Sinergisitas Sikap dan Pengetahuan dalam Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Febi IAIN Bukittinggi


Authors :
(1) Harfandi Harfandi Mail (, Indonesia)
(2) Era Sonita Mail (, Indonesia)

Abstract


 

The objective of this research to analysis deeply examine the synergy of attitude and knowledge to develop entrepreneurship spirit of the students of Faculty of Economics and Islamic Business (FEBI) IAIN Bukittinggi. After analyzed qualitatively using; SWOT analysis, SWOT Matrix, and Charge Table Score, it can be pointed out that the synergy of attitude and knowledge in the development of entrepreneurship of students namely; 1) To grow values: honesty, tolerance,  ideas and creativity, awareness of the norms and rules, a strong spirit in learning, a strong drive to excel, confidence, and independence, interest, perseverance, and motivation, the desire to explore and produce economic resources, entrepreneurial spirit and entrepreneurship, And, 2). Realizing knowledge about; entrepreneurship ideas that suits the needs of the market, the development of business prospects, and business management. This research contributed to prepare the graduates who can compete in both academic and non-academic fields

 


Keywords


Attitude, Knowledge, Developing, Entrepreneurship

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/es.v4i1.3266

References

Daftar Pustaka

Alma, Buchari, Kewirausahaan (Bandung: CV. Alfabeta, 2003)

Dwiyanisa, Ashila, ‘Dukungan Bandung Creative City Forum Terhadap Rintisan Usaha Baru Generasi Muda Kota Bandung (Studi Kasus Pada Komunitas NGADUide Sebagai Partner Eksternal BCCF)’, 11.2 (2017), 113–22

Harfandi, ‘Rancangan Strategi Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Dalam Mempersiapkan Lulusan Siap Kerja’, Jurnal STIE Haji Agus Salim, XV.1 (2014), 116–43

Harfandi, Menumbuh Kembangkan Jiea Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Pembentukan Sikap dan Nilai-Nilai Keislaman, Preceeding: Seminar Internasional & Call for Paper, FEBI IAIN Bukittinggi, 31 Oktober 2019, h.175.

Indartati, Nurul., and Rokhima Rostiani, ‘Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandingan Antara Indonesia, Jepang Dan Norwegia’, Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Gadjah Mada), 23.4 (2008), 369–84

Leonardus Salman, Kewirausahaa, Teori, Praktik, Dan Kasus-Kasus (Jakarta: Penerbit Selemba Empat, 2014)

Mas’ud Machfoedz. Dan Mahmud Machfoedz, Kewitrausahaan; Suatu Pendekatan Kontemporer Pengantar (Yogjakarta: UPP AMP YKPN, 2004)

Muharam, Husni, ‘Orientasi Kewirausahaan Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Perkembangan Usaha ( Studi Pada Industri Kecil Bidang Agro Dan Hasil Hutan Di Kabupaten Garut ) Husni Muharam Abstrak’, Wacana Ekonomi, 18 (2013)

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015.

Rangkuti, Freddy., Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, Dan OCAI, PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta., 2013

Rangkuti, Freddy, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis (Jakarta: PT. Gramedia Pusataka Utama, 2016)

Rintan Saragih, ‘Membangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan’, Jurnal Kewirausahaan, 2017

Deddy Saefuloh, ‘Rekognisi Terhadap Peluang Bisnis Online Melalui

Media Sosial Dan Hubungannya Dengan Minat Berwirausaha: Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung’, Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 2020

Soputan, Grace Jenny, Nova Ch Mamuaja, Juliana Ohy, and Made Krisnanda, ‘Program Pengembangan Kewirausahaan Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado’, Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 2020

Suarjana, Anak Agung Gde Mantra, and Luh Mei Wahyuni, ‘Faktor Penentu Minat Berwirausaha Mahasiswa (Suatu Evaluasi Pembelajaran)’, Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 2017

Sukirman, Sukirman, ‘Jiwa Kewirausahaan Dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Perilaku Kewirausahaan’, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2017

Suryana, Y., Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat Dan Proses Menuju Sukses. (Jakarta: Salemba Empat, 2013)

Yuldinawati, L., Tricahyono, D., Anggadwita, G., & Alamanda, D. T., ‘Towards a Framework for ICT-Based Entrepreneurship Development through Business Incubation Processes: Case Study of a Techno Park.’, International Journal of Business and Globalisation, 2018

Rangkuti, Freddy, (2016), Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Saefolah, Deddy, Rekognisi Terhadap Peluang Bisnis Online Melalui Media Sosial dan Hubungannya dengan Minat Berwirausaha: Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung JBK Jurnal Bisnis & Kewirausahaan Volume 16, Issue 1, 2020, h.12.

Salman, Leonardus, (2014), Kewirausahaa, Teori, Praktik, dan Kasus-Kasus, Jakarta: Penerbit Selemba Empat.

Saragih, Rintan, Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial, Jurnal Kewirausahaan, Vol.3, No.2, 2017, h.26

Sukirman, Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausaan Meningkatkan Kemandirian, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 20, No. 1 April 2017, h. 120

Surachim, A., Hurriyati, R., Lisnawati, L., Sulastri, S., & Mulyadi, H. Using Social Media to Promote Student Entrepreneurship. Pertanika Journal of Social Science and Humanities, 26, 2018, h.73-183.

Suryana, (2001), Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. (Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Suryana, (2003), Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Suryana, Y. (2013). Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: SALEMBA EMPAT.

Tim Penyusun, (2017), Profil Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Bukitinggi: IAIN.

Tjahjono, H.K. & Ardi, H. 2008. Kajian Niat Mahasiswa Manajemen Universitas Muham-madiyah Yogyakarta untuk Menjadi Wira-usaha. Utilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16(1) 2008, h. 46-63.

Syafitri, Widya. "Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan Bahasa Inggris: Meninjau Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Perbankan Syariah dalam Menghadapi MEA." EKONOMIKA

SYARIAH: Journal of Economic Studies 3, no. 2 (2019): 75-81.

Zimmerer, W, Thomas, Norman M. Scarborough, (1996), Entreneurshp and The New Venture Formation, Small Business Managemen, New Jersey: Prentice Hall International Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/es.v4i1.3266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Harfandi Harfandi, Era Sonita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________
Academia.Edu

Ekonomika Syariah : Journal of Economic Studies
e-ISSN / p-ISSN : 2614-81292614-8137
Organized by : LPPM Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/febi

E : fuaduna.ejurnaliainbkt@gmail.com - fuaduna@iainbukittinggi.ac.id
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

"View Stats"