Da'wah Messages on Instagram Social Media Account @qomikin

Pesan Dakwah Pada Akun Media Sosial Instagram @qomikin

Authors

  • Khairani Rahmani UIN Sjech. M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/al-jamahiria.v2i1.8504

Keywords:

Da’wah Message, Social Media Instagram, Qomikin, Content Analysis

Abstract

Instagram merupakan salah satu dari banyaknya media sosial dengan pengguna terbanyak. Instagram merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi momen dan informasi dari berbagai bidang dan aspek dalam kehidupan. Karena potensi ini banyak para dai yang memanfaatkan instagram sebagai media atau sarana untuk membagikan dakwahnya, sama halnya yang dilakukan oleh akun media sosial instagram @qomikin yang menjadikan media sosial instagram sebagai media atau sarana untuk berdakwah. Pada penelitian ini memakai jenis penelitian analisis isi kuantitatif. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Data primer didapatkan dari unggahan akun media sosial instagram @qomikin. Pada penelitian ini menggunakan teori dari Endang Saifuddin yaitu teori kategori substansi pesan. Penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil dari akun media sosial instagram @qomikin, terdapat kategori pesan dakwah aqidah, syariah, dan akhlaq. Diperoleh tujuh unggahan kategori pesan dakwah aqidah, lima unggahan kategori pesan dakwah syariah dan sembilan kategori pesan dakwah akhlaq. Dan telah diketahui kategori paling dominan yakni kategori akhlaq dengan jumlah frekuensi sembilan dan persentase 42,9%. Hal ini menunjukkan bahwa akun @qomikin lebih dominan menggunakan pesan dakwah akhlak di akun media sosialnya.

Instagram is one of the many social media with the most users. Instagram is an application that provides various features that allow users to share moments and information from various fields and aspects of life. Because of this potential, many da'i utilize Instagram as a medium or means to share their da'wah, as does the Instagram social media account @qomikin, which makes Instagram social media a medium or means of preaching. This research uses quantitative content analysis research. This research data collection was obtained through observation and documentation. Primary data is obtained from uploading the @qomikin Instagram social media account. This study uses Endang Saifuddin's theory, namely the message substance categories theory. The research that has been done obtained the results of the @qomikin Instagram social media account. There are categories of da'wah messages: aqidah, sharia, and akhlaq. They obtained seven uploads of the aqidah da'wah message category, five uploads of the sharia da'wah message category and nine categories of akhlaq da'wah messages. It is known that the most dominant category is the akhlaq category, which has a frequency of nine and a percentage of 42.9%. This shows that the @qomikin account is more predominant in using moral da'wah messages on its social media accounts.

Author Biography

Khairani Rahmani, UIN Sjech. M. Djamil Djambek Bukittinggi

Komunikasi dan Penyiaran Islam

References

Ahmad, Nur. 2016. “Pengembangan Masyarakat Menuju Harmonisasi Masyarakat Islam.” CommunityDevelopment 1: 24. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/comdev/article/download/2573/pdf.

Arradian, Danang. 2022. “Media Sosial Dengan Pengguna Terbanyak Di Dunia Dan Indonesia.”

Asrizallis. 2024. “Konsep Dakwah Dan Media Sosial: Sebuah Studi Fenomenologi.” Journal Of Social Science Research 4 (3): 6427–42.

Aziz, Moh. Ali. 2009. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Gatha Daffa Wichaksana, Sarwo Edy, and Didi Permadi. 2022. “Pengaruh Intensitas Mengakses Akun Komunikasi Dakwah Di Instagram Terhadap Perilaku Imitatif Mahasiswa FISIP Universitas Pancasakti Tegal.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 2 (1 SE-Articles): 75–89. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.3164.

Karim, Abdul. 2016. “Dakwah Melalui Media: Sebuah Tantangan Dan Peluang.” IAIN Kudus : At-Tabsyir 4 (1): 157–72.

Kosasih, Engkos. 2019. “Literasi Media Sosial Dalam Pemasyarakatan Sikap Moderasi Beragama Social Media Literacy on Socializing Religous Moderate Action.” Jurnal Bimas Islam 12 (1): 264–96.

Maulan, Rikza, and Muhammad Choirin. 2021. “Hukum Dakwah Dalam Surat Ali Imran : 104 Perspektif Mufassir Klasik Dan Modern.” Diya’ Al-Afkar Jurnal Studi Al-Qura’an Dan Al-Hadis 19 (2): 349–66.

Mutia Annur, Cindy. 2023. “Pengguna Instagram RI Tembia 100 Juta Orang per April 2023, Terbanyak Ke-4 Di Dunia.”

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Edited by Nunik Siti Nurbaya. 4th ed. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nurfitria, Syintia, and Arzam Arzam. 2022. “Urgensi Media Sosial Sebagai Sarana Dakwah Melalui Media.” An-Nida’ 46 (1): 88. https://doi.org/10.24014/an-nida.v46i1.19245.

Prasetya, Bagus, and Andini Nur Bahri. 2023. “Makna Pesan Dakwah Komunikasi Visual Pada Akun Instagram ‘@qomikin’ (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce).” Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora 4 (4): 19–40. https://doi.org/10.59059/tabsyir.v4i4.337.

Pratama, Deste, Markhamah, Atiqa Sabardila, and Agus Budi Wahyudi. 2022. “Types of Directive Speech Acts and Prophetic Values on Instagram Account @Qomikin.” Proceedings of the International Conference of Learning on Advance Education (ICOLAE 2021) 662 (Icolae 2021): 671–76. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220503.066.

Qudratullah. 2019. “Media Massa Sebagai Sarana Dakwah Kontemporer.” Jurnal Al-Hikmah: Jurnal Dakwah 13 (2): 217. https://www.bing.com/search?q=dakwah+qudratullah&cvid=39fc3a2ff4e2463dbd9349250a0ed88f&aqs=edge..69i57.5273j0j9&FORM=ANAB01&PC=ASTS.

Sobirin, Muhammad Syahrus. 2018. “Hadis-Hadis Tentang Media Dakwah.” Jurnal Dakwah Tabligh, 1–15.

Thoifah, I’anatut. 2022. Ilmu Dakwah Praktis Dakwah Millenial. Malang: UMM Press.

Ummah, Nurul Hidayatul. 2022. “Pemanfaatan Sosial Media Dalam Menungkatkan Efektivitas Dakwah Di Era Digital.” Junal Manajemen Dakwah 10: 151–69.

Wibowo, Adi. 2019. “Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam Di Era Digital.” Jurnal Islam Nusantara 03 (02): 339–56. https://jurnalnu.com/index.php/as/article/view/141.

Wildan, Muhammad, and Fahmi Irfani. 2024. “Pengaruh Kreativitas Ilustrator Pada Akun Instagram @qomikin Terhadap Minat Berdakwah Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor Angkatan Tahun 2019.” Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting 4 (3): 1037–43. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i3.742.

Yusuf Afandi. 2023. “Kolaborasi, Kreatifitas Dan Keamanusiaan: Aktivitas Dakwah Habib Jafar Di Youtube.” RETORIKA : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam 5 (2): 30–44. https://doi.org/10.47435/retorika.v5i2.2200.

Zaini, Ahmad, and Dwy Rahmawati. 2021. “Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Media Baru.” AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 8 (1): 162. https://doi.org/10.21043/at-tabsyir.v8i1.11238.

Downloads

Published

2024-06-30

Citation Check