Peningkatan Kapasitas Manajemen Kesekretariatan Pengurus OSIS Berbasis Studi Kasus di SMAN 1 Pariangan Tanah Datar
DOI:
https://doi.org/10.30983/dedikasia.v1i1.4880Keywords:
Peningkatan, manajemen kesekretariatan, OSISAbstract
Dalam berorganisasi, ilmu manejemen sangat dibutuhkan bagi pengurus yang akan menjalankan roda organisasi. Hal itu disebabkan kesuksesan suatu organisasi didukung oleh sejauh mana kapasitas pimpinanan dan anggota dalam mengatur organisasi yang dikelolalnya. Sebenarnya, dalam ilmu manejemen terdapat beberapa fungsi pengelolaan yang mesti diterapkan, yaitu fungsi planning (merencanakan), fungsi organizing (pengorganisasian), fungsi directing (menggerakan) dan fungsi controling (pengawasan). Dalam pelaksanannya, empat fungsi manajemen ini sangat dibutuhkan sehingga dengan menjalankan empat fungsi manajemen tersebut maka apa yang menjadi tujuan organisasi akan dapat tercapai. Terkhusus kapasitas kesekretariatan, memegang peran penting dalam menata berbagai administrasi dalam organisasi OSIS serta surat menyurat yang diperlukan. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa tanya jawab dan studi kasus sehingga tidak terjadi kebosanan di kalangan peserta pelatihan
References
Antisipasi Berbagai Masalah Sosial di Lingkungan Sekolah. https://reginapacis-jkt.sch.id/masalah-sosial-di-lingkungan-sekolah.html. diakses 07 Juli 2021.
Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Bandung: Refika Aditama, 2006
Burton, Dawn. 2000. “The Use of Case Studies in Social Science Researchâ€, dalam Dawn Burton (ed.),
Carlsnaes, Thomas Risse, dan Beth A. Simmons, Handbook of International Relations. London: SAGE Publications.
Hani Handoko, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta: BPFE, 1996)
Hermann, Richard K. 2002. “Linking Theory to Evidence in International Relationsâ€, dalam Walter
Maoz, Zeev. 2002. “Case Study Methodology in International Studies: From Story Telling to Hypothesis Testingâ€, dalam Frank P. Harvey & Michael Brecher (ed.), Evaluating Methodology in International Studies. Ann Arbor: the University of Michigan Press.
Research Training for Social Scientist. London: SAGE Publications.
Nurdin, Syaffruddin. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press.
Noviani. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Games sebagai Pendukung Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Materi Operasi Dasar Komputer menggunakan Adobe Flash. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Neheri Yogyakarta.
Padil. 2018. Paradigma Baru Pengabdian kepada Masyarakat yang Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multi Disiplin. http://jurnal.univrab.ac.id/ .
Robert L. Mathis dan John H. Jackson, Human Resource Management ‘Manajemen Sumber Daya Manusia’, (Jakarta: Salemba Empat, 2011),
Santi Pratiwi. 2016. Pelatihan Presentasi Ilmiah untuk Meningkatkan Daya Saing dalam Kompetisi Ilmiahbagi Anggota Ekstra Kurikuler Ilmiah Remaja di Kota Semarang. Jurnal Semar Vol. 5 No.1 hlm.2.
Umrella, Samad. 2018. “Urgensi Media dalam Proses Pembelajaran†Jurnal IAIN Ambon. Vol. 1 (hlm.2).
Yin, Robert K. 2003. “Introductionâ€, dalam Case Study Research. London: SAGE Publications.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).