Pelatihan Membuat Video Pembelajaran dengan Smartphone untuk Meningkatkan Kompetensi Guru-Guru SD di Pesisir Selatan

Authors

  • Meria Ultra Gusteti Universitas Adzkia
  • Dina Fitria Handayani Universitas Adzkia
  • Nurul Mutiara Universitas Adzkia
  • Reza Delvia Universitas Adzkia
  • Melani Putri Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.30983/dedikasia.v2i1.5508

Keywords:

Video pembelajaran, smartphone, Kinemaster

Abstract

Pada situasi pandemi covid-19, pembelajaran di sekolah dilakukan secara online. Ini merupakan tantangan bagi guru untuk bisa beradaptasi dengan cepat dan menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan yang muncul pada pembelajaran. Pembelajaran secara online memerlukan kecakapan dalam pemanfaatan IPTEK, misalnya dalam menyiapkan media. Penggunaan media video animasi untuk peserta didik di Sekolah Dasar sangat efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa mengikuti pembelajaran secara daring. Permasalahan yang muncul pada pembelajaran daring adalah guru-guru kesulitan dalam membuat video pembelajaran animasi. Tujuan pelatihan ini adalah membantu guru-guru membuat media berupa video beranimasi dengan smartphone dengan memanfaatkan aplikasi Kindmaster. Metode yang digunakan adalah presentasi, demonstrasi, praktek dan penugasan. Kegiatannya meliputi penjelasan tentang media, alat yang dibutuhkan, proses perekaman dan edit video. Hasil dari pelatihan ini adalah guru-guru mampu membuat video pembelajaran yang menarik dengan baik.

References

Adnyana, P. B., Citrawathi, D. M., Putu, N., & Ratna, S. (2020). Efektivitas Pelatihan Pembuatan Flipped Classroom Video Dengan Smartphone Dan Aplikasi Kinemaster ( Program PkM ). 1758–1765.

Andriyani, S., & Christy, T. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Pada SMK Negeri 1 Air Joman – Kisaran. 1(2), 1–4.

Eka, A., & Nugraha, P. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Untuk Pembelajaran Jarak Jauh. 01(01), 98–106.

Firyal, R. A. (2020). Pembelajaran Daring dan Kebijakan New Normal Pemerintah. LawArXiv Papers, 1–7. https://osf.io/preprints/lawarxiv/yt6qs/

Gusteti, M. U., Rahmalina, W., & Desmariani, E. (2020). Pelatihan Membuat Video Pembelajaran Menarik Dengan Smartphone Pada Guru Adzkia 1). 4(1), 26–35.

Herayanti, L., Safitri, B., Sukroyanti, B., & Putrayadi, W. (2019). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru Di Sdn 1 Ubung Dengan Memanfaatkan Bandicam. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 1689–1699.

Khaira, H., Pascasarjana, P., & Medan, U. N. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. 39–44.

Meria Ultra Gusteti, S. N. M. (2021). Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Mendukung Program Digitalisasi Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat PGSD, 1(2), 133–140. https://doi.org/10.31219/osf.io/ztn7j

Pangga, D., Ahzan, S., Gummah, S., & Prayogi, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru Ma Al-Istiqomah Nw Bedus. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 203. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.1512

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Puryono, D. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru Sd Kristen Terang Bagi Bangsa Pati Menggunakan Kinemaster. Jurnal Pengabdian Vokasi, 01(04), 242–247. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jpv/article/view/8821

Rahmalina, W., Sari, D. C., Juniari, C., Gusteti, M. U., Putri, M., & Effendi, R. (2021). Pemberdayaan produktivitas mahasiswa di era new normal melalui karya tulis ilmiah. 2(2), 152–158.

Downloads

Submitted

2022-04-21

Accepted

2022-07-20

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles