Pendampingan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Untuk Paud

Authors

  • Yulmiati Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Melvina Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rani Autila Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Yelfiza Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.30983/dedikasia.v4i1.8423

Keywords:

Kurrikulum Merdeka, Modul Ajar, Paud, Pendampingan

Abstract

This service activity aims to provide motivation and knowledge to improve the skills of teachers specifically Kindergarten teacher to produce teaching module as an effort to improve the professionalism of teachers in implementing Merdeka curriculum. Service activities are conducted in 1 meeting, on June 4 2024 at TK Al-Quran Amal Saleh. This service activity is carried out using lecture methods, focus group discussions, and training methods. The PkM (Community Service) activity successfully motivated and inspired participants in producing teaching module.  Participants expressed high satisfaction, emphasizing the training's clear and engaging content. The provided material, focusing on practical skills, was well-received and deemed immediately applicable. All participants confirmed the alignment of the material with the training theme and its easy comprehensibility, along with an engaging presentation style, positive impact on motivation, knowledge enhancement, and skills improvement, particularly benefiting Kindergarten teachers in producing teaching module.

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan pengetahuan guna meningkatkan keterampilan para guru khususnya guru Taman Kanak-kanak untuk menghasilkan modul ajar sebagai upaya meningkatkan profesionalisme guru dalam penerapan kurikulum merdeka. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam satu kali pertemuan, pada tanggal 4 Juni 2024 di TK Al-Quran Amal Saleh. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi kelompok terfokus, dan metode pelatihan. Kegiatan PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) ini berhasil memotivasi dan menginspirasi peserta dalam menghasilkan modul pengajaran. Para peserta menyatakan kepuasannya yang tinggi, dengan menekankan pada isi pelatihan yang jelas dan menarik. Materi yang diberikan, dengan fokus pada keterampilan praktis, diterima dengan baik dan dianggap dapat segera diterapkan. Seluruh peserta menegaskan kesesuaian materi dengan tema pelatihan dan mudah dipahami serta gaya penyajian yang menarik. dampak positif terhadap motivasi, peningkatan pengetahuan, dan peningkatan keterampilan, khususnya bermanfaat bagi guru TK dalam menghasilkan modul ajar.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.5430/ijhe.v5n3p1

Amalia, F., Kurniawan, T. A., Rahayudi, B., & Brata, A. H. (2019). Peningkatan Kapasitas Teknik Penulisan Jurnal Ilmiah pada Guru Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 5(3), 318. https://doi.org/10.22146/jpkm.42482

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Bukit, S., & Sarbaini, W. (2022). Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap RPP Merdeka Belajar di Kecamatan Sibolangit Tahun ajaran 2020/2021. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Mahesa Research Center, 1(1), 58–66. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.171

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Handriawan, D., Busyairi, L. A., & Patriwati, S. (2022). Pendampingan GEMBIRA (Gerakan Melek Bahasa Inggris dan Arab) di Desa Jago Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah NTB. Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 120. https://doi.org/10.30983/dedikasia.v2i2.5994

Herawati, E. S. B. (2023). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(8.5.2017), 2003–2005. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4826

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. 2nd ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(8.5.2017), 293–304. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Trisno, B., & Lainah, L. (2022). Optimalisasi Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pelatihan Bagi Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Kecamatan Baso. Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 99. https://doi.org/10.30983/dedikasia.v2i2.5736

Downloads

Submitted

2024-06-22

Accepted

2024-07-04

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles