Pelatihan Intensif Keagamaan dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Anak Binaan pada Panti Asuhan Anak Bina Remaja (PSAABR) Budi Utama
DOI:
https://doi.org/10.30983/dedikasia.v2i1.5120Keywords:
Kesadaran Beragama, Panti Asuhan, Bina RemajaAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan agama, pengamalan agama anak binaan, terutama dalam ibadah shalat dan membaca Al Quran, dan meningkatkan kesadaran beragama anak binaan PSAABR Budi Utama Lubuk Alung. Pelaksanaan kegiatan dilakukan kepada 75 orang peserta PSAABR dengan mengajarkan anak yang masih belajar Iqra’ hingga mampu membaca Al Qur’an untuk anak tingkatan SMP dan SMA/SMK. Pendekatan kelompok dilakukan pada saat pemberian materi ajar tentang thaharah, whudu, shalat, doa, zikir, membaca Al Quran. Pendekatan individual dilakukan pada saat pengoreksian bacaan shalat dan membantu memecahkan masalah pribadi anak dengan pendekatan individu untuk mendisiplinkan anak dalam praktek ibadah, bimbingan praktek ibadah, metode demonstrasi, modelling, dan role playing, koreksi bacaan shalat, brainstorming masalah keagamaan dan pemberian motivasi. Kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah terdapat peningkatan pemahaman, pengetahuan, dan pengamalan agama anak binaan, dan terdapat kesadaran beragama bagi anak binaanReferences
Armita, Pipin. (2016). Improving Street Children Welfare with Self Esteem Theory. Jurnal PKS. Vol 15 No 4 Desember 2016
Pertiwi, Erinda Dhayana Putri dan Safik Faozi. (2018). Kajian Kriminologi terhadap Penelantaran Anak sebagai Jenis Kekerasan dalam Rumah Tangga. Vol 19 No 1 Edisi April 2018
Hallen A. (2009). Statistik Analisis Gender dan Anak Propinsi Sumatera Barat, Kerjasama PSW IAIN Imam Bonjol Padang dengan Badan PP dan KB Propinsi Sumatera Barat.
Nofrialdi. (2021). Persepsi Orang Tua terhadap Anak Putus Sekolah. Vol 3 No 1. IJoCad.
Rufaedah, Evi Aeni. (2020). Peranan Pendidikan Agama dalam Keluarga terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-anak. Vol 1 No 1. Conselia Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Sirait, Sheilla Chairunnisyah. (2017). Tanggung Jawab Pemerintah dalam Memberikan Pendidikan kepada Anak Terlantar dalam Perspektif Undang-undang Perlindungan Anak. De Lega Lata. Jurnal Ilmu Hukum
Sukadi. Imam. (2013). Tanggung Jawab Negara terhadap Anak Terlantar dalam Operasionalisasi Pemerintah di Bidang Perlindungan Anak. Jurnal Hukum dan Syariah. Volume 5 Nomor 2, Desember 2013
Wahyuni, Mila. (2016). Strategi Komunikasi Islam dalam Pembinaan Agama pada Suku Anak Dalam Bukit Duo Belas Kecamatan Pauh Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Vol 1 No 1. Jurnal Al Balagh
Zaman, Badrus. (2019). Model Pendidikan Moral Anak Jalanan di Surakarta. Vol 6 No 1. Improvement: Jurnal Ilmiah untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan
Downloads
Additional Files
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).