Pelatihan Membuat Video Pembelajaran dengan Smartphone untuk Meningkatkan Kompetensi Guru-Guru SD di Pesisir Selatan
DOI:
https://doi.org/10.30983/dedikasia.v2i1.5508Keywords:
Video pembelajaran, smartphone, KinemasterAbstract
Pada situasi pandemi covid-19, pembelajaran di sekolah dilakukan secara online. Ini merupakan tantangan bagi guru untuk bisa beradaptasi dengan cepat dan menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan yang muncul pada pembelajaran. Pembelajaran secara online memerlukan kecakapan dalam pemanfaatan IPTEK, misalnya dalam menyiapkan media. Penggunaan media video animasi untuk peserta didik di Sekolah Dasar sangat efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa mengikuti pembelajaran secara daring. Permasalahan yang muncul pada pembelajaran daring adalah guru-guru kesulitan dalam membuat video pembelajaran animasi. Tujuan pelatihan ini adalah membantu guru-guru membuat media berupa video beranimasi dengan smartphone dengan memanfaatkan aplikasi Kindmaster. Metode yang digunakan adalah presentasi, demonstrasi, praktek dan penugasan. Kegiatannya meliputi penjelasan tentang media, alat yang dibutuhkan, proses perekaman dan edit video. Hasil dari pelatihan ini adalah guru-guru mampu membuat video pembelajaran yang menarik dengan baik.References
Adnyana, P. B., Citrawathi, D. M., Putu, N., & Ratna, S. (2020). Efektivitas Pelatihan Pembuatan Flipped Classroom Video Dengan Smartphone Dan Aplikasi Kinemaster ( Program PkM ). 1758–1765.
Andriyani, S., & Christy, T. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Pada SMK Negeri 1 Air Joman – Kisaran. 1(2), 1–4.
Eka, A., & Nugraha, P. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Untuk Pembelajaran Jarak Jauh. 01(01), 98–106.
Firyal, R. A. (2020). Pembelajaran Daring dan Kebijakan New Normal Pemerintah. LawArXiv Papers, 1–7. https://osf.io/preprints/lawarxiv/yt6qs/
Gusteti, M. U., Rahmalina, W., & Desmariani, E. (2020). Pelatihan Membuat Video Pembelajaran Menarik Dengan Smartphone Pada Guru Adzkia 1). 4(1), 26–35.
Herayanti, L., Safitri, B., Sukroyanti, B., & Putrayadi, W. (2019). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru Di Sdn 1 Ubung Dengan Memanfaatkan Bandicam. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 1689–1699.
Khaira, H., Pascasarjana, P., & Medan, U. N. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. 39–44.
Meria Ultra Gusteti, S. N. M. (2021). Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Mendukung Program Digitalisasi Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat PGSD, 1(2), 133–140. https://doi.org/10.31219/osf.io/ztn7j
Pangga, D., Ahzan, S., Gummah, S., & Prayogi, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru Ma Al-Istiqomah Nw Bedus. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 203. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.1512
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Puryono, D. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru Sd Kristen Terang Bagi Bangsa Pati Menggunakan Kinemaster. Jurnal Pengabdian Vokasi, 01(04), 242–247. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jpv/article/view/8821
Rahmalina, W., Sari, D. C., Juniari, C., Gusteti, M. U., Putri, M., & Effendi, R. (2021). Pemberdayaan produktivitas mahasiswa di era new normal melalui karya tulis ilmiah. 2(2), 152–158.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).