Pendampingan Petani Bawang Merah melalui Lelong sebagai Upaya untuk Mengatasi Pengelolaan Lahan secara Individualis

Authors

  • Indeska Putra Universitas Andalas, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/dedikasia.v1i1.5024

Keywords:

Social Changes, Lelong, Shallot Farmers

Abstract

Pengabdian masyarakat berbasis riset yang berjudul Pendampingan Petani Bawang Merah Melalui Lelong Sebagai Upaya Untuk Mengatasi Pengelolaan Lahan Secara Individualis di nagari Lolo kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok di dasari adanya permasalahan dalam pengelolaan lahan secara individual oleh petani bawang. Permasalahan ini berdampak kurang baik bagi kehidupan sosial masyarakat. Permasalahan ini diatasi dengan pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat berbasis riset ini menggunakan metode Partisipasi Action Research (PAR) dengan langkah-langkah dalam pengabdian yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Hasil pengabdian masyarakat ini telah memberikan dampak positif bagi kehidupan sosial masyarakat berupa partisipasi dalam kegiatan sosial meningkat, meningkatnya interaksi sosial antar sesama anggota kelompok lelong dan masyarakat, perubahan gaya hidup yang lebih sejahtera, tingginya kebersamaan antar anggota kelompok lelong, semakin memudarnya kecemburuan sosial dalam kehidupan petani, mencegah terciptanya stratifikasi sosial dalam kehidupan petani, meningkatnya kinerja petani, tidak berlakunya sistem upah dan modal yang dibutuhkan lebih kecil. Dapat disimpulkan pengabdian masyarakat berbasis riset yang dilakukan telah dapat membawa perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik dan sejahtera.

References

Alfindo, Rahmad.2016. “Perubahan Budaya Batobo Pada Era Modernisasi Di Desa Simandolak Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi.†FISIP UNRI.

Amrian, Firgani. 2017. “Tipe Kelompok Batobo Dalam Aktivitas Pertanian Di Desa Kinali Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi (Studi Kasus Kelompok Batobo Lubuk Buayo).†FISIP UNRI.

Ayu, Isdiyana Kusuma, and Benny Krestian Heriawanto. 2018. “Perlindungan Hukum Terhadap Lahan Pertanian Akibat Terjadinya Alih Fungsi Lahan Di Indonesia.†JU-Ke (Jurnal Ketahanan Pangan).

Badan Pusat Statistik Kabupaten Solok 2021.†Accessed November 6, 2021. https://solokkab.bps.go.id/.

Kurnia, Dodo.2017.“Perubahan Pekerjaan Petani Sawah Ke Petani Kolam Ikan Air Tawar Dan Dampaknya Dalam Kehidupan Sehari-Hari. (Studi Di Nagari Padang Gelugur Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman.†FISIP UNAND.

Listiyono, Yudi, Lukman Yudho Prakoso, and Dohar Sianturi. 2021.“Membangun Kekuatan Laut Indonesia Dipandang Dari Pengawal Laut Dan Detterence Effect Indonesia.†Strategi Pertahanan Laut.

Martono, Nanang. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial : Perspektif Klasik, Modern, Postmodern Dan Postkolonial. Jakarta: Rajawali Pers.

Sztompka, Piotr. 2004. Sosiologi Perubahan Sosial. Terjemahan Dari The Sociology Of Social Change. Jakarta: Prenada Media.

Downloads

Submitted

2021-11-21

Accepted

2022-01-11

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles