Utilisasi Media Dan Komunikasi Visual Dalam Dakwah di Era 5.0

Authors

  • Khairullah UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Recha Mardiianty Rachmi UIN Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/al-jamahiria.v2i2.8667

Keywords:

Komunikasi, Era 5.0, Media dan Komunikasi Visual, Augmented Reality

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi integrasi elemen visual dan teknologi digital dalam dakwah Islam di era digital dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan. Penelitian ini menelaah teori, konsep, dan temuan empiris terkait dinamika penggunaan media, komunikasi visual, dan teknologi digital seperti augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) dalam dakwah. Pengumpulan data dilakukan secara sistematis melalui identifikasi, evaluasi, klasifikasi, dan analisis literatur dari buku akademik, artikel jurnal, laporan penelitian, serta dokumen digital. Hasil penelitian menunjukkan strategi efektif dalam memanfaatkan media visual untuk meningkatkan keterlibatan audiens, seperti konten video kreatif, animasi, dan teknologi imersif seperti AR dan VR. Media sosial seperti TikTok, YouTube, dan Instagram memainkan peran penting dalam menjangkau audiens yang lebih luas, terutama generasi muda, melalui pendekatan inovatif dan interaktif. Studi ini menyoroti potensi komunikasi visual dan teknologi digital untuk mentransformasi dakwah agar relevan dengan preferensi modern, sekaligus menjaga nilai-nilai inti Islam. Tantangan yang dihadapi mencakup menjaga keaslian pesan di tengah komodifikasi digital dan memastikan kedalaman pesan agama. Kerangka multidisiplin ini memberikan panduan bagi akademisi dan praktisi dalam memanfaatkan inovasi digital untuk dakwah yang efektif dan etis di era digital

 

This article uses literature research to explore the integration of visual elements and digital technology in Islamic da'wah in the digital era. This research examines theories, concepts, and empirical findings related to the dynamics of using media, visual communication, and digital technologies such as augmented reality (AR) and virtual reality (VR) in da'wah. Data collection is done systematically by identifying, evaluating, classifying, and analyzing literature from academic books, journal articles, research reports, and digital documents. The results show effective strategies in utilizing visual media to increase audience engagement, such as creative video content, animation, and immersive technologies such as AR and VR. Through innovative and interactive approaches, social media such as TikTok, YouTube, and Instagram are essential in reaching a wider audience, especially the younger generation. This study highlights the potential of visual communication and digital technology to transform da'wah to be relevant to modern preferences while maintaining core Islamic values. Challenges include maintaining message authenticity amid digital commodification and ensuring the depth of religious messages. This multidisciplinary framework guides academics and practitioners in utilizing digital innovations for practical and ethical da'wah in the digital age.

References

Amal, M. A., Aglia, A., & Prabowo, A. (2024). Innovating Islamic Preaching through TikTok Live Streaming and Mobile Legends Gaming. International Journal of Linguistics, Communication, and Broadcasting, 2(3), 90–94. https://doi.org/10.46336/ijlcb.v2i3.139

Anggraini dkk, L. (2013). Desain Komunikasi Visual. Nuansa Cendikia.

Anida, Samsu, Neneng Hasanah, Zulqarnin, Jamaluddin, & Muhsin Ruslan. (2024). Strategi Dakwah Bil Hikmah Media Sosial Facebook Terhadap Akun @pecintaudud (Ustadz Maududi). Journal of Religion and Film, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.30631/jrf.v3i1.30

Ashidiqi, A. H., Darmawanto, E., Wijanarko, K. D., & Ma’arif, S. (2022). Perancangan Visual Dakwah Islami Public Reminder Melalui Konten Kreatif Ilustrasi. SULUH: Jurnal Seni Desain Budaya, 5(2), 10–20. https://doi.org/10.34001/jsuluh.v5i2.3589

Ayundari, S., & Manalu, K. (2024). Pengembangan Media Augmented Reality Terintegrasi Nilai-nilai Islam pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMA Swasta Bandar Setia Ujung. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 12(1), 1057. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i1.11808

Azzahra’, F. (2022). Konsep Media Dalam Tafsir Dakwah: Analisis Tafsir Surat Ibrahim Ayat 4 Dan Surat Al-an’Am Ayat 75. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 5(2), 53. https://doi.org/10.22373/jp.v5i2.14042

Dellbi Rahmahdini, Da, S. M., & Da, A. A. Y. (2023). Augmented Reality On Instagram As A Medium For Delivering Dakwah In Community Communication 5.0. Proceeding Conference On Da’wah and Communication Studies, 2(1), 35–44. https://doi.org/10.61994/cdcs.v2i1.94

Dinda Arina Husnayaeni, & Ade Putranto Prasetyo Wijiharto Tunggali. (2023). Analisis Konten Visual Post Instagram @Lensamu dalam Dakwah Islam Tengahan (Wasathiyah). Jurnal Audiens, 3(4 SE-Articles), 301–317. https://doi.org/10.18196/jas.v3i4.17958

E, E., Usman, A., & Dafitri, H. (2019). Peluang Industri Kreatif Melalui Pelatihan Pembuatan Video Kreatif Bagi Mahasiswa Akademi Dakwah Indonesia Sumatera Utara. JTUNAS, 1(1), 39. https://doi.org/10.30645/jtunas.v1i1.11

Efendi, E., Nasution, N., & Rao, A. M. (2024). Alternatif Media Dakwah di Era Digital. Da’watuna: Journal of …. https://journal-laaroiba.com/ojs/index.php/dawatuna/article/view/734

Farabi, A. (2024). Initiating The Future Of Da’wah (Study Of Manara Studios’ Innovative Strategy In Reaching Out Alpha Generation). Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 7(2), 777–785. https://doi.org/10.24815/jr.v7i2.38843

Guatri, G. (2023). Analisis Representasi Visual : Kajian Kekerasan Simbolik dalam Film. JRF: Journal of Religion and Film, 2, 293–312. https://jrf.dakwah.uinjambi.ac.id/index.php/JRF/article/view/21/19

Hamu, M. H. A., Kalam, A. K., Megawaty, M., Daga, R., Katti, S. W. B., Sulkipli, S., Sudirman, S., Sujatmiko, S., Didiharyono, D., Qur’ani, B., & Jaya, A. K. (2023). Are We Ready to Face Society 5.0? In Tangguh Denara Jaya (Issue June).

Hanif, M., & Agusman. (2023). Innovative Strategies In Contemporary Da’wah: Initiating A Technology-Based Approach. Jurnal Da’wah: Risalah Merintis, Da’wah Melanjutkan, 6(2), 59–71. https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v6i2.212

Hasan Sazali dan Ali Mustafa. (2023). New Media dan Penguatan Moderasi Beragama Di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 17(2).

Hilmi, M. (2021). Youtube as Da’wah Media Innovation in Disruption Era. MUHARRIK: Jurnal Dakwah Dan Sosial, 4(01), 21–31. https://doi.org/10.37680/muharrik.v4i01.234

Ida Selviana Masruroh. (2022). Da’wah And Digitalization: Nurul Azka Comedy’s Da’wah Strategy Through The Instagram Platform. KOMUNIKE, 14(2), 93–104. https://doi.org/10.20414/jurkom.v14i2.5800

Kamilah, S., Ibdalsyah, I., & Rivani, F. (2024). Pengaruh Komunikasi Visual Dalam Konten Dakwah 2Istgfr.id Terhadap Kepuasan Informasi Followers Instagram. Arkana : Jurnal Komunikasi Dan Media, 3(1), 44–50. https://doi.org/10.62022/arkana.v3i01.7226

Muhamad Ngafifi. (2023). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(3), 26–53. https://doi.org/10.47861/tuturan.v1i3.272

Nadhira, D. F., Muslimin, E., & ... (2022). Strategi Pengembangan Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Dakwah Oleh Akhwat Creative Project (Acp). Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jih.v11i2.2255

Nadhira dkk., D. F. (2022). Strategi Pengembangan Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Dakwah Oleh Akhwat Creative Project (ACP).

Ni’mah, N. (2016a). Dakwah Komunikasi Visual. Islamic Communication Journal, 1(1), 104–120. https://doi.org/10.21580/icj.2016.1.1.1241

Ni’mah, N. (2016b). Dakwah Komunikasi Visual. Islamic Communication Journal, 01(01), 104–119.

Nisa, N. F. (2024). Contemporary Da’wah Transformation : Jurnal Dakwah, 25(1), 91–114. https://doi.org/10.14421/jd.2024.25105

Nugrahani, R., Idris, M. Z., & Wibowo, A. A. (2021). Illustration Images in Muslimah Visual Communication Da’wah Movement on Instagram. Komunikator, 13(1). https://doi.org/10.18196/jkm.131049

Prasetya, B., & Nur Bahri, A. (2023). Makna Pesan Dakwah Komunikasi Visual Pada Akun Instagram “@qomikin” (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 4(4), 19–40. https://doi.org/10.59059/tabsyir.v4i4.337

Putri, R. R. (2024). Pesan Dakwah Visual dalam Poster Kebaikan Keutamaan Bersedekah Laz Albunyan. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 8(1 SE-Artikel), 32–38. https://doi.org/10.32832/komunika.v8i1.13783

Rahim, N. N. (2017). An Islamic animated infographic model for Da’wah dissemination: A case study of Prophet’s Sunnah in eating and drinking. Faculty of Creative Technology and Heritage, May. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10352.87046

Reksoatmodjo. (2010). Pengembangan kurikulum pendidikan teknologi dan kejuruan. Refika Aditama, 10(1), 43–49.

Ridha, M., & Rubino. (2023). Application of Islamic Da’wah Functions in Cartoon Visual Media in Nussa Animation. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 9(1), 16–30. https://doi.org/10.54471/dakwatuna.v9i1.2162

Rifa’i, A. (2009). E-Dakwah Dalam Pesantren Virtual. Millah, IX(1), 35–50. https://doi.org/10.20885/millah.volIX.iss1.art3

Riski Pratama, A., Aprison, W., Yulius, Y., Latifa, N., & Syafrudin, S. (2024). Dakwah Digital Dalam Penyebaran Nilai-Nilai Islam di Era Digital. Tabayyun, 5(1). https://doi.org/10.61519/tby.v5i1.68

Riyanto, A. D. (2023). Hootsuite (We Are Social) Indonesian Digital Report 2023. Online.

Robby Darwis Nasution. (2017). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Eksistensi Budaya Lokal. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(1), 123858. http://eprints.umpo.ac.id/5056/1/%28artikel%29 Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Eksistensi Budaya Lokal.pdf

Syifa Aulia Rahmadhani, Dhamar Indra Pratama, Rifada Nur Az Zahra Putri, Ziana Nur Rochimah, & Ahmad Rahman Ludiansyah. (2024). Potensi Dakwah Di Media Sosial Tiktok: Peluang Tantangan Islam Di Era Digital. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 222–227. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i2.2184

Tinarbuko, S. (2015). Desain Komunikasi Visual –Penanda Akhir Zaman Masyarakat Global. Caps.

Toybah, N. R. (2017). Dakwah Komunikasi Visual Melalui Instagram Akun @HADITSKU. Al-Hiwar : Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 4(6). https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v4i6.1218

Ummah, N. H. (2022). Pemanfaatan Sosial Media dalam menungkatkan Efektivitas Dakwah di Era Digital. Junal Manajemen Dakwah, 10, 151–169.

Wibowo, A. (2021). Dakwah Berbasis Media Dan Komunikasi Visual. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 2(2), 179. https://doi.org/10.32332/jbpi.v2i2.2497

Yusuf Afandi. (2023). Kolaborasi, Kreatifitas Dan Keamanusiaan: Aktivitas Dakwah Habib Jafar Di Youtube. RETORIKA : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(2), 30–44. https://doi.org/10.47435/retorika.v5i2.2200

Downloads

Published

2024-12-31

Citation Check