TUJUAN PENDIDIKAN DALAM LINGKUP KAJIAN TAFSIR TEMATIK PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.30983/it.v1i2.475Keywords:
Tujuan Pendidikan, Kajian Tafsir Alquran, Tafsir PendidikanAbstract
Pendidikan merupakan kegiatan terencana, yang di dalamnya terdapat berbagai komponen, karenanya pendidikan harus memiliki tujuan yang ingin di capainya. Alquran memberi perhatian penting terhadap pendidikan salah satunya adalah tujuan. Tujuan Pendidikan dalam Alquran jika dilihat dari tujuan, fungsi, dan tugas manusia dapat disimpulkan: (1) Ubudiyah, tujuan ini mengantarkan manusia sebagai subjek didik agar mampu mengarahkan prilakunya semata-mata untuk mengabdi kepada Allah. (2) khalifah fi al-Ardh, tujuan pendidikan pada bagian ini harus mampu memberikan dan membentuk pribadi manusia menjadi pribadi yang mampu mengemban misi memakmurkan bumi dengan acuan nilai-nilai Ilahiah. (3) Membina dan mengembangkan fitrah manusia, tujuan pendidikan pada bagian ini diarahkan untuk mampu mengintegrasikan seluruh potensi yang dimiliki manusia sebagai subjek didik, baik itu potensi jasmani maupun potensi rohani untuk mewujudkan sosok insan paripurna yang mampu melakukan dialektika aktif pada semua potensi yang dimilikinya. (4) Rahmatan lil’alamin, tujuan pendidikan mengantarkan subjek didik agar keberadaannya menjadi rahmat bagi segenap alam, baik bagi sesama manusia, hewan, dan alam sekitarnya dengan mengacu pada nilai-nilai Ilahiah. (5) Memperoleh kesejahteraan dunia dan akherat. Tujuan pendidikan dalam Alquran intinya adalah membina manusia sehingga mampu menjalankan fungsinya sebagai hamba Allah dan khalifahnya dengan memaksimalkan potensinya untuk membangun dunia sesuai dengan konsep yang ditetapkan Allah.References
Alquran dan Terjemahannya, Departemen Agama
Al-Jamaly, Muhammad Fadlil, Filsafat Pendidikan Islam dalam Al-Qur`an,Terj. Judi al-Falasany, Surabaya: Bina Ilmu, 1986.
Arifin, Muzayyin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : PT Bumi Aksara, Cet. I, 2003.
Asari, Hasan, Hadis-Hadis Pendidikan Sebuah Penelusuran Akar-Akar Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2008.
Ashraf, Ali, Horison Baru Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Al-Firdaus, 1989.
Daradjat, Zakiah, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2000.
Faure, Edgar, Belajar Untuk Hidup-Pendidikan Hari Kini dan Hari Esok, Jakarta: Bhratara Karya Aksara, 1980.
Jalal, Abdul Fatah Asas-Asas Pendidikan Islam, dalam Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000, Cet. Ke-3.
Kuntowijoyo, Paradigma Islam – Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan, 1991.
Langgulung, Hasan, Pendidikan Islam dan Peralihan Paradigma, Selangor: Hizbi Press, 1995.
_______________, Asas-Asas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1987.
Manzur, Ibnu, Qamus Lisan al-‘Arab. Juz.4. Beirut : Dar al-Mishriyah, 1992.
Marimba, Ahmad D, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Al-Ma’arif, VIII/1989.
Muhaimin , Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya, Bandung: Trigenda Karya, 1993.
Nata, Abuddin, Pendidikan dalam Prespektif Alquran, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005.
____________, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2010.
Natsir, M.,Capita Selecta, Jakarta: Bulan Bintang, 1973, Cet. Ke-3.
Nizar, Samsul, Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001.
Putra Daulay, Haidar, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2007.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2008.
Saleh, Abdurrahman, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Alquran, Terj. M. Arifin, Zainuddin, Jakarta: Rineka Cipta, I/1990.
Shihab, M.Quraish, Menyingkap Tabir Ilahi: al-Asma’ al-Husna dalam Perspektif Alquran. Lentera Hati: Jakarta, 2006.
----------------------, Tafsir al-Mishbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Alquran. Volume 8. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
----------------------, Membumikan Alquran; Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan, 1997.
----------------------, Tafsir al-Mishbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Alquran. Volume I, Jakarta: Lentera Hati, 2002.
----------------------, Tafsir al-Mishbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Alquran. Volume III, Jakarta: Lentera Hati, 2002.
----------------------, Tafsir al-Mishbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Alquran. Volume XIII Jakarta: Lentera Hati, 2002.
----------------------, Wawasan Alquran: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat, (Mizan: Bandung, 2007.
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000, Cet. Ke-3.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).