Pendampingan Bimbingan Belajar sebagai upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik dalam Belajar dimasa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ismi Indar Akmaliah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Tasikmalaya
  • Syarifah Setiana Ardiati Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Tasikmalaya
  • Nana Suryana Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.30983/dedikasia.v1i2.4877

Keywords:

Corona, PAR, pemahaman konsep

Abstract

Virus corona yang melanda dunia, salah satunya adalah Indonesia memberikan dampak yang terihat nyata diberbagai bidang diantaranya ekonomi, sosial, pariwisata dan yang paling penting di bidang pendidikan. Pelaksanaan pendidikan di Indonesia dalam masa pandemi Covid-19 mengalami beberapa perubahan yang terlihat nyata. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pengabdian masyarakat berbasis Partisipatory Action Research (PAR) yang dilaksanakan di MDA Al-Huda Dusun Cikoranji Desa Tanjungkerta Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya dengan program kegiatan bimbingan belajar. Pelaksanan bimbingan luring kepada siswa tingkat sekolah dasar dengan tujuan untuk membantu kesulitan peserta didik. Bimbingan dilakukan dengan cara memberikan bimbingan dalam bentuk pemantapan atau pengulangan kembali materi yang sudah diajarkan dalam pembelajaran daring, pemberian tugas, serta membatu kesulitan peserta didik dalam mengerjakan tugas sekolah (PR). Kegiatan pengabdian masyarakat ini dipandang dapat untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kegaiatan pendampingan bimbingan belajar ini memberikan dampak bagi motivasi peserta didik dalam belajar dan juga berdampak bagi mengurangi beban orang tua dalam membantu anak-anaknya dalam mengatasi kesulitan belajar khususnya bagi orang tua yang memiliki keterbatasan ilmu, pengetahuan dan pengalaman dalam membelajarkan anak-anaknya.

References

Aji, Halal Syah Rizqon. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah Keterampilan dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar’i 395-402.

Ambarita, Jenri, dkk. 2020. Pembelajaran Luring. Indramayu: Penerbit Adab. CV. Adanu Abimata.

Handayani, Diah, dkk. 2020. Coronavirus Disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia 119-129.

I.KJ, Wirawan, dkk. 2019. Hubungan Bimbingan Orang Tua dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 160-169.

Marsudi, (2003). Bimbingan Konseling. Bandung. Alfabeta

Susilo., Adityo, dkk. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019: Jurnal Penyakit Dalam Indonesia | Vol. 7, No. 1 | Maret 2020| 45

Supriatna, I, dkk. 2017. Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10-18.

Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 pada Satuan Pendidikan dan Nomor 36962/M PK.A/HK/2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Coronavirus Diseases (Covid-19)

Kusnaka, R. Hari Adimihardja dan Hikmat. (2003). Partisipatori Research, Pengabdian

dan Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora.

Yusuf, Syamsu dan Juntika. (2011). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung.

Rosdakarya.

https://eprints.uny.ac.id/9570/2/bab%202%20NIM.%2008104241024.pdf,

Downloads

Submitted

2021-10-05

Accepted

2022-01-27

Published

2021-12-30