Pelatihan Olimpiade Matematika Kepada Perwakilan Peserta Kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Authors

  • Iltavia Iltavia Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Haida Fitri UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Yolanda Rahmi Safitri UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhammad Yusuf UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Desi Rahmadani UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30983/dedikasia.v4i1.8384

Keywords:

Training, Math Olympiad, National Science Olympiad

Abstract

This training activity aims to provide enthusiasm and motivation to pupils, students, teachers and other school environments to face the National Science Olympiad, especially mathematics subjects at SMP Negeri 3 Bukittinggi. This training activity was carried out continuously over 3 meetings on 03 June 2023, 05 June 2023 and 09 June 2023. This training activity was carried out using lecture methods, group discussions, games involving 5 mathematics education students. The material presented includes algebra, number theory, geometry and combinatorics. The conclusion is that this activity is able to develop students' learning abilities in solving National Science Olympiad (OSN) questions. This can be seen from the average pretest score which increased from 35.5 to 76.5 when the posttest was held.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada mahasiswa, siswa, guru dan lingkungan sekolah lainnya guna menghadapi Olimpiade Sains Nasional khususnya mata pelajaran matematika di SMP Negeri 3 Bukittinggi. Kegiatan pelatihan ini dilakukan secara kontinyu selama 3 kali pertemuan pada tanggal 03 Juni 2023, 05 Juni 2023 dan 09 Juni 2023. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi kelompok, permainan yang melibatkan 5 orang mahasiswa pendidikan matematika. Materi yang disampaikan meliputi materi aljabar, teori bilangan, geometri dan kombinatorika

References

Arjunaini, A., Dahliawati, D., Revita, Y., Hadiyanto, H., & Yahya, Y. (2023). Manajemen Pembiyaan Pendidikan Di Sekolah Dasar. In Jurnal Dedikasi Pendidikan (Vol. 7, Issue 2). https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i2.4015

Ikashaum, F., Mustika, J., Soeseno, Z. E., & Winata, B. B. (2021). Pembinaan Olimpiade: Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 87–94. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i2.618

Iltavia, .A. Mitha. (2020). PENERAPAN MODEL TIPE PAIR CHECK DISERTAI HAND OUT x. Jurnal Lemma, 6(2), 84–95.

Kesumawati, N. (2018). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika Oleh. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 228–235.

Munir, R. (2011). Teori Bilangan. In Universitas Negri Yogyakarta (Issue Bagian 2).

NOVIANIGSIH, K. (n.d.). KOMBINATORIAL.

Pamungkas, M. D., Franita, Y., Solihati, A., & Wicaksono, B. G. (2020). Pengayaan Materi Olimpiade Matematika Dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar. ProSANDIKA UNIKAL, 1(1), 35–42.

Pelaksanaan, P. (2018). O LI M P I A D E SAINS NA S I ONAL [ O SN ].

Pengembangan, B., Indonesia, T., Nasional, P. P., Pendidikan, K., & Teknologi, D. A. N. (n.d.). Olimpiade Sains Nasional ( OSN ) SMP / MTs / Sederajat.

Putri, J. T., Alberianto, A., & Yuberta, K. R. (2023). Bimbingan Belajar Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika Siswa di SMPN 3 Batusangkar. Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 107. https://doi.org/10.30983/dedikasia.v3i2.7697

Rahmi, F., Iltavia, I., & Zarista, R. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berorientasi Matematika Realistik untuk Membangun Pemahaman Relasional pada Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2869–2877. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.673

Sukmawati, A. (2015). berpikir-aljabar-dalam-menyelesaikan-mas (1). 1(2), 89–95.

Sumartini, T. S. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).

Trisno, B., & Lainah, L. (2022). Optimalisasi Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pelatihan Bagi Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Kecamatan Baso. Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 99. https://doi.org/10.30983/dedikasia.v2i2.5736

Wiyoko, T., Megawati, Aprizan, & Avana, N. (2019). PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA MELALUI PEMBINAAN OLIMPIADE SAINS (OSN). Jurnal Warta Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat, 22(2), 67–75.

Downloads

Submitted

2024-06-07

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles