Pendampingan dan Penguatan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran secara Daring

Authors

  • Ari Hasan Anshori Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Syekh Manshur
  • Nandang Kosim Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Manshur Pandeglang

DOI:

https://doi.org/10.30983/dedikasia.v1i2.5044

Keywords:

Kompetensi guru, Media Pembelajaran daring.

Abstract

Dampak Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi segala aspek tatanan kehidupan manusia, tidak hanya sebatas aspek kesehatan saja tanpa kecuali termasuk berdampak pada aspek pendidikan. Pemerintah melakukan pembatasan kegiatan pembelajaran untuk menghindari penyebaran covid-19 melalui pembelajaran secara daring. Terdapat banyak media pembelajaran daring yang dapat digunakan seperti Zoom Meeting, WhatsApp, Google Classroom, Google Meeting, Edmodo dan lainnya. Akan tetapi, pendidik guru harus cerdas dan kreatif dalam memilih media pembelajaran yang sesuai. Maka pendampingan dan penguatan kemampuan guru dalam penggunaan media sangat penting dan mendesak untuk dilakukan. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode pengabdian berbasis Service learning.  Pengabdian masyarakat yang dilakukan dengan melakukan bimbingan, pelatihan dan pendampingan bagi guru dalam penggunaan media pembelajaran dengan bijak dan cermat. Setelah kegiatan pengabdian dilakukan, dilakukan juga evaluasi terhadap kegiatan bimbingan dan pendampingan penggunaan media dalam pembelajaran bagi guru untuk mengetahui dampak dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan.  Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan bahwa hampir semua (97%) guru madrasah dalam penggunaan media pembelajaran secara daring secara signifikan terjadi peningkatan baik dari aspek pemahaman, pengetahuan dan keterampilan. Dapat dimpulkan kegiatan masayarakat yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran secara daring

References

Adit, A. (2020). 12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud. https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajaran-daring-kerjasama-kemendikbud-gratis?page=all

Anshori, A. H. (2017). Pentingnya Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah Dalam Kepemimpinan Sekolah/Madrasah Efektif. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(01), 23-38.

Ansori, A. H. (2009). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Strategi Metakognitif dan Pengetahuan Awal Terhadap hasil Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta (Tesis).

Ansori, A. H. (2016). Strategi Peningkatan Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Islam. Qathruna, 2(02), 19-56.

Ansori, A. H. (2017). Statistika untuk Penelitian. STAISMAN Press.

Ansori, A. H. (2021). Penelitian Tindakan Sekolah Panduan Praktis bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. STAISMAN Press.

Aprilia, Dewi Astuti, D. P. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Belajar Dengan Sistem Daring Ditengah Pandemi Covid-19. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Asmariani, A. (2016). Konsep Media Pembelajaran Paud. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108

Briliannur, Dwi C, dkk. (2020). Analisis Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, March. https://www.researchgate.net/publication/315105651.

Kosim, N. (2015). Pengembangan dan Aplikasi Pembelajaran PAI di SD. Qathrunâ, 2(02), 121-142.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al-Asma: Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Downloads

Submitted

2021-11-24

Accepted

2022-01-27

Published

2021-12-30