Strategi Manajemen Kesiswaan dalam Menghadapi Tantangan Bullying di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.30983/al-marsus.v3i1.9029Keywords:
Bullying, Kesejahteraan Siswa, Manajemen Kesiswaan, Sekolah Menengah AtasAbstract
Abstrak
Fenomena bullying di sekolah menengah atas merupakan tantangan serius yang dapat memengaruhi kesejahteraan siswa dan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan merumuskan strategi manajemen kesiswaan yang efektif dalam menghadapi tantangan bullying di sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur untuk mengidentifikasi berbagai strategi manajemen kesiswaan dalam menghadapi bullying termasuk kebijakan anti-bullying, program edukasi, dan dukungan psikologis bagi korban dan pelaku bullying. Data bersumber dari pengumpulan melalui google scholar, garba rujukan digital, researchgate, dan semanthic scholar. Sumber pustaka yang didapatkan terdiri atas 30 sumber dan 12 literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan dan keterlibatan aktif guru, orang tua, dan masyarakat berperan penting dalam mencegah dan menangani kasus bullying. Strategi dalam menghadapi bullying yang dapat dilakukan meliputi identifikasi kasus, mediasi, pemberian dukungan psikologis, serta penerapan sanksi edukatif bagi pelaku. Selain itu, penyusunan kebijakan anti-bullying yang komprehensif, pelatihan rutin bagi tenaga pendidik, penyediaan layanan konseling, dan evaluasi program secara berkala. Dengan demikian, manajemen kesiswaan yang responsif dan komprehensif diharapkan dapat menurunkan angka bullying dan mendukung pembentukan karakter siswa yang positif.
Abstract
The phenomenon of bullying in high schools is a serious challenge that can affect student welfare and the quality of education. This study aims to examine and formulate effective student management strategies in dealing with the challenges of bullying in high schools. This study uses a qualitative approach with a literature study method to identify various student management strategies in dealing with bullying including anti-bullying policies, educational programs, and psychological support for victims and perpetrators of bullying. Data sourced from collection through Google Scholar, digital reference garba, researchgate, and semantic scholar. The library sources obtained consisted of 30 sources and 12 literatures. The results of the study indicate that student management and the active involvement of teachers, parents, and the community play an important role in preventing and handling bullying cases. Strategies in dealing with bullying that can be done include case identification, mediation, providing psychological support, and implementing educational sanctions for perpetrators. In addition, the preparation of comprehensive anti-bullying policies, routine training for educators, provision of counseling services, and periodic program evaluations. Thus, responsive and comprehensive student management is expected to reduce bullying rates and support the formation of positive student character.
References
Adinda, A., Yeni Afrida, & Lorenchia Braferi. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Tindakan School Bullying sebagai Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SMA S Xaverius Bukittinggi. Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 6(1), 01–18. https://doi.org/10.55606/ay.v6i1.768
Afnan, H., & Meliawati, A. (2023). Program Bimbingan Konseling dalam Mengurangi Tingkat Bullying di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Jurnal J-BKPI, 03(01), 102–113. https://doi.org/10.31862/9785426311961
Amelia, Simangunsong, A. S., Akmalia, R., Diastami, S. M., Halawa, S., & Tanjung, A. (2023). Manajemen Pembinaan Peserta Didik pada Lembaga Pendidikan. Journal on Education, 5(2), 3394–3403. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1016
Anas, R., Syafruddin, & Mulyadin, W. (2024). Strategi Sekolah dalam Mencegah Perilaku Bullying di SMAN 1 Lambu. AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies, 7(3), 751–761. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v7i3.1554..School
Anggraini, H. Y., & Ismail, I. (2023). Strategi Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Mengatasi Perilaku Menyimpang. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 8(1), 61–76. https://doi.org/10.15575/isema.v8i1.25217
Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. (Y. Acitra (ed.); 1st ed.). PT Indeks Jakarta.
Bagaskara, G. A. P., Suryana, S., & Saprialman, S. (2024). Strategi Penanganan dan Pencegahan Bullying di SMA IT Mentari Ilmu Karawang. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 233–239. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.470
Cahyani, A. W., & Widodo, S. (2022). Pentingnya Pendidikan Anti Bullying di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1), 49–56. https://doi.org/10.21137/jpp.2022.14.1.7
Devi, I., Harahap, N. I., & Yakub Simbolon, A. M. (2023). Implementasi Manajemen Kesiswaan di SMAN 1 Tigo Nagari. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 30. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6454
Fahreza, M., Supriyatno, T., & Nahrawi, S. (2025). Strategi Sekolah dalam Mewujudkan Pembentukan Karakter Baik untuk Menghindari Perilaku Bullying pada Siswa SMK Negeri 5 Malang. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(5), 4846–4853.
Hoirunnisa, & Kusuma, M. (2024). JPPI: 2024, Kekerasan di Lingkungan Pendidikan Melonjak Lebih dari 100 Persen. KBR Media. https://kbr.id/berita/nasional/jppi-2024-kekerasan-di-lingkungan-pendidikan-melonjak-lebih-dari-100-persen
Inayati, I. Nurul, & Rofik, A. (2020). Konstruksi Budaya Damai Berbasis Manajemen Kesiswaan dalam Model Sekolah Ramah Anak. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v5i1.474
Karisma, N., Rofiah, A., Afifah, S. N., & Manik, Y. M. (2024). Kesehatan Mental Remaja dan Tren Bunuh Diri: Peran Masyarakat Mengatasi Kasus Bullying di Indonesia. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 560–567. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3439
Kholidi, A. K., & Muliawan, M. I. (2024). Manajemen Kepala Sekolah dalam Mencegah Bullying terhadap Sesama Siswa di MTS NW Sealaparang Putra Kediri Lombok Barat. Al-I’timad: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Islam, 2(1), 39–56. https://doi.org/10.35878/alitimad.v2i1.1101
Liyana, T. A., Ahyani, N., & Mahasir. (2024). Manajemen Kesiswaan dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Peserta Didik Di Sdn 115 Palembang. Jurnal Kepemimpinan & Pengurusan Sekolah, 9(3), 263–275.
Manalu, M. F., Muallimah, S., Sihombing, A. N., Andini, L. A., Sebayang, M. J. P., & Santa Murni, A. S. (2024). Penerapan Bidang Garapan Manajemen Kesiswaan Terkait Kasus Pembullyan di Madrasah Aliyah 3 Negeri Medan. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(6), 61–66.
Maulinnoor, Kasypul, & Khuzaini. (2021). Manajemen Kesiswaan dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Doctoral Disertation, Universitas Islam Kalimantan MAB.
Ningsih, S. D., Eleonora, R. D., & Tobing, P. A. L. (2022). Edukasi Pencegahan Bullying di SMA Negeri 1 Labuhan Deli Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 83–95.
Permata, J. T., & Nasution, F. Z. (2022). Perilaku Bullying Terhadap Teman Sebaya Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 614–620. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.83
Popytasari, H. (2021). Teknik Role Playing dalam Bimbingan dan Konseling untuk Perilaku Bullying di Sekolah Menengah. Jurnal Fokus Konseling, 7(2), 76–89. https://doi.org/10.52657/jfk.v7i2.1425
Pusparani, M. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 534–543. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.466
Putri, E. D. (2022). Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah : Dampak Serta Penanganannya. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian, 10(2), 24–30.
Putri, M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen Kesiswaan terhadap Hasil Belajar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 119. https://doi.org/10.29210/3003907000
Qomarudin. (2022). Manajemen Kesiswaan dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(1), 75–98.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Salsabila, H., Nurnazhiifa, K., Sati, L., & Windayana, H. (2021). Peran Layanan Khusus Bimbingan dan Konseling dalam Mencegah dan Menangani Kasus Bullying di Sekolah. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 290–298. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.228
Sherly, Nurmiyanti, L., The, H. Y., Firmadani, F., Safrul, Nuramila, Sonia, N. R., Lasmono, S., Firman, M., Hartono, R., Na’im, Z., Lestari, A. S., Kristina, M., Sari, R. N., & Hardianto. (2020). Manajemen Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktis. In Manajemen Pendidikan (Tinjauan Teori dan Praktis). https://etheses.uinsgd.ac.id/40789/1/Manajemen Pendidikan Cetak.pdf
Syarkawi, Najmuddin, Marsithah, I., & Daniel, M. (2024). Studi pencegahan cyberbullying pada era digital berbasis kearifan lokal pada Sekolah Menengah Atas di Peusangan , Bireuen. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(6), 432–451. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v13i4.17822
Wati, R., & Farhan, R. M. (2024). Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Pencegahan Kasus Perundungan Di SMP Rimba Teruna Kota Bogor. Karimah Tauhid, 3(5), 5954–5966. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/13520
Wicaksono, Z., Yasin, M., & Romli, M. (2025). The Positive Infrastructure and Environment in Improving Student Management at Bina Insan Mandiri Senior High School Nganjuk East Java. Journal of Islamic Education Management, 5(1), 62–74. https://doi.org/10.47476/manageria.v5i1.6227
Yuliana, A. T. R. D., Salsabila, F., Sadiah, H., Azzahra, M. N., & Qotrunnada, V. (2023). Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Membentuk Akhlak Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 8(01), 15–23. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v8i01.276
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Sabrina Kaneishia Sabrina, Mila Nurfaniyah, Netty Berliana Herman, Singgih Bektiarso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
						







