Pendampingan GEMBIRA (Gerakan Melek Bahasa Inggris dan Arab) di Desa Jago Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah NTB
DOI:
https://doi.org/10.30983/dedikasia.v2i2.5994Keywords:
Pengabdian, Gembira, PAR, Melek Inggris dan ArabAbstract
Program GEMBIRA ini merupakan salah satu program pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Desa Jago dalam rangka menumbuh kembangkan minat dan motivasi para pemuda, remaja dan pelajar untuk gemar belajar bahasa Inggris dan Arab. Gerakan ini dilatar belakangi oleh realita potensi yang dimiliki oleh Desa Jago dalam bentuk aset lembaga pendidikan yang begitu banyak di satu sisi, namun tidak dibarengi oleh kesadaran akan pentingnya pembelajaran dan penguasaan bahasa asing (Inggris dan Arab) di sisi yang lain. Program pengabdian ini bertujuan untuk memetakan kondisi sosial-kemasyarakatan masyarakat Desa Jago Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, dan mendeskripsikan proses pelaksanaan program “Gerakan Melek Bahasa Inggris dan Arab†(GEMBIRA) di Desa tersebut.
Dengan menggunakan metode PAR (Participatory Action Research), penulis beserta Tim mencoba untuk terlibat aktif dengan ikut berpartisipasi secara langsung dalam pelaksaan program GEMBIRA ini. Program ini terindikasi cukup berhasil terlihat dari tingginya antusiasme pemuda, remaja, maupun para peserta didik mengikuti program pembelajaran yang dikemas menggunkan berbagai metode yang telah dipilih seperti bernyanyi dan bermain. Setiap sore para peserta didik selalu bersemangat menunggu untuk diajarkan kembali mufrodat atau kosa kata baru dengan metode yang membuat mereka mudah memahami dan mengingatnya. Setiap kali Tim ke lokasi TPQ, maka akan terdengar beberapa orang anak yang sedang bernyanyi mufrodat yang diajarkan sebelumnya, sambil mengingat-ingat dengan temannya.References
Afandi, A. (2013). Participatory Action Research (Par) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 53(9), 1689–1699.
Azhar, A. (2004). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Jakarta: Pustaka Pelajar. 2009–2011.
Handriawan, D. (2015). Mempertegas Kembali Arah Pembelajaran Bahasa Arab. Al MahÄra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 43–64. https://doi.org/10.14421/ALMAHARA.2015.011-03
Hermawan, A. (2012). Metodologi pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=48061
Jago, K. L. (n.d.). Pendampingan GEMBIRA (Gerakan Melek Bahasa Inggris dan Arab) di Desa Jago Kecamatan Praya. (D. Handriawan, Interviewer).
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2007). "Participatory Action Research, SAGE Handbook of Qualitative Research. CA: Sage Publications. https://stars.library.ucf.edu/cirs/2923
Muhtarom, A. (2018). Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 259. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3261
NTB, B. (2014). Nusat Tenggara Barat dalam Angka 2014. BPS NTB.
Sanz, C. (2005). Mind and context in adult second language acquisition: Methods, theory, and practice. Mind and Context in Adult Second Language Acquisition: Methods, Theory, and Practice, 1–332.
Tim. (2021). https://kbbi.web.id/gembira. Retrieved from https://kbbi.web.id/gembira: https://kbbi.web.id/gembira.
دمنهورى. (n.d.). طرق التعليم اللغة العربية بمعهد كونتور الØديث. 64.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).