Pendampingan GEMBIRA (Gerakan Melek Bahasa Inggris dan Arab) di Desa Jago Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah NTB

Authors

  • Dony Handriawan Universitas Islam Negeri Mataram
  • Lalu Ahmad Busyairi Universitas Islam Negeri Mataram
  • Septi Patriwati MA Nidaurrahman

DOI:

https://doi.org/10.30983/dedikasia.v2i2.5994

Keywords:

Pengabdian, Gembira, PAR, Melek Inggris dan Arab

Abstract

Program GEMBIRA ini merupakan salah satu program pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Desa Jago dalam rangka menumbuh kembangkan minat dan motivasi para pemuda, remaja dan pelajar untuk gemar belajar bahasa Inggris dan Arab. Gerakan ini dilatar belakangi oleh realita potensi yang dimiliki oleh Desa Jago dalam bentuk aset lembaga pendidikan yang begitu banyak di satu sisi, namun tidak dibarengi oleh kesadaran akan pentingnya pembelajaran dan penguasaan bahasa asing (Inggris dan Arab) di sisi yang lain. Program pengabdian ini bertujuan untuk memetakan kondisi sosial-kemasyarakatan masyarakat Desa Jago Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, dan mendeskripsikan proses pelaksanaan program “Gerakan Melek Bahasa Inggris dan Arab†(GEMBIRA) di Desa tersebut.

Dengan menggunakan metode PAR (Participatory Action Research), penulis beserta Tim mencoba untuk terlibat aktif dengan ikut berpartisipasi secara langsung dalam pelaksaan program GEMBIRA ini. Program ini terindikasi cukup berhasil terlihat dari tingginya antusiasme pemuda, remaja, maupun para peserta didik mengikuti program pembelajaran yang dikemas menggunkan berbagai metode yang telah dipilih seperti bernyanyi dan bermain. Setiap sore para peserta didik selalu bersemangat menunggu untuk diajarkan kembali mufrodat atau kosa kata baru dengan metode yang membuat mereka mudah memahami dan mengingatnya. Setiap kali Tim ke lokasi TPQ, maka akan terdengar beberapa orang anak yang sedang bernyanyi mufrodat yang diajarkan sebelumnya, sambil mengingat-ingat dengan temannya.

References

Afandi, A. (2013). Participatory Action Research (Par) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 53(9), 1689–1699.

Azhar, A. (2004). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Jakarta: Pustaka Pelajar. 2009–2011.

Handriawan, D. (2015). Mempertegas Kembali Arah Pembelajaran Bahasa Arab. Al MahÄra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 43–64. https://doi.org/10.14421/ALMAHARA.2015.011-03

Hermawan, A. (2012). Metodologi pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=48061

Jago, K. L. (n.d.). Pendampingan GEMBIRA (Gerakan Melek Bahasa Inggris dan Arab) di Desa Jago Kecamatan Praya. (D. Handriawan, Interviewer).

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2007). "Participatory Action Research, SAGE Handbook of Qualitative Research. CA: Sage Publications. https://stars.library.ucf.edu/cirs/2923

Muhtarom, A. (2018). Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 259. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3261

NTB, B. (2014). Nusat Tenggara Barat dalam Angka 2014. BPS NTB.

Sanz, C. (2005). Mind and context in adult second language acquisition: Methods, theory, and practice. Mind and Context in Adult Second Language Acquisition: Methods, Theory, and Practice, 1–332.

Tim. (2021). https://kbbi.web.id/gembira. Retrieved from https://kbbi.web.id/gembira: https://kbbi.web.id/gembira.

دمنهورى. (n.d.). طرق التعليم اللغة العربية بمعهد كونتور الحديث. 64.

Downloads

Submitted

2022-10-24

Accepted

2023-01-31

Published

2022-12-31