Strategi Kehumasan dalam Membangun Citra IAIN Kudus sebagai Perguruan Tinggi Islam Terapan di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.30983/al-jamahiria.v2i2.8700Keywords:
Citra, Humas, Ilmu Islam Terapan, Strategi, IAIN KudusAbstract
Artikel ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis strategi humas dalam membangun citra Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus sebagai kampus berbasis ilmu Islam terapan, serta mengidentifikasi hambatan dan tantangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan verifikasi, sedangkan validitas data diuji dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi humas IAIN Kudus meliputi: optimalisasi pengelolaan website; publikasi event kampus; kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan keterlibatan langsung di masyarakat; kerjasama dengan media massa lokal; penguatan identitas korporat; publikasi di media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube, dan Facebook, serta surat kabar; komunikasi persuasif dengan calon mahasiswa baru; dan branding ke Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas, serta Sekolah Menengah Kejuruan. Hambatan meliputi keterbatasan personel humas (internal) dan rendahnya kesadaran mahasiswa dalam menyebarkan informasi kampus serta penyesuaian konten untuk generasi Z (eksternal). Penelitian ini berkontribusi dalam menyediakan panduan strategis bagi perguruan tinggi Islam untuk mengembangkan citra institusi secara efektif melalui penguatan komunikasi strategis dan kolaborasi, khususnya di era digital.
This article aims to describe and analyze the public relations strategy in building the image of the State Islamic Institute (IAIN) Kudus as a campus based on applied Islamic science, as well as identifying obstacles and challenges. This research uses a qualitative approach with data collection methods in the form of observation, interviews, and documentation. Data analysis was conducted through reduction, presentation, and verification, while data validity was tested by triangulation. The results showed that IAIN Kudus's public relations strategies include: optimizing website management; publication of campus events; Corporate Social Responsibility (CSR) activities with direct involvement in the community; cooperation with local mass media; strengthening corporate identity; publication on social media such as Instagram, TikTok, YouTube, and Facebook, as well as newspapers; persuasive communication with prospective new students; and branding to Madrasah Aliyah, Senior High Schools, and Vocational High Schools. Obstacles include limited public relations personnel (internal) and low student awareness in disseminating campus information and adjusting content for generation Z (external). This research contributes to providing strategic guidance for Islamic universities to effectively develop institutional image through strengthening strategic communication and collaboration, especially in the digital era.
References
Adha, S. T. N., & Rohimakumullah, M. A. A. (2022). Peran Humas dalam Menangani Krisis Citra Sistem OSS di Kementerian Investasi Indonesia. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 5(1), 35–41. https://doi.org/10.31539/kaganga.v5i1.3765
Amalia, V. (2020). Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Public Trust Di Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo). AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 13–23. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.812
Amin, M. S., Arifudin, D., Ikhsan, I., & Indriyani, R. (2024). Optimasi Media Digital dalam meningkatkan Citra Daya Tarik Kampus melalui Pelatihan Konten Kreatif Humas Universitas Amikom Purwokerto. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 6(1), 1293–1298. https://doi.org/http://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i1.4437
Ayu Sofi Syafitri, & Siti Sri Wulandari. (2024). Strategi Humas Melalui Literasi Digital untuk Meningkatkan Citra Positif SMK PGRI 2 Sidoarjo. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 47–55. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i3.2392
Buchori, A. (2019). Peran Dan Strategi Public Relation Dalam Pembentukan Citra Perguruan Tinggi Pariwisata (Studi Kasus Di Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta). Jurnal Kepariwisataan, 13(1), 57–68. http://ejournal.stipram.ac.id/index.php/kepariwisataan/article/view/76
Damayanti, P. (2021). Pengembangan Humas Efektif di Perguruan Tinggi. JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 3(1), 6–11. https://doi.org/10.31539/joppas.v3i1.3113
Dipa, A. K., Hafiar, H., & Rahmat, A. (2023). Pemahaman Humas Lembaga Perguruan Tinggi Tentang Reputasi di Era Digital Public Relations. Jurnal Audience, 5(2), 209–225. https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.6190
Hafidhah, H., Herli, M., & Arifin, M. (2020). Peran Media Sosial dalam Menunjang Kinerja dan Popularitas Institusi Perguruan Tinggi. Jurnal Serambi Ilmu, 21(1), 1–17. https://doi.org/10.32672/si.v21i1.1786
Harwinda, A., Pinariya, J. M., Putri, D. W., & Yunia, A. (2024). Kapabilitas Humas Perguruan Tinggi Di Jakarta Dalam Tata Kelola Komunikasi MBKM Saat Pandemi COVID-19. Jurnal Lugas, 7(1), 57–70. https://doi.org/https://doi.org/10.31334/lugas.v8i1.3753
Iqbal, M. (2023). Manajemen Humas dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi. Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 71–78. https://doi.org/10.35912/jahidik.v2i2.1565
Mallappiang, N., Agustang, A., & Idkhan, A. M. (2021). Keberadaan Humas Dalam Menunjang Tridharma Perguruan Tinggi Universitas Indonesia Timur Makassar. Journal Governance and Politics (JGP), 1(2), 134–148.
Mardiyah, M., Ibnu Faruq Fauzi, M., F, H., Humaira, N., & Kisman, A. (2023). Peran Manajemen Humas Dalam Upaya Pencitraan Lembaga Pendidikan. An-Nadzir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02), 135–144. https://doi.org/10.55799/annadzir.v1i02.318
Matheos, M. (2018). Peran Humas Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Portal Akademik Bagi Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Oleh. Jurnal Unsrat.
Mukhsinuddin, M., Tarmizi, T., Putra, R. S., & Furqan, M. (2021). Strategi Public Relations Dalam Membangun Daya Saing Dan Mutu Pendidikan Pada Perguruan Tinggi Di Aceh. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(4), 609. https://doi.org/10.22373/jm.v11i4.11098
Munir, A. (2023). Efektivitas Manajemen Humas Dalam Membangun Citra Pendidikan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Intelektualita, 12(1), 145–159. https://doi.org/10.22373/ji.v12i1.18110
Muslim A. Kadir. (2003). Ilmu Islam Terapan:Menggagas Paradigma Amali dalam Agama Islam. Pustaka Pelajar.
Nento, K., & Masruri, A. (2020). Optimalisasi Penggunaan Website Sebagai Media Publikasi Informasi Sekolah SMK Koperasi Yogyakarta. JTII, 5(2), 87–98.
Pratiwi, H. A. (2011). Peranan Humas Dalam Membentuk Citra Positif Perguruan Tinggi. Deiksis, 3(1), 50–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v3i01.414
Primadini, I., Heriyanto, A., Tehillah, N., S. C. P, K. T. A., & Angelia, C. R. (2022). Peran public relations di perguruan tinggi: teknis atau manajerial? Jurnal Komunikasi Profesional, 6(2 SE-Articles), 139–157. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp/article/view/4495
Purwo, R. H. S., & Puspasari, D. (2020). Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 458–467. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p458-467
Ratnasari, E., Rahmat, A., & Prastowo, F. A. A. (2018). Peran Humas Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum dalam Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 21. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.14034
Salamah, N., Nugroho, M. A., & Nugroho, P. (2020). Upaya Menyemai Moderasi Beragama Mahasiswa IAIN Kudus melalui Paradigma Ilmu Islam Terapan. Quality, 8(2), 269. https://doi.org/10.21043/quality.v8i2.7517
Syukri, & Sumarni. (2020). Strategi Humas Dalam Meningkatkan Minat Calon Mahasiswa Baru di Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Komunikasi Dan Organisasi (JKO), 2(1), 43–52. https://doi.org/https://doi.org/10.26644/jko.v2i1.6064
Teguh Hidayatul Rachmad. (2015). Strategi Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Perguruan Tinggi Swasta Di Jawa Timur. Komunikasi, 9, 21–40. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/ilkom.v9i1.1149
Wulansari, N. L. T., Fitriana, K. N., Khotimah, N., Agustinova, D. E., & Satlita, L. (2023). Transformasi Humas Perguruan Tinggi di Era Distruptif 4.0 dan Society 5.0: Tantangan dan Strategi. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 20(1), 21–29. https://doi.org/10.21831/socia.v20i1.61641
Yuarko, N. V., Wulandari, M. P., & Zulkarnain, Z. (2024). Implementasi Excellence Theory Of Public Relations Dalam Membangun Komunikasi Efektif Pada Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) Dan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(11), 18326–18341. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i11.15383