Peningkatan Kapasitas Manajemen Kesekretariatan Pengurus OSIS Berbasis Studi Kasus di SMAN 1 Pariangan Tanah Datar

Authors

  • Jendriadi Jendriadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Adzkia, Indonesia
  • Andriantoni Andriantoni Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Adzkia, Indonesia
  • Ismira Ismira Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Adzkia, Indonesia
  • Warlan Sukandar Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Adzkia, Indonesia
  • Alfiyandri Alfiyandri Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Adzkia, Indonesia
  • Lisa Yuniarti Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Adzkia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/dedikasia.v1i1.4880

Keywords:

Peningkatan, manajemen kesekretariatan, OSIS

Abstract

Dalam berorganisasi, ilmu manejemen sangat dibutuhkan bagi pengurus yang akan menjalankan roda organisasi. Hal itu disebabkan  kesuksesan suatu organisasi didukung  oleh sejauh mana kapasitas pimpinanan dan anggota dalam mengatur organisasi yang dikelolalnya. Sebenarnya, dalam ilmu manejemen terdapat beberapa fungsi pengelolaan  yang mesti diterapkan, yaitu fungsi planning (merencanakan), fungsi organizing (pengorganisasian), fungsi directing (menggerakan) dan fungsi controling (pengawasan). Dalam pelaksanannya, empat fungsi manajemen ini sangat dibutuhkan sehingga dengan menjalankan empat fungsi manajemen tersebut maka apa yang menjadi tujuan organisasi akan dapat tercapai. Terkhusus kapasitas kesekretariatan, memegang peran penting dalam menata berbagai administrasi dalam organisasi OSIS serta surat menyurat yang diperlukan. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa tanya jawab dan studi kasus sehingga tidak terjadi kebosanan di kalangan peserta pelatihan

References

Antisipasi Berbagai Masalah Sosial di Lingkungan Sekolah. https://reginapacis-jkt.sch.id/masalah-sosial-di-lingkungan-sekolah.html. diakses 07 Juli 2021.

Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Bandung: Refika Aditama, 2006

Burton, Dawn. 2000. “The Use of Case Studies in Social Science Researchâ€, dalam Dawn Burton (ed.),

Carlsnaes, Thomas Risse, dan Beth A. Simmons, Handbook of International Relations. London: SAGE Publications.

Hani Handoko, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta: BPFE, 1996)

Hermann, Richard K. 2002. “Linking Theory to Evidence in International Relationsâ€, dalam Walter

Maoz, Zeev. 2002. “Case Study Methodology in International Studies: From Story Telling to Hypothesis Testingâ€, dalam Frank P. Harvey & Michael Brecher (ed.), Evaluating Methodology in International Studies. Ann Arbor: the University of Michigan Press.

Research Training for Social Scientist. London: SAGE Publications.

Nurdin, Syaffruddin. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press.

Noviani. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Games sebagai Pendukung Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Materi Operasi Dasar Komputer menggunakan Adobe Flash. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Neheri Yogyakarta.

Padil. 2018. Paradigma Baru Pengabdian kepada Masyarakat yang Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multi Disiplin. http://jurnal.univrab.ac.id/ .

Robert L. Mathis dan John H. Jackson, Human Resource Management ‘Manajemen Sumber Daya Manusia’, (Jakarta: Salemba Empat, 2011),

Santi Pratiwi. 2016. Pelatihan Presentasi Ilmiah untuk Meningkatkan Daya Saing dalam Kompetisi Ilmiahbagi Anggota Ekstra Kurikuler Ilmiah Remaja di Kota Semarang. Jurnal Semar Vol. 5 No.1 hlm.2.

Umrella, Samad. 2018. “Urgensi Media dalam Proses Pembelajaran†Jurnal IAIN Ambon. Vol. 1 (hlm.2).

Yin, Robert K. 2003. “Introductionâ€, dalam Case Study Research. London: SAGE Publications.

https://christiangamas.net/manajemen-kapasitas/

Downloads

Submitted

2021-10-05

Accepted

2022-01-04

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles