Relevansi Pengembangan Nilai-nilai Islami dalam Bidang Manajemen Pendidikan

Authors

  • Nia Rahmawati Ansari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Irawan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ujang Nurjaman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/al-marsus.v3i1.9656

Keywords:

Nilai-nilai Islami, Manajemen Pendidikan, Etika Kepemimpinan, Pendidikan Islam

Abstract

Abstrak

Manajemen pendidikan Islam bukan hanya berkaitan dengan upaya mencapai efisiensi administratif, tetapi juga menekankan pentingnya integrasi nilai-nilai Islami sebagai fondasi moral dan etika dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengkaji relevansi dan penerapan pengembangan nilai-nilai Islami dalam praktik manajemen pendidikan, khususnya pada fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang menelaah berbagai literatur ilmiah dari jurnal nasional dan internasional yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa nilai-nilai seperti musyawarah, kejujuran, amanah, keadilan, ihsan, serta tanggung jawab memiliki peran yang signifikan dalam membentuk sistem manajemen yang profesional, etis, dan bernuansa spiritual. Nilai-nilai tersebut diyakini mampu mendorong terciptanya budaya kerja yang harmonis dan produktif. Namun, temuan juga menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Islami masih belum optimal di sejumlah institusi pendidikan, baik karena keterbatasan pemahaman maupun lemahnya komitmen pimpinan. Oleh sebab itu, penguatan pengembangan nilai-nilai Islami menjadi strategi penting untuk menumbuhkan budaya mutu, membangun karakter seluruh pelaku pendidikan, dan mewujudkan tata kelola lembaga pendidikan Islam yang bermartabat dan berdaya saing.

 

Abstract

Islamic education management is not only concerned with achieving administrative efficiency but also emphasizes the importance of integrating Islamic values as moral and ethical foundations in the administration of educational institutions. This study aims to examine the relevance and implementation of developing Islamic values in educational management practices, particularly in the functions of planning, organizing, implementing, and evaluating. The method employed is a Systematic Literature Review (SLR) with a descriptive qualitative approach, reviewing various scholarly literature from relevant national and international journals. The findings indicate that values such as deliberation (shura), honesty, trustworthiness (amanah), justice, excellence (ihsan), and responsibility play a significant role in shaping a professional, ethical, and spiritually nuanced management system. These values are believed to foster a harmonious and productive work culture. However, the study also reveals that the application of Islamic values remains suboptimal in several educational institutions, due to limited understanding and weak leadership commitment. Therefore, strengthening the development of Islamic values is seen as a vital strategy to cultivate a culture of quality, build the character of all education stakeholders, and realize an Islamic educational governance that is dignified and competitive.

References

Abdullah, M., & Basri, K. (2021). Nilai Ihsan dalam Profesi Guru Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 45–56.

Abu-Raiya, H., & Pargament, K. I. (2017). Religious and Spiritual Coping in the Context of Education. Psychology of Religion and Spirituality, 9(3), 250–261.

Ahyadi, Abdul Ghofur, Musthofa, Sunjanah, Z. (2021). Model Pendidikan Entrepeneurship Pada Era 4.0 Di Pondok Pesantren Api Tegalrejo Magelang. Jurnal Penamas, 34(2), 287–312.

Al-Bayoumi, M. A. R. Al. (2006). Professional Ethics in Islam. The Bulletin of the Faculty of Islamic and Arabic Studies for Girls in Alexandria, 22(2), 1196–1334.

Al-Mamary, Y. H. S. (2021). The impact of transformational leadership on organizational citizenship behaviour: Evidence from Malaysian higher education context. Human Systems Management, 40(5), 737–749.

Alwi, Z., Hafidz, M. J., & Salam, S. (2021). Evaluasi Berbasis Nilai Islam dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 13(1), 34–45.

Arifin, M., & Wahyudin, D. (2021). Manajemen Partisipatif dalam Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 133–146.

Assegaf, A. R. (2021). Etika Kepemimpinan Pendidikan Islam. Prenada Media.

Azizah, N., Rani, A., Sutarto, J., & Yulianto, A. (2022). Implementation of Islamic School Culture-Based Curriculum Management in the Orientation of Educational Quality at SDI Athirah Makassar. Educational Management, 11(2), 156–164.

Brown, M. E., Treviño, L. K., & Harrison, D. A. (2005). Ethical leadership: A social learning perspective for construct development and testing. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 97(2), 117–134.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2013). Intrinsic motivation and self-determination in human behavior. Springer Science & Business Media.

Fauziah, R. (2020). Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Nilai-nilai Islam di Sekolah Menengah Islam. Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 101–113.

Fitriah, N., Kurniawati, T., & Saputra, Y. (2022). Musyawarah sebagai Basis Demokrasi Perencanaan di Sekolah Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 7(1), 45–56.

Fitriani, F., & Kurniawan, D. (2021). Kritik terhadap Evaluasi Pendidikan yang Berorientasi Administratif. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 112–123.

Halimah, S., Yusuf, A., & Safiudin, K. (2024). Pesantren Education Management : The Transformation of Religious Learning Culture in the Age of Disruption. 648–666.

Haron, H., Nordin, N., & Yusof, M. (2020). ustice-Oriented Leadership Practice in Malaysian Islamic Schools. Management in Education, 34(3), 171–178.

Hasanah, U., & Abdullah, F. (2020). Internalisasi Nilai Islam dalam Kepemimpinan Pendidikan Studi pada Madrasah di Jawa Timur. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 8((2)), 123–134.

Ilyas, M., Syah, M., & Lestari, I. (2020). Nilai Ihsan dan Pelayanan Administratif Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 77–88.

Ismail, H., Ali, Z., & Yusof, R. (2021). slamic-Based Transparency in Educational Planning: Evidence from Malaysia. Management in Education, 35(1), 15–23.

Ismail, N., & Hassan, R. (2021). Ethical Assessment Practices in Islamic Schools: A Case Study in Malaysia. International Journal of Ethics and Systems, 37(2), 215–229.

Lubis, R., Nurhadi, A., & Putri, H. (2021). Evaluasi Nilai Etik dalam Pelaksanaan Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 102–116.

M. Husain. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Kurikulum Pendidikan. International Journal of Islamic Education, 5(2), 123-135.

Mansur, H., & Rahmah, L. (2021). Simbolisme Musyawarah dalam Praktik Manajemen Sekolah Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 1–12.

Marzuki, M. (2019). Etika Kejujuran dalam Perencanaan Manajemen Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesional, 6(3), 211–219.

Nasution, S., & Karim, A. (2019). Evaluasi Pendidikan dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 19(1), 56–70.

Ningsih, D. A., Hidayat, T., & Rahmat, S. (2021). The Role of Islamic Values in Leadership Style of School Principals. International Journal of Educational Management, 35((3)), 450–467.

Rahim, R., & Zabidi, A. (2022). Organizational Ethics in Faith-Based Educational Institutions. Organizational Ethics in Faith-Based Educational Institutions., 36(4), 512–526.

Rahmah, R., & Arifin, M. (2022). Evaluasi Pendidikan dalam Kurikulum Merdeka: Perspektif Etika Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 10(2), 88–101.

Rohman, A., & Fatmawati, D. (2022). Strategi Perencanaan Pendidikan di Pesantren Modern Berbasis Nilai Islam. Jurnal Kepemimpinan Dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 89–102.

Saad, M., Al-Fawzan, A., & Tamim, R. (2022). Islamic-Based Evaluation and Its Impact on School Performance. Educational Management Administration & Leadership, 50(5), 701–718.

Saputra, R. A., Citriadin, Y., & Rahman, H. (2025). The Impact of Participatory Leadership on the Formation of Organizational Culture in Islamic Educational Institutions. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 550–569.

Shafie, M., Ismail, H., & Yusof, M. (2022). Islamic Value Integration in Service Delivery at Private Schools in Malaysia. International Journal of Ethics and Systems, 38(1), 317–332.

Sofyan, M., & Huda, A. (. (2019). anggung Jawab Guru dalam Pengelolaan Kelas Berbasis Akhlak. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 67–80.

Suharto, B. (2019). Etika Pendidikan dalam Islam :Teori dan Praktik. Penerbit Al- Ma’arif.

Syamsuddin, M. (2019). Strategi Penguatan Karakter Islami dalam Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 55–68.

Wahyuni, N., & Alim, M. (2020a). Integrasi Nilai Islam dalam Manajemen Pendidikan di Sekolah Islam. . . Jurnal Ilmiah Administrasi Pendidikan, 1(11), 45–58.

Wahyuni, N., & Alim, M. (2020b). Integrasi Nilai Islam dalam Manajemen Pendidikan di Sekolah Islam. Jurnal Ilmiah Administrasi Pendidikan, 11(1), 45–58. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIAP/article/view/25043

Yusuf, R., & Haris, A. (2020). Konsep Keadilan dalam Evaluasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 97–110.

Zamzam, F., & Musthafa, A. (2021). Transparansi Anggaran Pendidikan dalam Perspektif Etika Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 33–47.

Zulkifli, A., & Ramadhan, D. (2020). Problematika Pelaksanaan Pendidikan yang Minim Nilai Islam. Jurnal Studi Keislaman, 15(2), 121–135.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles

Citation Check