GEMAS (Independent and Prosperous Golden Generation) Program Based on Digital Entrepreneurship Towards an Independent and Competent

Authors

  • Alrafni Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Suryanef Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • cici Nur Azizah Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/dedikasia.v5i2.10029

Keywords:

Ekonomi, GERMAS, Independent, Golden Generation

Abstract

Program GEMAS (Generasi Emas Mandiri dan Sejahtera) dilaksanakan di Nagari Salareh Aia Utara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, untuk memberdayakan remaja melalui pelatihan kewirausahaan digital, soft skills, dan literasi digital. Tujuan dari program ini adalah meningkatkan kompetensi remaja dalam memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha berbasis potensi lokal, seperti pertanian dan kerajinan, guna mendukung kemandirian ekonomi mereka. Dalam pelaksanaan program, dilakukan pendekatan partisipatif yang melibatkan lima tahap kegiatan: sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, dan keberlanjutan. Sebanyak 30 remaja masjid mengikuti pelatihan yang fokus pada keterampilan komunikasi, kepemimpinan, kerja sama tim, manajemen waktu, serta penggunaan teknologi informasi untuk pencatatan keuangan dan pemasaran produk. Hasil program menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menggunakan teknologi digital untuk pengembangan usaha lokal. Program ini berhasil meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi digital dan kemampuan soft skills, yang mendukung peserta untuk mandiri secara finansial dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah. Program ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 4 (Pendidikan Berkualitas) dan SDGs 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), serta diharapkan dapat dilanjutkan dengan penguatan fasilitas dan pelatihan berkelanjutan

References

Burchard, D. (2021). Youth empowerment through digital skills training: A sustainable development approach. Journal of Community Development, 15(3), 234-245. https://doi.org/10.1016/j.jcomdev.2021.03.004

Burchard, M. (2021). Empowering youth through digital entrepreneurship: Challenges and opportunities. Journal of Entrepreneurship and Innovation, 12(3), 75-90.

Galloway, L., McColl, J., & McPherson, M. (2021). Digital skills and entrepreneurship: Preparing the youth for the future. Journal of Digital Literacy, 9(2), 145-160.

Galloway, S., Shankar, R., & Patel, S. (2021). Digital entrepreneurship in rural economies: A new wave of opportunities for local businesses. International Journal of Digital Economy, 9(4), 112-126. https://doi.org/10.1108/ijde.2021.0042

McKinsey Global Institute. (2022). The digital economy in developing countries: Challenges and opportunities. McKinsey & Company. https://www.mckinsey.com/digital-economy

McKinsey Global Institute. (2022). The digital transformation of industries: A guide to the future of business. McKinsey Insights.

OECD Publishing. (2023). Education at a glance: Country profiles on digital skills. OECD. https://doi.org/10.1787/9789264341429-en

OECD Publishing. (2023). Education and digital skills: The new workforce challenge. OECD Report on Digital Transformation, 15(2), 102-115.

Prensky, M. (2021). The digital divide and its effects on youth empowerment in rural communities. Education and Technology Journal, 22(1), 47-58. https://doi.org/10.1016/j.edtech.2021.02.006

Prensky, M. (2021). The role of digital skills in today’s workforce: A framework for action. International Journal of Technology in Education, 29(1), 5-16.

Smith, J., Thomas, A., & Ramirez, P. (2020). Participatory approaches in youth entrepreneurship training programs: Lessons learned. Journal of Community Development, 16(4), 204-217.

Smith, R., Johnson, L., & Ward, P. (2020). Participatory approaches in community development programs: Enhancing engagement for sustainability. Journal of Community Engagement and Scholarship, 18(2), 89-103. https://doi.org/10.1016/j.jces.2020.01.002

Wooldridge, M. S., & Shapka, J. (2012). Play and learning: Electronic toys in the development of digital literacy. Applied Developmental Psychology Journal, 33(5), 211-218.

World Economic Forum. (2022). The future of work: Digital transformation and youth workforce readiness. World Economic Forum. https://www.weforum.org/reports/future-of-work-2022

Downloads

Published

2025-12-17

How to Cite

Alrafni, Suryanef, & cici Nur Azizah. (2025). GEMAS (Independent and Prosperous Golden Generation) Program Based on Digital Entrepreneurship Towards an Independent and Competent. Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 100–106. https://doi.org/10.30983/dedikasia.v5i2.10029

Citation Check