Strategi Marketing Keripik Balado Ane dalam Mendukung Wisata Halal Kota Pariaman

Authors

  • Ainul Mardhiah Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Hanifa Hasna Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/krigan.v1i1.6724

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana bauran pemasaran (produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, dan bukti fisik) menggunakan Keripik Balado ANE; dan (2) bagaimana bauran pemasaran ini mempengaruhi bisnis Keripik Balado ANE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran Keripik Balado ANE cukup baik. seperti kue, keripik, kacang, dan snack lainnya. Keripik Balado ANE memiliki harga yang relatif murah. Metode distribusi tempat menggunakan saluran eksklusif Strategi promosi yang diterapkan memberikan dukungan yang cukup. Sumber daya manusia yang memiliki keahlian. Klien dilayani dengan baik. Tampilan fisik bisnis menarik, tetapi tidak efektif dalam praktiknya. Ini termasuk masalah pengemasan, label harga, pengembangan saluran distribusi, penyediaan sumber daya manusia, dan layanan media sosial seperti Instagram dan feed yang tidak up-to-date.

References

Afrianti, N. (2021). Pengaruh Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Tevina Mart Ukui 1 Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Andi Triyawan, A., & Fitria, A. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Umkm Moeslem Square Ngawi. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(1), 44. https://doi.org/10.29300/aij.v5i1.1708

Basyirah, L., Hapsara, O., & Hamidah, S. (2023). KONSEP BISNIS ISLAM. Mafy Media Literasi Indonesia.

Elli, H. S., Pardian, P., & Syamsiyah, N. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kopi Suka Sangrai Di Kelurahan Suka Asih Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 8(3), 713. https://doi.org/10.25157/jimag.v8i3.5619

Handini, V. A., & Choiriyati, W. (2021). Digitalisasi Umkm Sebagai Hasil Inovasi Dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat Umkm Selama Pandemi Covid-19. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 11(2).

Hatta, I. H., Rachbini, W., & Parenrengi, S. (2018). Analysis of product innovation, product quality, promotion, and price, and purchase decisions. South East Asia Journal of Contemporary Business, 16(5), 183–189.

Idayu, R., Husni, M., & Suhandi, S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 73. https://doi.org/10.35906/jm001.v7i1.729

Jawahar, I. M., & Stone, T. H. (2011). Fairness perceptions and satisfaction with components of pay satisfaction. Journal of Managerial Psychology, 26(4), 297–312.

Perdana, R. A. P., Darminto, & Sudjana, N. (2020). Pengaruh Return On Equity, Earning Per Share dan Debt To Equity Ratio Terhadap Harga Saham Syariah. Akuntansi : Jurnal Akuntansi Integratif, 6(1), 25–39. https://doi.org/10.29080/jai.v6i01.241

Rifantama, S., & Suryaningrum, D. H. (2022). Pengaruh Kompetensi Wirausahawan Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Madiun Dengan Pembiayaan Bank Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Proaksi, 9(1), 40–53. https://doi.org/10.32534/jpk.v9i1.2619

Sufyati H.S, & Savitri, R. T. (2021). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Pengembangan SDM dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pelaku UMKM Di WIlayah Kecamatan Larangan Kota Tangerang Banten. Jurnal Usaha, 2(2), 33–44.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.

Susanti, E., & Oskar, D. P. (2019). Penerapan Bauran Promosi Pada Saluran Distribusi Bagi Produk UMKM Di Kota Padang. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 3(1), 56–71.

Viviani, N. E., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Keterampilan, Pengetahuan, Dan Kemampuan Sdm Terhadap Kinerja Umkm Mebel Di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. Jurnal EMA, 5(1), 29–37. https://doi.org/10.47335/ema.v5i1.46

Waruwu, E. S. S., & Purnomo, H. (2020). Analisis Pengaruh Store Layout, Interior Display, General Interior, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Beli Konsumen Indomaret di Yogyakarta. JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI (EQUILIBRIUM), 14(2).

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles

Citation Check