Penguatan Audit Kinerja Pemerintahan bagi Auditor Di Inspektorat Kota Bukittinggi

Autor(s): Oktri Lola Sari, Hesi Eka Putri
DOI: 10.30983/dedikasia.v3i1.6130

Abstract

Kinerja dilakukan untuk menentukan bagaimana suatu entitas unit kerja mengelola pengunaan sumber daya secara ekonomis, efektitif, dan efesien dalam memenuhi misi dan tujuan entitas khususnya di inspektorat kota Bukittinggi .Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sasaran wawancaranya adalah pegawai Inspektorat kota Bukittinggi, seperti kasubag perencanaan dan pelaporan ataupun pegawai yang berwenang. Pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisisnya mengunakan analisa kualitatif (non statistik) yang bersifat deskriptif kualitatif , dengan mengunakan cara berpikir induktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Inspektorat kota Bukittinggi telah menjalankan audit kinerja sesaui dengan aturan yang diterapkan dan undang-undang yang diberlakukan oleh Walikota Bukittinggi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa audit Inspektorat kota Bukittinggi ketika melakukan audit kinerja terhadapat SKPD sudah efektif dengan aturan yang ada, dimana Inspektorat kota Bukittinggi ketika melakukan audit dan mendapatkan temuan-temuan terhadap yang di audit Inspektorat kota Bukittinggi memberikan Rekomendasi perbaikan kinerja terhadap yang di audit. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa inspektorat kota Bukittinggi dapat diketahui dan dianalisis bahwa efektifitas audit kinerja inspektorat kota Bukittinggi telah menerapkan aturan piagam audit intern yang disahkan oleh Walikota Bukittinggi. Penelitian ini berkontribusi dalam membantu mencapai keefektifitasan audit kinerja di pemerintahan Inspektorat kota Bukittinggi.

Keywords

Effectiveness, Audit, Performance.

Full Text:

PDF

References

Ac, A. M. (2014). Akuntansi Syariah; Pendekatan Normatif, Historis Dan Aplikatif. Iqtishadia Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 1(1), 59–75.

Andresta, Y. (N.D.). Nilai Quality Assurance. Wawancara Dengan Pegawai Inspektorat.

Hafizh, M. (2017). Pengaruh Pengalaman Kerja, Akuntabilitas, Dan Objektivitas Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Inspektorat Di Kota Padang, Kota Padang Panjang, Dan Kota Bukittinggi). Jurnal Akuntansi, 5(1).

Herawati, N. L. M., Suputra, I., & Budiasih, I. (2016). Pengaruh Pengawasan Pimpinan, Disiplin Dan Kompetensi Pegawai Pada Kinerja Pegawai Inspektorat Kabupaten Tabanan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(7), 1953–1980.

Inspektorat Kota Bukittinggi. (N.D.). Piagam Audit Intern. Inspektorat. Bukittinggi. Inspektorat Kota Bukittinggi.

Junaidi, M. (2016). Ilmu Negara: Sebuah Konstruksi Ideal Negara Hukum.

Kiwang, A. S., Pandie, D. B. W., & Gana, F. (2015). Analisis Kebijakan Dan Efektivitas Organisasi. Jkap (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 19(1), 71–82.

Meri Rahmayenti, S. Kom, M. C. (N.D.). Skor Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Wawancara Dengan Pegawai Inspektorat.

Moeheriono, E., & Si, D. M. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sos, L. S. S. (4614). Persentase Skpd Yang Bebas Temuan Internal Eksternal. Wawancara Pribadi.

Sstp, A. G. (5604). Persentase Sakip Skpd Yang Bernilai Bb. Wawancara Pribadi.

Ulum, I. (2009). Audit Sektor Publik Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.