangga muslim yang tinggal di kota Bukittinggi. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa perilaku konsumsi rumah tangga muslim Bukittinggi tergolong rasional menurut ajaran Islam. Rasionalitas konsumsi ditunjukkan dengan mengkonsumsi produk halal, tidak berlebihan dalam konsumsi, melakukan konsumsi sosial, membuat prioritas kebutuhan dan membuat perencanaan masa depan dengan menabung.References
Bawono, Anton, 2014, “Kontribusi Religiusitas Dalam Rasionalitas Konsumsi Rumah Tangga Muslimâ€, Inferensi, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 8, No. 2.
Departemen Agama RI, 2008, Mushaf Al-Qur’an Terjemah, Jakarta: Pena Pundi Aksara.
Fauzia, Ika Yunia, dan Abdul Kadir Riyadi, 2014, Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqashid Syariah, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Habibullah, Eka Sakti, “Etika Konsumsi Dalam Islamâ€, Ad-Deenar, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam.
Marthon, Said Sa’ad, 2007, Ekonomi Islam, Di Tengah Krisis Ekonomi Global, Penerjemah Abdul Ikhrom, Dimyauddin, Jakarta: Zikrul Hakim.
Muflih, Muhammad, 2006, Perilaku Konsumen Salam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nasution, Mustafa Edwin, et al., 2007, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam, Jakarta: Kencana.
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI), 2011, Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Rozalinda, 2014, Ekonomi Islam: Teori Dan Aplikasi Pada Aktivitas Ekonomi, Jakarta: Rajawali Pers.
Sholihin, Ahmad Ifham, 2010, Buku Pintar Ekonomi Syariah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Syaparuddin, 2015, “Formulasi Fungsi Maslahah dalam Perilaku Konsumsi Rumah Tangga Muslim†At - Taradhi Jurnal Studi Ekonomi, Volume 6, Nomor 1.
Wigati, Sri, 2011, “Perilaku Konsumen Dalam Prespektif Ekonomi Islamâ€, Jurnal Maliyah, Vol 1, No.1.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).