Pendampingan dan Penguatan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran secara Daring
DOI:
https://doi.org/10.30983/dedikasia.v1i2.5044Keywords:
Kompetensi guru, Media Pembelajaran daring.Abstract
Dampak Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi segala aspek tatanan kehidupan manusia, tidak hanya sebatas aspek kesehatan saja tanpa kecuali termasuk berdampak pada aspek pendidikan. Pemerintah melakukan pembatasan kegiatan pembelajaran untuk menghindari penyebaran covid-19 melalui pembelajaran secara daring. Terdapat banyak media pembelajaran daring yang dapat digunakan seperti Zoom Meeting, WhatsApp, Google Classroom, Google Meeting, Edmodo dan lainnya. Akan tetapi, pendidik guru harus cerdas dan kreatif dalam memilih media pembelajaran yang sesuai. Maka pendampingan dan penguatan kemampuan guru dalam penggunaan media sangat penting dan mendesak untuk dilakukan. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode pengabdian berbasis Service learning. Pengabdian masyarakat yang dilakukan dengan melakukan bimbingan, pelatihan dan pendampingan bagi guru dalam penggunaan media pembelajaran dengan bijak dan cermat. Setelah kegiatan pengabdian dilakukan, dilakukan juga evaluasi terhadap kegiatan bimbingan dan pendampingan penggunaan media dalam pembelajaran bagi guru untuk mengetahui dampak dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan bahwa hampir semua (97%) guru madrasah dalam penggunaan media pembelajaran secara daring secara signifikan terjadi peningkatan baik dari aspek pemahaman, pengetahuan dan keterampilan. Dapat dimpulkan kegiatan masayarakat yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran secara daringReferences
Adit, A. (2020). 12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud. https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajaran-daring-kerjasama-kemendikbud-gratis?page=all
Anshori, A. H. (2017). Pentingnya Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah Dalam Kepemimpinan Sekolah/Madrasah Efektif. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(01), 23-38.
Ansori, A. H. (2009). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Strategi Metakognitif dan Pengetahuan Awal Terhadap hasil Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta (Tesis).
Ansori, A. H. (2016). Strategi Peningkatan Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Islam. Qathruna, 2(02), 19-56.
Ansori, A. H. (2017). Statistika untuk Penelitian. STAISMAN Press.
Ansori, A. H. (2021). Penelitian Tindakan Sekolah Panduan Praktis bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. STAISMAN Press.
Aprilia, Dewi Astuti, D. P. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Belajar Dengan Sistem Daring Ditengah Pandemi Covid-19. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Asmariani, A. (2016). Konsep Media Pembelajaran Paud. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108
Briliannur, Dwi C, dkk. (2020). Analisis Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).
Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, March. https://www.researchgate.net/publication/315105651.
Kosim, N. (2015). Pengembangan dan Aplikasi Pembelajaran PAI di SD. Qathrunâ, 2(02), 121-142.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al-Asma: Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).