Penguatan Konsep Pendidikan Politik Generasi Muda Pemilih Pemula Jambi Melalui Kuliah Umum Pendidikan Politik

Authors

  • Hendra Universitas Jambi
  • Priazki Hajri Universitas Jambi
  • Nurmalia Dewi Universitas Jambi
  • Dona Sariani Universitas Jambi
  • Firdiawan Ekaputra Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30983/dedikasia.v4i1.8363

Keywords:

Penguatan; pendidikan politik; pemilih pemula.

Abstract

The service activity is motivated by the fact that the political participation of the younger generation is still lacking and this needs to be remembered considering the very large number of segments in the 2024 election. This activity aims to provide insight into political education to the younger generation to increase awareness and increase the political participation of the younger generation and so that it is not easy influencing hoax news that developed in the year leading up to the election. Activities were carried out in the form of offline and dare public lectures via YouTube and Zoommeeting on September 18 2023. Activities were carried out in two stages, namely planning and implementation. Activities can broaden students' insight as young millennials and new voters regarding politics are increasing, thus increasing their awareness in politics. Public lectures also strengthen the political understanding of the younger generation so that they are not easily influenced by hoax news related to certain issues by first checking information about the issue. Through this activity, it is hoped that it can increase the political understanding and awareness of the younger generation.

Kegiatan pengabdian dilatarbelakangi oleh fakta bahwa partisipasi politik generasi muda masih kurang dan perlu ditingkatkan mengingat jumlah segmentasi ini yang sangat besar pada pemilu 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan pendidikan politik kepada generasi muda untuk meningkatkan kesadaran dan meningkatkan partisipasi politik generasi muda serta agar tidak mudah terpengaruh berita hoaks yang berkembang pada tahun menjelang pemilu. Kegiatan dilakukan dalam bentuk kuliah umum secara luring dan daring melalui Youtube dan Zoommeeting pada 18 September 2023. Kegiatan dilakukan dengan dua tahap yakni perencanaan dan pelaksanaan. Kegiatan dapat menambah wawasan mahasiswa sebagai generasi muda milenial dan pemilih pemula terkait politik bertambah sehingga meningkatkan kesadaran mereka dalam berpolitik. Kuliah umum juga memperkuat pemahaman politik generasi muda agar tidak mudah terpengaruh berita hoaks terkait isu-isu tertentu dengan terlebih dahulu melakukan pengecekkan informasi tentang isu tersebut. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran politik generasi muda.

References

Alamri, J., Bena, M., Katili, Y., & Tabo, S. (2023). Pendidikan Politik Generasi Muda Melalui Instrumen Media Sosial. Governancce and Politics, 3(1), 53–62.

Alfiandra, Faisal, E. El, & Jannah, D. P. (2014). Persepsi Siswa Sebagai Pemilih Pemula Terhadap Pemilu Presiden di SMA Negeri Sekecamatan Ilir Barat 1 Kota Palembang. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 1 Nomor 2, 79–86.

Ambrullah, A. R., Anisa, A., Wardana, A., Saputro, I. D., & Sari, S. N. (2022). Pendampingan Bimbingan Belajar Anak Usia Sekolah Dasar di Rumah CALISTUNG Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya. Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 170–177. https://doi.org/10.30983/dedikasia.v2i2.5930

Ananda, A., & Trisno, B. (2019). Menelusuri Pancasila. Samudera Biru.

Andriyendi, D. O., S, N., & Dewi, S. F. (2023). Media Sosial dan Pengaruhnya terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula pada Pilkada. Journal of Education, Cultural and Politics, 3(1), 2798–6020.

Arumsari, E. Y. L., & Nugraheni. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pada Pemilihan Walikota Semarang Di Kota Semarang. Integralistik, 396(2), 63–72.

Azirah. (2019). Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pesta Demokrasi. Politica: Jurnal Hukum Tata Negara Dan Politik Islam, 6(2), 86–100.

Handoyo, E., & Lestari, Pu. (2017). Pendidikan Politik. Percetakan Pohon Cahaya.

Hardjanti, D. K., & Hartono, Y. (2016). Partisipasi Pemilih Pemula Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta Dalam Pemilu Tahun 2014. JUSTITIA ET PAX: Jurnal Ilmu Hukum, 32(1), 53–72.

Irrubai, M. L. (2014). Partai Politik dan Pemilih Pemula. Society, Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, xii.

Kharisma, D. (2014). Peran Pendidikan Politik Terhadap Partisipasi Politik Pemilih Muda. Ejournal Unsrat, 1(7), 1144.

Komisi Pemilihan Umum. (2022). Modul Pendidikan Politik Generasi Muda Melalui Pendekatan Budaya Populer.

Lestari, E. Y., & Arumsari, N. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pada Pemilihan Walikota Semarang di Kota Semarang. Integralistik, 29(1), 63–72.

Munawarah, R., & Kristanto, A. A. (2022). Alienasi Pemuda dalam Politik: Peran Nilai dan Kepercayaan Politik Pada Partisipasi Politik Pemilih Pemula. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(1), 32. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i1.7081

Nurdiansyah, E. (2015). Implementasi Pendidikan Politik Bagi Warga Negara Dalam Rangka Mewujudkan Demokratisasi di Indonesia. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn:, 2(1), 54–58.

Prasetyo, K. B., Putri, N. A., & Pramono, D. (2020). Pendidikan Politik Generasi Muda Melalui Gerakan Voluntarisme Komunitas Milenial. Konservasi Pendidikan, 3(1), 1–29.

Sari, P. D. S., Rube’i, M. A., & , Firmansyah, S. (2022). Peran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dalam Melaksanakan Fungsi Sosialisasi Politikbagi Pemilih Pemula Di Kota Pontianak. Character and Civic: Jurnal Pendidikan Karakter Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2).

Sumanto, D., & Haryanti, A. (2021). Pendidikan politik. Unpam Press.

Trisno, B. (2019). INTERNALISASI BUDAYA POLITIK SANTUN KEPADA GENERASI MUDA. Menara Ekonomi, 5(1), 8.

Trisno, B., & Lainah, L. (2022). Optimalisasi Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pelatihan Bagi Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Kecamatan Baso. Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 99. https://doi.org/10.30983/dedikasia.v2i2.5736

Downloads

Submitted

2024-05-31

Accepted

2024-06-22

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles