Interpersonal Communication Skills as Librarian: Systematic Literature Review

Keterampilan Komunikasi Interpersonal sebagai Pustakawan: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis

Authors

  • Muhamad Bisri Mustofa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Nasrul Efendi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Fegi Sentiana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Siti Wuryan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Aye Sudarto Institut Agama Islam Agus Salim Metro Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/al-jamahiria.v2i1.8178

Abstract

Seorang pustakawan memilki peranan penting dalam pengelolaan perpustakaan. Tidak adanya kemampuan pustakawan untuk berkomunikasi secara interpersonal adalah salah satu alasan mengapa pemustaka tidak puas dengan layanan perpustakaan. Untuk memberikan layanan yang baik dan memuaskan pengunjung, pustakawan harus mampu berperan secara aktif menjadi sumber informasi bagi pemustaka, sehingga pemustaka merasa nyaman dan puas dengan layanan yang diberikan perpustakaan.  Akibatnya, pustakawan diharuskan untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain. Penelitian ini merupakan sebuah kajian studi literatur dengan metode Systemic Literature Review (SLR) pada database Google Scholar dalam rentang waktu lima tahun terakhir.  Adapun hasil penelitian ini, menemukan bahwa adanya integrasi antara kemampuan komunikasi Interpersonal, pustakwan, dan keterampilan komunikasi interpersonal pustakawan pada artikel-artikel yang telah dipublikasi ini. Oleh karena itu, penulis menyimpulkan bahwa sebuah perpustakaan yang baik adalah pustaka yang mampu memuaskan hasrat pembaca tidak hanya dari sisi kelengkapan buku yang akan dibaca, akan tetapi, juga memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik dalam pelayanannya. 

 

A librarian plays an important role in library management. Librarians' lack of ability to communicate interpersonally is one of the reasons why visitors are not satisfied with library services. To provide a good service and satisfy visitors, librarians must be able to play an active role as a source of information for visitors so that they feel comfortable and satisfied with the services provided by the library. As a result, librarians are required to be able to communicate with others. This research is a literature review using the Systemic Literature Review (SLR) method on the Google Scholar database within the last five years. The results of this study found an integration between Interpersonal communication skills, librarians, and librarians' interpersonal communication skills in these published articles. Therefore, the author concludes that a good library is a library that can satisfy the desires of readers not only in terms of the completeness of books to be read but also can communicate well in its services.

References

Buku

Abidin, S. (2020). Komunikasi Antar Pribadi (1 Ed.). Pt. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Afrilia, Ascharisa M., & Arifina, A. S. (2020). Buku Ajar Komunikasi Interpersonal (1 Ed.). Penerbit Pustaka Rumah Cinta.

Aw, S. (2011). Komunikasi Interpersonal (1 Ed.). Graha Ilmu.

Rahmi, S. (2021). Komunikasi Interpersonal Dan Hubungan Dalam Konseling (1 Ed.). Syiah Kuala University Press Dan Universitas Borneo Tarakan.

Triningtiyas, D. A. (2016). Komunikasi Antar Pribadi (1 Ed.). Cv. Ae Media Grafika.

Jurnal

A. Gani, S. (2021). Membangun Interpersonal Skills Pustakawan Dalam Layanan Informasi Perpustakaan. Libria, 13(1), 17–27. Https://Doi.Org/10.22373/10600

Agustina, C. M. (2022). Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dalam Layanan Deposit Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Aini Ananda, M., Anas Azhar, A., & Fatra Deni, I. (2023). Pola Komunikasi Pustakawan Dalam Mengatasi Perilaku Vandalisme Di Perpustakaan Universitas Medan Area (Uma). Comit: Communication, Information And Technology Journal, 2(2), 228–241. Https://Doi.Org/10.47467/Comit.V2i2.144

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. Jurnal Lemma, 8(2), 61–75. Https://Doi.Org/10.22202/Jl.2022.V8i2.5745

Farhan, F., Dwiharta, N. R., & Jannah, F. (2023). Pola Komunikasi Pustakawan Kepada Pemustaka ‘Rohiqol Ilmi.’ Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(4), 273–286. Https://Doi.Org/10.54259/Mukasi.V2i4.2145

Ghina, F., & Masruri, A. (2024). Strategi Pustakawan Dalam Mewujudkan Layanan Prima Di Perpustakaan Smk Muhammadiyah Cangkringan. Indonesian Journal Of Library And Information Science, 5(1), 4–14.

Harahap, W. R. (2021). Penerapan Strategi Promosi Perpustakaan. Jipi (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 6(1), 103–116. Https://Doi.Org/10.30829/Jipi.V6i1.9314

Husna, R., Restiana, R., Lestari, P., Rahimi, A., & Kartini, K. (2022a). Application Of Librarian Profession Interpersonal Communication In Influencing Library Existence. Jurnal Iso: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 2(1), 109–116. Https://Doi.Org/10.53697/Iso.V2i1.707

Iztihana, A., & Arfa, M. (2020). Peran Pustakawan Mts N 1 Jepara Dalam Upaya Mengembangkan Minat Kunjungan Siswa Pada Perpustakaan. Jurnal Imu Perpustakaan, 9(1), 93–103.

Jabbar, F., Iskandar, I., Yaumi, M., Ahmad, L. O. I., & Ibrahim, A. (2021). Librarian Interpersonal Communication In Improving Service Quality At The Syekh Yusuf Library Uin Alauddin Makassar. Jurnal Diskursus Islam, 9(1), 62–66. Https://Doi.Org/10.24252/Jdi.V9i1.18901

Khaerah, U. (2020). Analisis Kemampuan Sosial Pustakawan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Takalar. Jupiter, Xvii(1), 73–89.

Kurniawan, N. E., & Wardana, K. A. (2021). Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Pemustaka Di Universitas Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi Hindu, 1(2), 176. Https://Doi.Org/10.25078/Anubhava.V1i2.2327

Kurniawan, W. N. E. (2023). Pola Komunikasi Interpersonal Antar Pustakawan Dan Pemustaka Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Perpustakaan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Praman Jurnal Hasil Penelitian, 3(1), 11–19. Https://Doi.Org/10.55115/Jp.V3i1

Marlina, G., & Putri, S. W. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan Di Sman 1 Sijunjung. Jurnal Public Administration, Buisness And Rural Development Planning, 3(1), 34–40.

Marsih, L., Arif, E., & Sarmiati, S. (2022a). Urgensi Komunikasi Interpersonal Pustakawan Terhadap Pelayanan Peminjaman Koleksi Perpustakaan Universitas Andalas. Ensiklopedia Of Journal, 4(4), 323–329. Https://Doi.Org/10.33559/Eoj.V4i4.1198

Maulana, M. F., & Nurhayani, N. (2023). Analisis Sikap Pustakawan Dalam Berinteraksi Dengan Pemustaka Perpustakaan Sekolah Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 395–407. Https://Doi.Org/10.31538/Munaddhomah.V4i2.463

Mustofa, M. B., Putri, M. C., Wuryan, S., & Rahmawati, D. I. (2021). Aktivitas Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dalam Meningkatkan Etos Kerja. Nusantara Journal Of Information And Library Studies, 4(1). Https://Doi.Org/10.30999/N-Jils.V4i1.1293

Mustofa, M. B., Wuryan, S., & Meilani, F. (2021). Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Pustakawan Dan Pemustaka Dalam Perspektif Komunikasi Islam. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 22. Https://Doi.Org/10.47498/Tanzir.V12i1.510

Mustofa, M. B., Dwiandrini, E. L., Agustin, I., Esyarito, M. A., Anggraeni, M., & Wuryan, S. (2022). Media Massa Dan Cyber Crime Di Era Society 5.0. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 77-98. https://doi.org/10.47498/tanzir.v13i1.996

Mustofa, M. B., Wuryan, S., Jaya, M. A. M., Saputra, S. J., & Putri, M. C. (2024). Role of Interpersonal Communication Using Artificial Intelligence: A Case Study on Improving Communication Quality in Library. KnE Social Sciences, 93-101.

Mustofa, M. B., & Wuryan, S. (2024). Enhancing Interpersonal Communication through the Use of ChatGPT and AI: A Case Study on Improving Communication Quality in Online Learning Environments in Lampung. AICCON, 1, 118–124. Retrieved from https://journal.rc-communication.com/index.php/AICCON/article/view/135

Mustofa, M. B., Fegi Sentiana, Faizafati Matus Zahro, & Siti Wuryan. (2023). Interpersonal Communication Relationships and Libraries: A Systematic Literature Review. KOMUNIKE: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 15(2), 169–190. https://doi.org/10.20414/jurkom.v15i2.8793

MB Mustofa, S Wuryan, Y Sari. (2023). Building Social Connections: The Role of Interpersonal Communication in Lampung's Pangku Paliare Ceremony Tradition. Proceeding of International Seminar on Social, Humanities, and Malay Islamic Civilization (ISSHMIC), 2 (1), 851-857. http://isshmic.radenfatah.ac.id/?page_id=799

Mustofa, M. B., & Wuryan, S. (2023). Interpersonal Communication of Husbands for Building Harmony In Family. Intercode, 3(1). 74-98. https://doi.org/10.36269/ire.v3i1.2102

Mustofa, M. B., Febrian, M. K., & Wuryan, S. (2023). Strengthen Interpersonal Communication in Improving Library Services for People with Disabilities. Wasilatuna: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 6(02), 64-75. https://doi.org/10.38073/wasilatuna.v6i02.1029

Mustofa, M. B., Sugara, G. T., & Wuryan, S. (2023). Komunikasi Interpersonal Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Kepuasan Pengunjung: Sebuah Tinjauan Literatur di Perpustakaan. AL-IDZA'AH: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 5(1), 30-46. https://doi.org/10.24127/al-idzaah.v5i1.3571

Mustofa, M. B., Wuryan, S., & Rosidi. (2020). Urgensi Komunikasi Interpersonal Dalam Al-Qur’an Sebagai Pustakawan. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 11(2), 85–94. Https://Doi.Org/10.32505/Hikmah.V11i2.2544

Nurcahyadi, I. (2022). Efektivitas Komunikasi Pustakawan Dengan Pemustaka Pada Layanan Unggah Mandiri Di Upt Perpustakaan Isi Yogyakarta. Abdi Pustaka: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(2), 71–79. Https://Doi.Org/10.24821/Jap.V2i2.6981

Putri, A. F., Manik, G., Nabila, F., & Chamidah, N. (2021). Implementasi Scraping Google Scholar Menggunakan Html Dom Untuk Pengumpulan Data Artikel Dosen Upn Veteran Jakarta Berbasis Web. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer Dan Aplikasinya, 2(1), 668–678.

Putri, A. W., & Nabila, J. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Pustakawan Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Perpustakaan Era Digital (Studi Kasus Di Poltekkes Kemenkes Padang). Arzusin, 4(2), 376–390. Https://Doi.Org/10.58578/Arzusin.V4i2.2732

Putri, B. A., & Dewiyani, C. (2021). Kemampuan Komunikasi Pustakawan Dalam Layanan Informasi Di Perpustakaan. Wardah, 22(2), 65–73. Https://Doi.Org/10.19109/Wardah.V22i2.10827

Rachmawati, T. S., & Agustine, M. (2021). Pola Komunikasi Organisasi Pustakawan-Guru Dalam Pemberian Layanan Prima Perpustakaan. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 17(1), 72–84. Https://Doi.Org/10.22146/Bip.V17i1.1170

Rinda, R. T., Subakti, J., Saputri, B. N., & Sundarta, M. I. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Pegawai Kecamatan Bogor Selatan. Jurnal Manajemen, 10(2), 127–132. Https://Doi.Org/10.32832/Inovator.V10i2.5959

Setiawan, N., & Sofyan, H. (2020). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Smk Pusat Keunggulan. Jurnal Taman Vokasi, 10(1), 31–37. Https://Doi.Org/10.30738/Jtvok.V10i1.12114

Shaleha, I., & Masruri, A. (2023). Kemampuan Komunikasi Pustakawan Dalam Pencarian Koleksi Kaitannya Dengan Kualitas Layanan Di Perpustakaan Gemilang Smpn 1 Banguntapan. Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 5(2), 254–267. Https://Doi.Org/10.31764/Jiper.V5i2.17773

Wahyu, F. (2023). Evaluasi Kompetensi Komunikasi Interpersonal Pustakawan Pada Layanan Sirkulasi Di Dinas Perspustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Yuliana, L., & Mardiyana, Z. (2021). Peran Pustakawan Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan. Jambura Journal Of Educational Management, 53–68. Https://Doi.Org/10.37411/Jjem.V2i1.526

Yunawati, Y., Kania Kurniawati, N., & Dwianna Widyaningtyas, M. (2023). Komunikasi Interpersonal Pustakawan Terhadap Kepuasan Pemustaka. Jurnal Komunikatio, 9(2), 69–79. Https://Doi.Org/10.30997/Jk.V9i2.8000

Downloads

Published

2024-06-30

Citation Check