Pengaruh Display Tata Ruang Toko terhadap Suasana Berbelanja dan Minat Beli pada Indomaret Teladan Medan dalam Tinjauan Teori Muslim Behavior

Authors

  • Sri Rejeki Simanullang Universitas Budi Darma, Indonesia
  • Putri Mayora Sihotang Universitas Budi Darma, Indonesia
  • Suginam Suginam Universitas Budi Darma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/krigan.v1i1.6595

Abstract

Pesatnya perkembangan bisnis retail di Indonesia pada tahun 2017 menuntut retailer untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Salah satu faktor tersebut adalah tata letak produk yang strategis dan tepat. Tata letak yang tepat dapat diketahui dari pola perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tampilan interior di Indomaret Teladan Medan terhadap pembelian impulsif konsumennya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah konsumen Indomaret Teladan Medan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh tampilan produk terhadap suasana berbelanja dan Impulse Buying konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tampilan produk berpengaruh positif signifikan terhadap Impulse Buying. Implikasi dari penelitian ini memberikan saran kepada Indomaret untuk selalu mengembangkan suasana toko dan tampilan produk agar lebih baik dan tertata.

 

The rapid development of the retail business in Indonesia in 2017 requires retailers to pay attention to factors that influence consumer purchasing decisions. One of these factors is a strategic and appropriate product layout. The right layout can be known from consumer behavior patterns. This study aims to determine the effect of interior displays at Indomaret Teladan Medan on impulsive buying of its consumers. The research method used is quantitative research and purposive sampling technique. The population of this study were consumers of Indomaret Teladan Medan. This study aims to explain the effect of product display on shopping atmosphere and Impulse Buying consumers. The results of this study indicate that product display has a significant positive effect on Impulse Buying. The implications of this research provide advice to Indomaret to always develop store atmosphere and product displays to be better and more organized.

References

Afiani, D. (2019). Pengaruh Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Stars. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(3).

Afrianti, N. (2021). Pengaruh Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Tevina Mart Ukui 1 Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Aruman, A. E., Sumardjo, S., Panjaitan, N. K., & Sadono, D. (2018). Model Komunikasi Untuk Membangun Kapasitas Kewirausahaan dan Kesiapan Perubahan Pedagang Pasar Tradisional. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 52–67.

Astina, C. (2018). Analisis Persaingan Ritel Lokal dan Nasional Secara Sosial-Ekonomi di Kota Langsa. J-EBIS (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 187–203.

Bekti, P. S., & Wahyudi, A. (2022). Utilitas Konsumen Muslim. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(3), 853–866.

Chaniago, H., Mulyawan, I., Suhaeni, T., & Jumiyani, R. (2019). Faktor kunci keberhasilan ritel modern di Indonesia. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 7(2), 201–208.

Dhameria, V., Ferdinand, A. T., & MUDIANTONO, M. (2014). Analisis pengaruh keunikan desain kemasan produk, kondusivitas store environment, kualitas display produk terhadap keputusan pembelian impulsif (studi pada pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang). Diponegoro University.

Dharma, O. S., & Magdalena, M. (2020). Pengaruh display produk dan suasana toko terhadap pembelian impulsif pada minimarket Rafa Mart Padang.

Enny, R. (2016). Metodologi penelitian bisnis.

Furqon, I. K. (2018). Teori konsumsi dalam islam. Adzkiya: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 6(1).

Huda, C. (2016). MODEL PENGELOLAAN BISNIS SYARI’AH:Studi Kasus Lembaga Pengembangan UsahaYayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 24(1), 165–188. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/ws.2016.24.1.1140

Imamuddin, M. (2018). Pengaruh label halal dan religiusitas terhadap keputusan pembelian mie instan mahasiswa IAIN Bukittinggi TA 2016/2017. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 1(1).

Kertiana, I. K. D., & Artini, I. G. A. K. S. (2019). Pengaruh Visual Merchandising, Atmosfer Toko, Dan Display Produk Terhadap Impulse Buying Pelanggan Ramayana Denpasar. Udayana University.

Pratiwi, F. A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Store Layout dan Desain Tas Kemasan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Larissa Aesthetic Center di Kudus). IAIN KUDUS.

Rahmadana, N. M. S. (2016). Pengaruh display produk dan suasana toko terhadap pembelian impulsif di minimarket eramart cabang lembuswana samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(3), 683–697.

Rahmat, A., Asyari, A., & Puteri, H. E. (2020). Pengaruh hedonisme dan religiusitas terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 4(1), 39–54.

Rokan, M. K., & SHI, M. H. I. (2013). Bisnis ala Nabi: Teladan Rasulullah Saw. dalam Berbisnis. Bentang Pustaka.

SARI, D. N. (2018). Analisis Tata Letak Bisnis Ritel Melalui Pendekatan Perilaku Konsumen (Studi Kasus KPRI Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 6(2).

Siregar, A. (2016). Ketertarikan Masyarakat Terhadap Bisnis Ritel Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(2).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryaningsih, D. (2008). Pengaruh Tata Letak Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Assalaam Hypermarket. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wardhana, H. W. K., & Rochmaniah, A. (2012). Pengaruh Display Product Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT. Ace Hardware Sidoarjo. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 15–26.

Waruwu, E. S. S., & Purnomo, H. (2020). Analisis Pengaruh Store Layout, Interior Display, General Interior, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Beli Konsumen Indomaret di Yogyakarta. JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI (EQUILIBRIUM), 14(2).

Zafar, A. U., Qiu, J., Li, Y., Wang, J., & Shahzad, M. (2021). The impact of social media celebrities’ posts and contextual interactions on impulse buying in social commerce. Computers in Human Behavior, 115, 106178.

Downloads

Published

2023-09-06

Issue

Section

Articles

Citation Check