Workshop Penyusunan Rencana Anggaran Berbasis Good Corporate Governance untuk Santri Al-Muhajirin III Jombang Jawa Timur

Authors

  • Windi Nur Apriliya Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Raden Johnny Hadi Raharjo Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.30983/dedikasia.v4i2.9087

Keywords:

Cost Budget Plan, Good Corporate Governance, Microsoft Excel, Financial Management, Training

Abstract

This community service activity aims to improve the skills of the students of Pondok Pesantren Al-Muhajirin III Jombang in preparing a Cost Budget Plan (RAB) based on the principles of Good Corporate Governance (GCG) using Microsoft Excel. This training is motivated by the limited understanding of santri in financial management and technical preparation of transparent and accountable budgets. The training method combines theoretical learning and practical application, covering important steps in budgeting, GCG principles: transparency, accountability, responsibility, independence, and fairness, as well as the use of Excel for efficient and accurate financial analysis. The results showed a significant improvement in participants' understanding and skills, enabling them to create detailed and precise budgets in accordance with GCG principles. The program effectively prepared the students to face real-world financial management challenges and emphasized the importance of ethical and professional budget planning. Future initiatives should include ongoing training and long-term mentoring to strengthen the integration of GCG principles in various financial and business contexts.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan santri Pondok Pesantren Al-Muhajirin III Jombang dalam menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) berbasis prinsip Good Corporate Governance (GCG) menggunakan Microsoft Excel. Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan pemahaman santri dalam manajemen keuangan dan teknis penyusunan anggaran yang transparan dan akuntabel. Metode pelatihan ini menggabungkan pembelajaran teoritis dan aplikasi praktis, yang mencakup langkah-langkah penting dalam penyusunan anggaran, prinsip-prinsip GCG yakni transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, kemandirian, dan keadilan, serta penggunaan Excel untuk analisis keuangan yang efisien dan akurat. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta, sehingga memungkinkan mereka untuk membuat anggaran yang rinci dan tepat sesuai dengan prinsip-prinsip GCG. Program ini secara efektif mempersiapkan para siswa untuk menghadapi tantangan manajemen keuangan di dunia nyata dan menekankan pentingnya perencanaan anggaran yang etis dan profesional. Inisiatif di masa depan harus mencakup pelatihan berkelanjutan dan pendampingan jangka panjang untuk memperkuat integrasi prinsip-prinsip GCG dalam berbagai konteks keuangan dan bisnis.

References

Afrilia, D. (2024). Implementasi Good Corporate Governance (GCG) di PT. Kereta Cepat Indonesia Cina (PT. KCIC). Unes Journal of Swara Justisia, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.31933/ujsj.v8i1.435

Ahmadi, M. D. (2021). Penerapan Prinsip Transparansi dan Akuntabilitas dalam Laporan Keuangan PT Garuda Indonesia Dihubungkan dengan Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-01/MBU/2011 Tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada BUMN. https://doi.org/10.29313/.v7i1.25057

Álvarez Contreras, D. E., Montes Padilla, J. D., & Osorio Martínez, C. D. (2023). Management skills as a factor of business competitiveness. Región Científica. https://doi.org/10.58763/rc2023109

Baba, Z. S., Muda, H., Wan Abdullah, W. A., Wan-Mohamad, W. I. A., Harun, M. H., Jusoh, H., & Abdul Ghani, M. T. (2022). Awareness of Accrual-based Budgeting in the Malaysian Public Sector. IPN Journal of Research and Practice in Public Sector Accounting and Management, 12(01), 79–101. https://doi.org/10.58458/ipnj.v12.01.04.0077

Chowdhury, P. (2021). Preparing Modified Bonding Representations Inventory: Challenges and Solution. Indonesian Journal Of Educational Research And Review, 4, 441–448. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i2

D., S. (2023). Pelatihan Pembuatan Rab Kegiatan Prasarana Secara Sederhana Sesuai Permen Pupr No.1 Tahun 2022. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 2(3), 195–295. https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v2i3.2865

Hamid, A. (2022). Implementation of Active Learning Methods in Islamic Elementary School Implementasi Metode Active Learning di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Education, 5(1). https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v5i1.932

Jendriadi, J., Andriantoni, A., Ismira, I., Sukandar, W., Alfiyandri, A., & Yuniarti, L. (2021). Peningkatan Kapasitas Manajemen Kesekretariatan Pengurus OSIS Berbasis Studi Kasus di SMAN 1 Pariangan Tanah Datar. Jurnal Dedikasia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 25. https://doi.org/10.30983/dedikasia.v1i1.4880

Oktafiyani, & Setiawanta. (2021). Upgrading Guru-Guru Raudhatul Athfal (RA) Semarang Timur untuk Meningkatkan Kualitas Manajemen Keuangan Berbasis IT. 6(2). https://doi.org/10.31942/ABD.V6I2.5542

Permata Sari, I. (2021). Penerapan Corporate Governance terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan Juripol, 4(1). https://doi.org/10.33395/JURIPOL.V4I1.10987

Rahman, A., & Muhammadiyah Sinjai, U. (2021). Analysis of the Use of Village Fund Allocation in Fostering Community Creativity in Angkue Village. http://ojs.unm.ac.id/index.php/administrare/index

Saputera, D. (2021). Peran Realisasi Anggaran Biaya Operasional dan Anggaran Pendapatan Terhadap Kinerja Keuangan Berdasarkan Rasio Return On Asset Pada Pt. Latinusa Tbk. Jurnal Bisnis, Ekonomi, Dan Sains, 1(1), 44–58. https://doi.org/10.33197/bes.vol1.iss1.2021.651

Shabrina, H. N., Putri, R. A., Fitriyani, S., Ananda, R. A., & Dewi, A. P. (2024). Pentingnya Good Corporate Governance dalam Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan PT. KAI. JPALG, 8(1), 101–115. https://doi.org/10.31002/jpalg.v8i1.8625

Wijaya, R., Yadewani, D., & Hamdi, K. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Excel dalam Membuat Laporan Keuangan Sekolah pada Guru Paud dan Tk Aisyiyah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(4), 67–71. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i4.384

Downloads

Submitted

2024-12-26

Accepted

2024-12-29

Published

2024-12-24