Strategi Komunikasi Pemasaran Budiman Swalayan dalam Meningkatkan Brand Loyalty di Kota Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.30983/al-jamahiria.v2i2.8819Keywords:
Komunikasi pemasaran, Brand Loyalty, Budiman Swalayan, Bukittinggi, Media SosialAbstract
Artikel ini menganalisis strategi pemasaran Budiman Swalayan dalam menghadapi persaingan di sektor swalayan lokal Kota Bukittinggi. Budiman Swalayan berhasil bertahan di tengah kompetisi ketat. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih subjek sesuai kriteria. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengacu pada konsep komunikasi pemasaran, seperti promosi penjualan, periklanan, penjualan pribadi, dan pemasaran media sosial. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan kepala marketing, konsumen, serta observasi langsung. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Budiman Swalayan menerapkan beberapa strategi. Promosi penjualan dilakukan dengan diskon dan akumulasi poin untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Periklanan melalui media luar ruang dan media massa memperluas jangkauan. Penjualan pribadi membangun hubungan erat dengan konsumen, sedangkan pemasaran media sosial menyampaikan informasi terbaru produk dan promosi. Penelitian ini memberikan wawasan praktis tentang strategi pemasaran efektif bagi usaha lokal, serta menjadi acuan untuk meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompetitif.
This article analyzes Budiman Swalayan's marketing strategy in facing competition in the local supermarket sector of Bukittinggi City. Budiman Swalayan managed to survive in the midst of intense competition. This research uses purposive sampling technique to select subjects according to the criteria. With a descriptive qualitative approach, this research refers to marketing communication concepts, such as sales promotion, advertising, personal selling, and social media marketing. Data were collected through interviews with the head of marketing, consumers, and direct observation. Data analysis used the Miles and Huberman model, including data reduction, presentation, and conclusion drawing. The results showed that Budiman Swalayan implemented several strategies. Sales promotion is done with discounts and accumulated points to increase consumer loyalty. Advertising through outdoor media and mass media expands reach. Personal selling builds close relationships with consumers, while social media marketing conveys the latest product information and promotions. This research provides practical insights into effective marketing strategies for local businesses, as well as a reference to improve competitiveness in an increasingly competitive market.
References
Abdullah, M. K. (2019). Perlindungan Hukum Pelaku Usaha Bisnis Ritel Tradisional Terhadap Perkembangan Ritel Modern Di Kota Padang. Unes Journal of Swara Justisia, 1(4 SE-Articles), 437–451. https://swarajustisia.unespadang.ac.id/index.php/UJSJ/article/view/50
Alifia Ayu Fitriana, Bunga, & Revienda Anita Fitrie. (2024). Analisis Pengambilan Keputusan Larangan Pendirian Usaha Ritel Modern Di Kota Padang. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(5). https://doi.org/10.62281/v2i5.290
Allo, C. G. (2023). Internalisasi Komunikasi Pemasaran Di Swalayan Surya Indah Watampone Analisis Berbasis Etika Bisnis Islam. Jurnal ESTUPRO, 8(1), 1–6.
Atlisiaji, W. Y. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Pada UMKM Magetan Bamboo Craft di Kabupaten Magetan dalam Mengembangkan Usahanya. Abdimas Indonesian Journal, 1(2), 89–98. https://doi.org/10.59525/aij.v1i2.73
Awalul, K. (2022). Analisis Industri Ritel Di Kota Padang Tanpa Keberadaan Dua Waralaba Ritel Indomaret Dan Alfamart. Journal of Science Education and Management Business, 1(1), 48–53.
Balqis, M. (2018). Faktor-Faktor Penghambat Ritel Berjaringan Masuk ke Kota Padang sampai Tahun 2017. Jurnal Politik, 3(2), 265. https://doi.org/10.7454/jp.v3i2.129
PEMBINAAN DAN PEMBERDAYAAN PASAR RAKYAT, (2016).
Christiana, I., Bahagia, R., Putri, L. P., & Sitorus, R. S. (2022). Peran Komunikasi Bisnis Dalam Membantu Perkembangan Umkm. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 3(1), 100–108. https://doi.org/10.53695/js.v3i1.700
Djuarni, W. (2023). Strategi Produk Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1), 35–43. https://doi.org/10.35130/jrimk.v7i1.394
Fawwaz Fawwaz. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Umkm Dalam Membangun Positioning Melalui Instagram. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(1), 119–127. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.848
Haris, A., Samosir, H. E., & Lubis, S. H. (2022). Marketing Communications as Strategy Expanding Market Share In Era 4.0. International Journal of Social Science and Business, 7(1), 188–198. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i1.53535
Harningsih, H. (2021). Komunikasi Pemasaran PT Hero Supermarket Tbk. dalam Mempromosikan Produk Baru. Propaganda, 1(2), 102–112. https://doi.org/10.37010/prop.v1i2.261
Hikayat, A., & Ruhyadi, S. G. S. A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk MeningkatkanPenjualan Pada Superindo Sukabumi. Marketgram Journal, 1(1)(1), 67–74.
Kevin, K., & Martha, L. (2023). Harga Dan Kualitas Pelayanan Pada Loyalitas Konsumen Di Budiman Swalayan Ulak Karang Kota Padang. Jurnal Economina, 2(11 SE-Articles), 3483–3493. https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.985
Kuliman, K., Kemala, S., Permata, D., Almasdi, A., & Aina Fitri, N. H. (2023). Analysis of the Influence of the Marketing Mix on Consumer Purchasing Decisions Using the Structural Equation Modeling Method. International Journal of Islamic Economics, 5(02), 126. https://doi.org/10.32332/ijie.v5i02.7865
Nikmah, M., & Siswahyudianto, S. (2022). Strategi Diferensiasi untuk Menciptakan Keunggulan Kompetitif pada UMKM Catering Pawon Gusti Desa Surondakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 4(1), 66–82. https://doi.org/10.51353/jmbm.v4i1.627
Nofia, U., Yohanis, & Meilina, S. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Iklan di Lembaga Penyiaran Publik RRI Bukittinggi. JAPan: Jurnal Administrasi Dan Pemerintahan, STISP Imam Bonjol, 1(2), 93–102. https://doi.org/https://doi.org/10.55850/
Nurzahrah, Y., Fitriyah, L., Hirowati, R., Pinasty, P. B., Ayuni, G. S., Syafadita, S., Habibie, R., Tidar, U., & Kunci, K. (2023). Indonesia Tinjauan Yuridis Terhadap Pendirian Perusahaan Ritel Berjejaring Terhadap Waralaba Indomaret Dan Alfamart Di Kota Padang. Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin, 2(5).
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Safni, N., Chairoel, L., Hastini, L. Y., & Yan Fitri, M. E. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Budiman Swalayan Pondok. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 25(1), 233–242. https://doi.org/10.47233/jebd.v25i1.751
Sari;, D. N., Asmeri;, R., & Firdaus, T. R. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Budiman Cabang Ampang Padang. Jurnal Matua, 4(3), 479–490.
Sofiyawati, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Rumah Zakat Tahun 2022. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah. http://103.180.95.17/index.php/alhadharah/article/view/6275
Supiandi, G., & Priatna, I. A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan (Studi Deskriptif Kualitatif pada PT. Sinar Asih Perdana). Jurnal Tadbir Peradaban, 3(3), 316–322.
Ulfanora, & Almaududi. (2024). West Sumatra’s Retail Policies On The Perspective Of Competition And Islamic Law. Diponegoro Law Review, 09(2), 241–257. https://doi.org/10.14707/ajbr.120007.241
Zharifa, Z., Syamsir, S., Susanti, D., Rahmawati, F., Rahma, F., & Pratama, H. (2023). Strategi Pemimpin dalam Memperkuat Kekompakan Karyawan pada Budiman Swalayan Padang, Air Tawar. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 3(3), 118–125. http://dx.doi.org/10.38035/jihhp.v3i3.1645%0Ahttps://dinastirev.org/JIHHP/article/download/1645/987