Program Muhadharah dan Kemampuan Public Speaking Mahasantri (Studi Pada Ma’had Al-Jami’ah UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)
DOI:
https://doi.org/10.30983/al-jamahiria.v1i2.7369Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pelaksanaan muhadharah dalam peningkatan kemampuan public speaking mahasantri Mahad al-Jamiah Universitas Islam Negeri Syekh ali hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Program Muhadharah yang dilaksanakan oleh Mahad al-Jamiah ini bertujuan untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi di depan khalayak umum. Penelitian ini menggunakan metode peneliian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan informan yang relevan, observasi non-partisipan dengan mengamati kegiatan mahad al-jamiah, kegiatan muhadaharah dean berbagai kegiatan lainnya, dan juga sumber dokumentasi berupa profil Mahad al-Jamiah, dan dokumen yang terkait dengan penelitian. Data dianalisis dengan mengunakan teknik analisis data kualitatif. Adapun hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kegiatan muhadharah yang dilaksanakan oleh Mahad al-Jamiah dipersiapkan dengan beberapa strategi diantaranya pemberian jadwal, ruang, motivasi dan kreatifitas ketika tampil. Dan faktor penghambat kegiatan muhadharah ini adalah kendala sarana dan prasarana, keterbatasan waktu, dan kemampuan bahasa asing yang masih rendah. Pelaksanaan kegiatan muhadharah ini perlu ditingkatkan sehingga bermanfaat untuk peningkatan kapasitas mahasantri, dan bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya ketika menyelasaikan perkuliahnnya di UIN Padangsidimpuan
Â
This article aims to explain the implementation of muhadharah in improving the ability of public speaking mahasantri Mahad al-Jamiah State Islamic University Sheikh ali hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. The Muhadharah program implemented by Mahad al-Jamiah aims to train students' ability to communicate in front of the public. This research uses descriptive qualitative research method. Data were collected through in-depth interviews with relevant informants, non-participant observation by observing mahad al-jamiah activities, muhadaharah activities and various other activities, and also documentation sources in the form of Mahad al-Jamiah profiles, and documents related to the research. The data were analyzed using qualitative data analysis techniques. The results of this study explain that the muhadharah activities carried out by Mahad al-Jamiah are prepared with several strategies including providing schedules, space, motivation and creativity when performing. And the inhibiting factors of this muhadharah activity are constraints on facilities and infrastructure, time constraints, and low foreign language skills. The implementation of this muhadharah activity needs to be improved so that it is useful for increasing the capacity of mahasantri, and competing with other college graduates when completing their studies at UIN Padangsidimpuan.
Â
References
Afandi, Y. (2019). Mahad Al-Jamiah Dan Kesalehan Sosial, Studi Kasus Mahad Al-Jamiah IAIN Bukittinggi. Islam Transformatif : Journal of Islamic Studies, 3(2), 149. https://doi.org/10.30983/it.v3i2.2395
Arcanita, R. (2021). Program Ma ’ Had Al - Jami ’ Ah Iain Curup : Solusi Mengatasi Rendahnya Kemampuan Mahasiswa Membaca Al- Qur ’ An. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(1), 12–24. http://jurnaledukasikemenag.org
Baharuddin, B. (2019). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Perilaku Anak Pada Min I Lamno Desa Pante Keutapang Aceh Jaya. Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 5(1), 105. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v5i1.4207
Damanik, A. (2019). Application Of The Ma’had Al-Jami’ah Program In Improving The Quality Of Reading The Alquran. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 309–322. https://doi.org/10.24952/tazkir.v5i2.2311
Daulay, R. (2023). Wawancara.
Didik, P., & Dasar, S. (2014). Efektifitas Permainan Simulasi untuk Meningkatkan. Consilium : Jurnal Program Studi Bimbingan Dan Konseling, 2(August).
Fikri, A., Pohan, M. M., & Anwar, K. (2019). Pesantren Curriculum Management Based On Religious Moderation At Mahad Al Jamiah. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.37758/jat.v6i1.562
Ghozani, S. (2023). Urgensi Pembangunan Ma’had Al-Jami’ah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Pesantren (Studi Di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan). JURNAL ILMIAH GEMA PERENCANA, 2(2). https://doi.org/10.61860/jigp.v2i2.54
Girsang, L. R. M. (2018). ‘Public Speaking’ Sebagai Bagian Dari Komunikasi Efektif (Kegiatan PKM Di Sma Kristoforus 2, Jakarta Barat). Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(2), 81–85. https://doi.org/10.30813/jpk.v2i2.1359
Informasi, M., & Islam, P. (2021). Eksistensi Ma ’ had Al - Jami ’ ah Da lam Penguatan Moderasi Beragama Pada Era Revolusi Industri 4 . 0. 20(1), 40–53. https://doi.org/10.29300/atmipi.v20.i1.4323.A.
Jamil, Z. A. (2020). Evaluasi Program Ma’Had Aljamiah Iain Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (Penerapan Model Cipp Dan Dem). Jurnal Evaluasi Pendidikan, 11(2), 41–50. https://doi.org/10.21009/10.21009/jep.0121
Jumaeda, S. (2017). Ma’had al-Jamiah di Institut Agama Islam Negeri Ambon. Al-Iltizam, 2(1), 1–11.
Karlina, L. (2023). Wawancara.
Masyithah, M. (2019). Pendidikan Melalui Program Ma’had Al-Jami’ah Kepada Mahasiswi Di Asrama II Puteri UIN Antasari. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 9(1 SE-Articles). https://doi.org/10.18592/jtipai.v9i1.3095
Munawir. (2021). Muhadharah Sebagai Training Public Speaking Santri ( Kajian Pengaruh Muhadharah Terhadap Kemampuan Berpidato Santri di Kabilah Thalibul Jihad Bireuen ). Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 8(1), 67–94.
Nabila, N. (2023). Wawancara.
Nasichin, M., Muiz, A., Assegaf, A. R., & Machali, I. (2023). Ma ’ had al- JÄmi ’ ah : Synthesis of Islamic Boarding School and University. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 21(1), 29–47. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/cendekia.v21i1.6062
Nugrahani, D., Kustantinah, I., Himatu K., R. F., & IKIP PGRI Semarang, L. (2012). Peningkatan Kemampuan Public Speaking Melalui Metode Pelatihan Anggota Forum Komunikasi Remaja Islam. E-Dimas, 3(1), 1. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v3i1.246
Nurhalimah, S., & Kadir, A. (2021). Pengelolaan Mahasantri Ma’had Al Jami’ah IAIN Kendari. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 142. https://doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2899
Puteh, M. J., Julianto, & Fazriani. (2019). Ma’had Al-Jamiah Dalam Membentuk Karakter Mahasiswa UIN Ar-Raniry. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 25(2), 400–427.
Santoso, E. D., Sholihah, R. A., & Mu’ti, Y. A. (2021). Strategi Ekstrakurikuler Muhadharah dalam Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa Mi. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1029–1039. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1205
Sariroh, D. F., & Fitri, A. Z. (2021). Pengaruh Program Peningkatan Kompetensi Akademik Ma’had Al-Jami’ah Terhadap Aqidah, Ibadah Dan Akhlak Pada Mahasiswa IAIN Tulungagung TahunAkademik 2019/2020 (Study Explanatory Mixed Methods). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 09(01), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/intelegensia.v9i1.1804
Shiddiq, J. (2018). Model Pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had Al-Jami’ah Walisongo Semarang. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 2(2), 102. https://doi.org/10.18326/lisania.v2i2.102-120
Siregar, R. (2022). Problematika komunikasi musyrif dalam pembinaan karakter mahasantri di ma’had Al-jamia’ah IAIN Padangsidimpuan. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 6(1), 80. https://doi.org/10.32832/komunika.v6i1.7757
Siregar, R. (2023). Wawancara.
Sri Winarti, A., Ahdan, A., & Idris, M. (2023). Komunikasi Antarpribadi Volunter Dengan Anak Warga Belajar Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Di Rumah Belajar Tawa Anak Binaan Handlink Social Project Di Desa Pattontongan Kabupaten Maros. Respon Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 4(1), 152–161. https://doi.org/10.33096/respon.v4i1.174
Ulfah, M. (2023). Wawancara.
Wiratama, N. S. (2021). Kemampuan Public Speaking Dalam Pembelajaran Sejarah. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1), 1–14.