Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan Dan Kedekatan Emosional Terhadap Loyalitas Nasabah BSI Tebing Tinggi

Authors

  • Wisnu Agustian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya Tebing Tinggi, Indonesia
  • Rika Surianto Zalukhu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya Tebing Tinggi, Indonesia
  • Fitrianingsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya Tebing , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/krigan.v3i1.9318

Keywords:

Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kedekatan Emosional, Loyalitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh nilai pelanggan, kualoitas pelayanan dan kedekatan emosional Terhadap Loyalitas nasabah. Penelitian ini dilakukan pada nasabah Bank BSI KCP Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan metode Regresi Linear Berganda dengan bantuan program analisis SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Nilai Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. 2). Kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. 3). Kedekatan Emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. 4).Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan dan Kedekatan Emosional berpengaruh secara simultan terhadap Loyalitas Nasabah.

References

Buku

Barnes, J. G. (2013). Secrets of Customer Relationship Management. Yogyakarta: Andi

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Penerbit Universitas Diponegoro, Yogyakarta

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja. Grafindo Persada: Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Harlow : Pearson

Oliver. (2019). Manajemen Pemasaran Jasa. Hilon Tensados

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2019. "Pemasaran Jasa Edisi Terbaru." Yogyakarta: Andi.

Zeithaml, V. A. (2018). Service Quality Dimensions . Services Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). MC Graw Hil Education ducation Limitedndi.

Jurnal/Skripsi/Tesis

Arfifahani , David .2018. "Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Concordia Executive Lounge Terminal A Bandara International Adisutjipto Yogyakarta.", Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 1 No. 3 Maret 2018.42-47

Fitriana, K Firdausia. 2019. "Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan Dan Kedekatan Emosional Terhadap Loyalitas Nasabah."Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Khairunnisa dan Inayatillah.2023. "Pengaruh Kedekatan Emosional Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bsi Kcp 1 Ulee Kareng Banda Aceh" JIHBIZ: Global Journal of Islamic Banking and Finance Volume 5, No. I, 2023 ISSN-E: 2684-8454.

Junaidi. 2017. “Community Participation for the Education in Pesantren Madinatul Muinawwarah Bukittinggi.” Madania 21 (1): 57–66.

Arfifahani , David .2018. "Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Concordia Executive Lounge Terminal A Bandara International Adisutjipto Yogyakarta.", Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 1 No. 3 Maret 2018.42-47

Fitriana, K Firdausia. 2019. "Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan Dan Kedekatan Emosional Terhadap Loyalitas Nasabah."Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Khairunnisa dan Inayatillah.2023. "Pengaruh Kedekatan Emosional Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bsi Kcp 1 Ulee Kareng Banda Aceh" JIHBIZ: Global Journal of Islamic Banking and Finance Volume 5, No. I, 2023 ISSN-E: 2684-8454.

Junaidi. 2017. “Community Participation for the Education in Pesantren Madinatul Muinawwarah Bukittinggi.” Madania 21 (1): 57–66.

Melanda, Yora .2019. "Pengaruh Kedekatan Emosional Dan Atmosphere Terhadap Loyalitas Nasabah Bri Link (Studi Di Kecamatan Bermaniilir Kabupaten Kepahiang)." Diploma thesis, IAIN Bengkulu.

Putri, Fifana Kusuma, Altje L. Tumbel, Woran Djemly. 2021. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Matahari Department Store Di Mantos 2, Jurnal EMBA, Vol.9 No.1 Januari 2021, Hal. 1428-1438

Suharyono, Lutfi, Kadarisman. (2016). "Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan dan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan." Jurnal Administrasi Bisnis. Malang Universitas Brawijaya. 39(1), 81–89.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Wisnu Agustian, Rika Surianto Zalukhu, & Fitrianingsih. (2025). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan Dan Kedekatan Emosional Terhadap Loyalitas Nasabah BSI Tebing Tinggi. Krigan: Journal of Management and Sharia Business, 3(1), 69–82. https://doi.org/10.30983/krigan.v3i1.9318

Issue

Section

Articles

Citation Check